Dua Eks Barito Putera Tambah Kekuatan PSM Makassar Jelang Piala AFC

Mereka dikontrak dengan durasi satu tahun

Makassar, IDN Times - Klub Liga 1 PSM Makassar kembali merekrut dua pemain anyar jelang mengarungi turnamen AFC Cup 2020. Mereka adalah eks pemain Barito Putera, yaitu Roni EF Beroperay dan penyerang Yakob Sayuri.

CEO PSM Munafri Arifuddin mengungkapkan, kehadiran dua pemain dengan posisi berbeda itu melengkapi kebutuhan komposisi utuh tim. PSM dalam waktu dekat akan menjalani petualangannya di kompeteisi level Asia.

"Kehadiran keduanya ini Insya Allah akan menjadikan banyak pilihan kepada pelatih untuk menentukan skema dan kebutuhan pemain yang ada," kata Munafri dalam sesi perkenalan pemain di Makassar, Selasa (4/2).

Baca Juga: Jadwal Lengkap PSM Makassar di Grup H AFC Cup 2020

1. Pemain anyar dikontrak selama satu musim

Dua Eks Barito Putera Tambah Kekuatan PSM Makassar Jelang Piala AFCPemain PSM Makassar. IDN Times / MO PSM Makassar

Roni Esar dan Yakob Sayuri, direkrut setelah dilepas Barito Putera. Musim lalu, kedua pemain tersebut digunakan jasanya oleh Laskar Antasari untuk mengarungi musim kompetisi Liga 1 Indonesia 2019.

Keduanya, kini resmi berseragam Juku Eja setelah dikontrak selama satu musim oleh manajemen. Kehadiran kedua pemain itu juga diyakini Munafri, membuat pelatih kepala Bojan Hodak, memiliki banyak opsi untuk meramu kekuatan terbaik tim.

PSM juga telah mendaftarkan 29 orang nama pemain dalam AFC. Roni dan Yakob, disebutkan Munafri secara resmi telah didaftarkan sebagai bagian dari skuat PSM.

"Jadi kita harus benar-benar memastikan bahwa, pemain yang di-register yang ada di dalam turnamen nanti bisa secara resmi bermain," ucap pria yang akrab disapa Appi ini.

2. Dua pemain anyar, perkokoh lini depan dan belakang PSM Makassar

Dua Eks Barito Putera Tambah Kekuatan PSM Makassar Jelang Piala AFCCEO PSM Makassar Munafri Arifuddin (tengah) dalam perkenalan pemain anyar. IDN Times / MO PSM Makassar

Kehadiran Yakob Sayuri, dianggap Appi bakal menambah ketajaman lini depan tim. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu, akan berperan sekaligus melengkapi slot depan yang sebelumnya telah diisi Ferdinand Sinaga dan Giancarlo.

Begitu pun di lini belakang. Roni Esar memiliki peran sentral sebagai benteng pertahanan, membantu sekaligus menjadi pilihan pelengkap, di antara sederet penggawa lain seperti, Dedi Kusmawan, Abdul Rahman hingga Hasim Kipuw.

"Memang akan semakin banyak opsi untuk pelatih Bojan Hodak untuk memilih yang mana yang akan mengisi pos-pos yang ada," ungkap Munafri.

Baca Juga: Mengingat Kembali Skuad Utama PSM Makassar Satu Dekade Silam

3. Selain Roni dan Yakob, manajemen juga memperpanjang kontrak Firza Andika

Dua Eks Barito Putera Tambah Kekuatan PSM Makassar Jelang Piala AFCInstagram/firzaandika11

Selain Roni Esar dan Yakob Sayuri, manajemen PSM juga memperpanjang peminjaman kontrak Firza Andika selama setahun. Musim lalu, pemain berusia 20 tahu itu, direkrut sebagai pinjaman dari klub Belgia, AFC Tubize.

Munafri mengatakan, sejauh ini PSM masih menjalani komunikasi dengan agen Firza. Pihaknya bermaksud menebus Firza agar bisa diikat dengan kontrak jangka panjang.

"Kita harus bertahap untuk selesaikan kontraknya. Setahun-setahun. Tapi tergantung dari Firza lagi selanjutnya. Setiap tahun jika masa peminjamannya habis kita dapat opsi pertama untuk memperpanjang," ungkap Appi.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya