Comscore Tracker

PSM Vs Persita, Persaingan Ketat di Papan Atas

Kedua tim hanya terpaut tiga poin di klasemen sementara

Makassar, IDN Times - Laga PSM Makassar kontra Persita Tangerang pada Kamis sore (8/12/2022) berpotensi jadi duel sengit, terlepas dari situasi berbeda kedua kubu. Juku Eja duduk di puncak klasemen sementara setelah menekuk Persikabo dengan skor 2-0. Sementara tren positif Pendekar Cisadane terhenti pekan lalu usai takluk 2-3 dari Bali United.

Meski Persita bertengger di posisi enam, mereka tak terpaut jauh untuk urusan poin dari pucuk. Anak asuh Alfredo Vera itu mengemas 22 poin, di saat anak-anak Makassar sudah kantongi 25 angka.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul ini berpotensi mengubah peta persaingan papan atas BRI Liga 1 2022-23. Tapi, mereka sama-sama diliputi masalah mepetnya masa persiapan.

Baca Juga: Antarlini PSM Vs Persita, Para Bek Asing Siap Bersaing

1. PSM tak bisa didampingi pelatih kepala Bernardo Tavares akibat sanksi akumulasi kartu

PSM Vs Persita, Persaingan Ketat di Papan AtasPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat mendampingi timnya. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

PSM harus mengelus dada sebab pelatih kepala mereka, Bernardo Tavares, harus absen akibat sanksi akumulasi. Tanpa sang juru taktik, Muhammad Arfan dkk disebut tetap akan bertanding dengan semangat kekeluargaan. Tapi, kartu kuning Tavares masih mengganjal bagi para pemain dan staf pelatih.

"Pelatih kami tidak menunjukkan sikap atau berkata tidak pantas selama pertandingan. Dia hanya menunjukkan passion-nya sebagai pelatih. Sama sekali tidak ada kata-kata menyinggung," ujar asisten pelatih Paulo Duarte dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Rabu siang kemarin (7/12/2022).

Beruntung amunisi Pasukan Ramang masih cukup lengkap kendati minus empat pilar, termasuk Wiljan Pluim. Masih ada Yance Sayuri yang moncer saat diplot sebagai bek sayap kiri. Lalu Akbar Tanjung makin fasih berperan sebagai gelandang pengangkut air.

2. Pemain Persita siap berlaga meski masa persiapan sangat mepet

PSM Vs Persita, Persaingan Ketat di Papan AtasPara pemain Persita merayakan gol ke gawang PSS dalam laga pekan ke-11 BRI Liga 1 2022-23, 29 September 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Alfredo Vera dari Persita mengaku cukup risau dengan minimnya masa persiapan. Tapi ia menegaskan bahwa anak asuhnya sudah siap untuk berlaga, sekaligus melihat lagi kondisi terakhir Dhika Bayangkara dan kawan-kawan. Di sisi lain, Vera mewaspadai kekuatan lawan yang tak banyak berubah meski tanpa Pluim.

"Ya, saya lihat mungkin PSM tim yang kuat, pasti mereka punya permainan kolektif tidak individu. Hampir sama seperti kita juga. Untuk menang kita harus fokus dan lakukan yang harus kita sudah latihan dan nanti saya akan instruksikan untuk para pemain," ungkap pelatih asal Argentina tersebut pada Rabu sore (7/12/2022).

Untuk misi menang, Vera tak ingin sesumbar. Ia cuma ingin Pendekar Cisadane tampil bagus dan bisa meredam serangan PSM. "Kalau bicara saja tidak bisa, jika sudah berjalan baru bisa dinilai bagaimana bisa tampil untuk menang," tegasnya.

3. Pertemuan terakhir kedua tim pada Juni lalu berakhir sama kuat

PSM Vs Persita, Persaingan Ketat di Papan AtasSalah satu momen dalam laga uji coba Persita Tangerang kontra PSM Makassar di Indomilk Arena, Rabu 1 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Agung Mannan; Victor Dethan, Kenzo Nambu, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Yance Sayuri; Ricky Pratama, Everton Nascimento

Persita Tangerang (4-4-2)

Dhika Bayangkara (GK); Muhamamd Toha, Agustin Cattaneo, Yohanes Kandaimu, Mario Jardel; Paulo Sitanggang, Dadang Apridianto, Ezequiel Vidal, Fahreza Sudin; Ramiro Fergonzi, Wildan Ramdhani

Catatan empat pertemuan terakhir :

01/06/2022 PSM 1-1 Persita (Uji Coba)

19/02/2022 PSM 0-2 Persita (Liga 1)

01/11/2021 Persita 0-3 PSM (Liga 1)

06/03/2020 Persita 1-1 PSM (Liga 1)

Siapa yang bisa memetik poin penuh di Bantul? Saksikan duel PSM Makassar versus Persita Tangerang pada Kamis sore ini (8/12/2022) pukul 16.15 WITA.

Baca Juga: Bernardo Tavares Tak Bisa Dampingi PSM saat Lawan Persita

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya