Comscore Tracker

Rencana Latihan PSM Belum Jelas, Seperti Ini Reaksi Para Suporter

Ada yang mendesak, yang lain coba realistis dengan kondisi

Makassar, IDN Times - Saat ini, sejumlah klub peserta Liga 1 2020 sudah kembali berlatih usai jeda kompetisi sejak Maret silam. Ada Persiraja Banda Aceh, Arema FC, Persik Kediri dan bahkan Persipura Jayapura yang memulai pemusatan latihan di Malang sejak Jumat (21/8/2020) kemarin.

Jika sebelumnya hanya berinteraksi via daring di tempat terpisah, mereka akhirnya menjajal program latihan fisik bersama-sama. Tentu saja ini dilakukan di bawah pengawasan ketat tim medis.

Nah, bagaimana dengan PSM Makassar? Hingga kini, kapan tanggal pasti seluruh punggawa klub kebanggaan Kota Daeng itu berlatih belum jelas. Hingga berita ini ditulis, IDN Times belum mendapat konfirmasi atau informasi dari pihak manajemen.

1. Juku Eja diharap segera memanaskan mesin

Rencana Latihan PSM Belum Jelas, Seperti Ini Reaksi Para SuporterPelatih PSM Makasar Bojan Hodak (tengah) memberikan arahan kepada para pemain saat sesi latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Senin (9/3/2020). Latihan dilakukan jelang laga penyisihan Grup H Piala AFC 2020 antara PSM Makasar melawan klub sepak bola asal Filipina, Kaya FC Iloilo yang akan berlangsung Selasa (10/2) pukul 15.30 WIB di Stadion Madya Senayan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Lantas bagaimana reaksi suporter? Aris Arifin, pegiat portal sepak bola Sulsel Pagolo.net, berharap anak asuh Bojan Hodak itu segera memanaskan mesin. Ini penting demi performa pemain dan PSM setelah berbulan-bulan vakum. Maka menurut Aris, setiap hari yang terbuang berpotensi merugikan tim.

"Sebagai suporter, harapanku ada kejelasan lah. Pemain juga butuh waktu lagi untuk kasih panas mesinnya sebelum turun di kompetisi," ungkapnya kepada IDN Times saat dihubungi Jumat, 21 Agustus.

Dengan pertimbangan dua helatan sekaligus yang diikuti, dirasa penting bagi tim untuk segera bersua. Terlebih Liga 1 akan dilanjutkan lagi kurang dari dua bulan. Adapun ajang lainnya, AFC Cup, masih menunggu pemberitahuan. Induk sepak bola Asia masih membahas venue seluruh partai sisa Grup H.

2. Start kurang mulus di tiga pekan awal diharap bisa menjadi bahan evaluasi

Rencana Latihan PSM Belum Jelas, Seperti Ini Reaksi Para SuporterPemain PSM Makassar Rizky Pellu (kiri) berebut bola dengan pemain PSS Sleman Arthur Daniel Irawan (kanan) pada pertandingan Liga 1 2020 di Stadion Andi Matalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (1/3/2020). Tuan rumah PSM Makassar menang dengan skor 2-1. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Hal senada turut diutarakan oleh pegiat literasi sepak bola lain, Imam Martono. "Tidak mudah mempersiapkan tim dalam waktu singkat seperti itu, apalagi dengan jeda yang sangat lama. Fisik dan stamina pemain harus kembali diperbaiki. Belum lagi kekompakan serta urusan taktik dan strategi permainan," ujarnya.

Awalan kurang mulus PSM di Liga 1 2020 menurutnya jadi alasan lain untuk segera mengevaluasi jelang restart. Dari tiga pekan awal, hanya ada satu kemenangan diraih plus sepasang hasil seri. Pasukan Ramang bahkan ditahan imbang 1-1 oleh Barito Putera, ketika saling sua di Mattoanging pada pekan ketiga.

"Penting rasanya bisa memulai lebih cepat persiapan tim guna mengevaluasi dan memperbaiki performa. Kecuali PSM sudah setengah hati mengikuti kompetisi tanpa degradasi ini," tukas Imam.

Baca Juga: [KLASIK] Kontribusi PSM Makassar di Panggung Piala Asia 2007

3. Status Makassar sebagai zona merah COVID-19 jadi hal yang harus diperhatikan

Rencana Latihan PSM Belum Jelas, Seperti Ini Reaksi Para SuporterPesepak bola PSM Makassar Ferdinand Sinaga (kanan) berselebrasi dengan rekan-rekannya usai menjebol gawang Shan United dalam pertandingan lanjutan fase Grup H Piala AFC di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (26/2/2020). PSM mengalahkan klub asal Myanmar itu dengan skor 3-1. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Figur suporter PSM lain memilih realistis. Presiden Red Gank, Zulkarnain Dg Kulle, menyebut tidak ada fasilitas memadai yang siap digunakan Wiljan Pluim cs. Stadion Mattoanging dalam tahap awal renovasi, Bosowa Sport Center baru rampung September, sementara Stadion Kalegowa di Kabupaten Gowa masih dijajaki.

Selain itu, Sul --sapaan akrabnya-- mengatakan bahwa menggelar pemusatan latihan di Makassar bukan opsi ideal. "Pertimbangannya tentu saja status Kota Makassar sebagai zona merah pandemi," tuturnya kepada IDN Times pada hari Jumat (21/8/2020).

Kesehatan dianggapnya jadi hal krusial sebelum terjun ke restart Liga 1 2020. "Sebelum latihan, apa ada garansi semua pemain dan staf PSM sehat? Takutnya nanti malah menimbulkan klaster (penyebaran) baru. Oleh karena itu, lebih baik diadakan rapid test atau swab test dahulu. Ini juga demi keselamatan," tukas Sul.

Baca Juga: In Memoriam Henk Wullems: Menir Sakti Peracik Skuat Juara PSM Makassar

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya