Rony dan Yakob Bangga Digaet PSM, Firza Enggan Kembali ke Belgia

Pengganti Marc Klok diumumkan dalam waktu dekat

Makassar, IDN Times - Yakob Sayuri dan Rony Esar Beroperay, dua rekrutan baru PSM Makassar, resmi menjadi bagian skuat musim 2020. Dalam sesi perkenalan dengan awak media pada Selasa (4/2) siang, dua eks penggawa Barito Putera itu mengaku bangga menjadi bagian dari Juku Eja.

Mereka mengaku sudah menjalin komunikasi dengan PSM sejak lama, namun baru benar-benar berjodoh pada bursa transfer awal tahun.

"Saya sebelumnya sudah pernah dikontak langsung oleh bapak Munafri saat masih di Persipura. Cuma mungkin belum rezekinya. Dan baru tahun ini berjodoh," ungkap Rony.

Baca Juga: Dua Eks Barito Putera Tambah Kekuatan PSM Makassar Jelang Piala AFC

1. Rony Beroperay dan Yakob Sayuri dikontrak dengan durasi satu musim

Rony dan Yakob Bangga Digaet PSM, Firza Enggan Kembali ke BelgiaCEO PSM Makassar Munafri Arifuddin (tengah) dalam perkenalan pemain anyar. IDN Times / MO PSM Makassar

Pemilik nama lengkap Rony Esar Feliks Beroperay tersebut mengaku siap menjalani peran apa saja. Baik itu bek kiri sebagai posisi alaminya sejak memperkuat Persipura Jayapura (2014-2017), bek kanan atau bahkan bek tengah.

"Kalau bagi saya, tidak jadi masalah. Mau main di kiri atau kanan, semua tergantung kebutuhan tim dan keputusan pelatih sesuai situasi pertandingan. Saya pernah bermain sebagai stopper, pada masa uji coba jelang SEA Games 2013," ujar sosok kelahiran Biak Numfor, 27 tahun silam tersebut.

Menjadi bagian dari Barito Putera sejak 2017, Rony nyaris tak pernah absen mengawal sektor belakang. Bahkan ketika sosok pelatih berganti dari Jacksen F. Tiago ke Jajang Nurdjaman. Total ia tampil sebanyak 53 kali dan menyumbang sebiji umpan sepanjang dua musim berseragam kuning-hitam.

2. Yakob Sayuri jadi salah satu pemain muda yang menyita perhatian pada Liga 1 2019

Rony dan Yakob Bangga Digaet PSM, Firza Enggan Kembali ke BelgiaCEO PSM Makassar Munafri Arifuddin (tengah) dalam perkenalan pemain anyar. IDN Times / MO PSM Makassar

Sementara itu, Yakob Sayuri menerima pinangan Juku Eja dengan alasan target juara. Kehadiran pemuda 22 tahun itu memperkaya opsi coach Bojan Hodak untuk pengisi pos sayap.

Sebelumnya sudah ada Ezra Walian, Irsyad Maulana, ditambah duo pemain muda Muh. Rizky Eka Pratama - Aji Kurniawan. Masuknya Yakob tentu mengingatkan pada Titus Bonai, winger asal Papua lainnya yang memperkuat PSM di musim 2017.

Yasa, panggilan akrab Yakob, jadi pemain muda yang paling menyita perhatian di kubu Laskar Antasari tahun lalu. Direkrut Barito dari tim Liga 3 Persewar Waropen, Yakob tampil sebanyak 25 kali, menyumbang sepasang gol plus empat umpan.

Baca Juga: Jadwal Liga 1 2020 Beredar, Persebaya vs Persik Jadi Laga Pembuka!

3. Durasi peminjaman Firza Andika dari klub Belgia, AFC Tubize, kembali diperpanjang satu tahun

Rony dan Yakob Bangga Digaet PSM, Firza Enggan Kembali ke BelgiaInstagram.com/psm_,makassar

Dalam kesempatan yang sama, manajemen PSM turut mengumumkan pembaruan durasi peminjaman bek muda Firza Andika dari klub divisi tiga Belgia, AFC Tubize. Firza sendiri sudah berada di Makassar sejak pertengahan musim 2019 kemarin.

Pemuda 20 tahun kelahiran Medan tersebut mengaku sudah kerasan di Kota Daeng.

"Saat ini, saya masih punya kontrak dengan AFC Tubize hingga 2021. Tapi saya bersyukur bisa dikontrak PSM. Saya sangat senang karena sudah tidak ada niat untuk kembali (ke Belgia)," ujarnya.

Dipinjam sejak Agustus 2019, Firza hanya bermain sebanyak tiga kali. Selain itu, ia tengah menjalani pemulihan cedera pergelangan kaki yang menderanya saat memperkuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games Manila 2019, Desember silam.

4. Sosok pengganti Marc Klok segera diumumkan oleh manajemen Juku Eja

Rony dan Yakob Bangga Digaet PSM, Firza Enggan Kembali ke BelgiaANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Manajemen PSM sendiri harus bergerak cepat merampungkan susunan tim sebelum masa pendaftaran pemain untuk AFC Cup 2020 yang berakhir pada 5 Februari mendatang. Apalagi coach Bojan punya permintaan krusial yakni tersedianya 22 pemain dengan kemampuan dan kualitas yang setara.

Namun masih ada satu pertanyaan tersisa, siapa pengisi slot satu pemain asing yang kosong? CEO PSM, Munafri Arifuddin, mengaku akan mengumumkan sang pengganti Marc Klok dalam waktu antara satu hingga dua hari mendatang.

Beberapa nama mencuat selama beberapa hari belakangan. Namun Anderson Salles, mantan bek dan kapten tim Bhayangkara FC musim kemarin, santer diberitakan bakal merapat ke Mattoanging.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya