Sejak Awal Musim, Yuran Fernandes Sudah Berfirasat PSM Juara

Yuran merengkuh trofi pada musim pertamanya di Indonesia

Makassar, IDN Times - Bek PSM Makassar, Yuran Fernandes, ternyata sudah berfirasat timnya bisa menjadi juara BRI Liga 1 2022-23 sejak awal musim. Ini terungkap dalam video yang diunggah ke kanal YouTube resmi PSM Makassar pada Senin lalu (3/4/2023).

Dalam video tersebut, Yuran sedang berbicara dalam bis yang berisi seluruh pemain, tim pelatih dan para ofisial. Perjalanan pulang dari Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan menuju hotel tempat mereka menginap dimanfaatkan Yuran untuk mencurahkan isi hati.

Baca Juga: Curhat Kenzo Nambu usai Antar PSM Juara Liga 1: Gelar Pertama Saya

1. Yuran sempat disebut gila oleh Everton saat menceritakan firasatnya

Sejak Awal Musim, Yuran Fernandes Sudah Berfirasat PSM JuaraBek PSM Makassar Yuran Fernandes (kiri) sedang berebut bola dengan gelandang Persebaya Surabaya Sho Yamamoto (kanan) dalam laga pekan ke-26 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, 24 Februari 2023. (Instagram.com/officialpersebaya)

"Saya ingin mengatakan sesuatu, teman-teman. Selalulah percaya," ujar Yuran membuka pidato singkatnya, sembari berbicara melalui mikrofon. Ia melanjutkan ceritanya kapan ia mulai berani memperkirakan Juku Eja akan menjadi kampiun.

"Saat itu kita baru saja jalani tiga-empat pertandingan awal. Ketika selesai melawan Arema FC dan menang (pekan kelima), saya berbicara ke Everton (Nascimento). Saya bilang padanya kalau kita bisa jadi juara. Everton malah bilang 'kamu gila'," cerita bek berpaspor Cape Verde itu, sembari disimak oleh seisi bis.

2. Firasat tersebut jadi kenyataan di pekan ke-32, berkat kemenangan atas Madura United

Sejak Awal Musim, Yuran Fernandes Sudah Berfirasat PSM JuaraPara pemain, staf pelatih dan ofisial PSM Makassar merayakan gelar juara BRI Liga 1 2022-23 selepas menang 1-3 atas Madura United dalam laga pekan ke-32 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Jumat 31 Maret 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Meski Everton menganggapnya berlebihan, Yuran tak ambil hati. Ia tetap memegang teguh keyakinan tersebut di setiap pertandingan. Bahkan, palang pintu jangkung berusia 28 tahun tersebut kian percaya dengan firasatnya saat Pasukan Ramang bisa menjadi juara paruh musim.

"Okelah, saya tidak masalah (dengan respons Everton). Waktu berlalu, kita bertanding dan bertanding, dan sekarang kita jadi juara. Selalu percaya setiap saat, kawan-kawan. Dan sekarang mari kita nikmati gelar juara ini," tutupnya, diiringi riuhnya tepuk tangan rekan-rekan setimnya.

3. Yuran mencetak 6 gol dari total 31 penampilan bersama PSM musim ini

Sejak Awal Musim, Yuran Fernandes Sudah Berfirasat PSM JuaraPara pemain PSM Makassar merayakan gol yang dicetak ke gawang Dewa United pada laga pekan ke-10 BRI Liga 1 2022-23 di Indomilk Arena Tangerang, Kamis 15 September 2022. (Dok. PSM Makassar/Agung Dewantara)

Gelar juara Liga 1 2022-23 jadi capaian spesial. Pasalnya, Yuran baru pertama kali merasakan sengitnya sepak bola Asia Tenggara. Tapi, ini adalah trofi kedua pemilik postur 1,98 meter tersebut dalam dua tahun terakhir. Sebelum merantau ke Indonesia dan memperkuat PSM, ia mengantar Torreense ke podium juara Liga 3 Portugal musim 2021-22.

Di musim pertamanya berseragam merah marun, Yuran catatkan 31 penampilan di ajang resmi (Liga 1 dan AFC Cup) dan mencetak 6 gol. Ia pun dikenal sebagai eksekutor penalti ulung dengan gaya slow step penuh tipu daya ala Paul Pogba.

Baca Juga: Kronologi PSM Makassar Hingga Jadi Juara Liga 1 2022/23

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya