Comscore Tracker

PSM vs Persipura Kembali Ditunda, Ini Penjelasan PT LIB dan Panpel

Derby Indonesia Timur dipindah ke Sabtu 16 November 2019

Makassar, IDN Times - Duel PSM vs Persipura diundur untuk kali kedua. Sesuai jadwal baru yang dirilis jelang putaran kedua, laga tunda pekan keempat Shopee Liga 1 2019 tersebut sedianya bakal dihelat pada Minggu 6 Oktober 2019 mendatang di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging di Makassar.

Akan tetapi pada Kamis (3/10) ini, PT Liga Indonesia Baru menerbitkan surat penundaan. Surat bernomor 371/LIB/X/2019 yang ditujukan kepada manajemen PSM Makassar dan Persipura Jayapura tersebut hanya berisi keputusan tanpa mengemukakan secara jelas penyebab penundaan.

1. Derby Indonesia Timur yang sedianya dihelat pada Minggu (6/10) mendatang diundur ke Sabtu 16 November 2019

PSM vs Persipura Kembali Ditunda, Ini Penjelasan PT LIB dan PanpelDok. Istimewa (PSSI.org)

"Menindaklanjuti surat klub PSM Makassar nomor: 133/PSM-ADM/X/2019 perihal penyampaian tertanggal 2 Oktober 2019, serta memperhatikan surat Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (KAPOLDA Sulawesi Selatan), bersama ini PT. Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan penundaan pertandingan Shopee Liga 1 2019 antara PSM Makassar vs Persipura Jayapura yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar," demikian bunyi surat yang ditandatangani Direktur PT. LIB, Dirk Soplanit, seperti yang diterima IDN Times.

Lebih jauh, jadwal ulang pun telah diterbitkan. Derby Indonesia Timur tersebut diundur hingga Sabtu 16 November 2019 mendatang, dengan tempat masih di Makassar. Dalam surat yang sama, pihak PSM diminta segera melakukan kordinasi dengan pihak-pihak terkait agar pertandingan berjalan baik dan lancar.

Baca Juga: Preview PSM Vs Persipura: Buru Kemenangan demi Kado Ultah ke-103

2. Keamanan jadi alasan utama pihak Polda Sulsel belum mengeluarkan izin pertandingan

PSM vs Persipura Kembali Ditunda, Ini Penjelasan PT LIB dan PanpelIDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Lebih jauh, rincian penundaan dijelaskan langsung oleh Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) PSM Makassar, Ali Gauli Arief. "Sebenarnya yang terjadi, pihak Polda Sulsel belum mengeluarkan izin pertandingan sampai hari ini," ujar sosok yang biasa disapa Ulli tersebut saat dihubungi oleh IDN Times pada Jumat (4/10) pagi.

Ada dua alasan pokok penundaan laga ini, pertama adalah gelombang eksodus warga Sulsel dari kota Wamena, Papua yang terjadi beberapa hari terakhir. "Pihak kepolisian mempertimbangkan dari sisi keamanan serta untuk menjaga kondisi," lanjutnya.

Alasan kedua, menyangkut keamanan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih yakni Joko Widodo - Ma'ruf Amin pada 20 Oktober mendatang. Pihaknya sendiri telah melakukan pertemuan dengan Polda Sulsel pada Kamis (3/10) kemarin sebelum PT. LIB memutuskan laga tersebut ditunda.

3. Sempat mendarat di Makassar pada Kamis (3/10) sore, skuad Persipura langsung lanjutkan perjalanan ke Jayapura

PSM vs Persipura Kembali Ditunda, Ini Penjelasan PT LIB dan PanpelANTARA FOTO/Umarul Faruq

Skuad PSM sendiri telah tiba di Makassar pada Kamis (3/10) sore pasca rampungkan tur Sumatera - Jawa selama dua pekan. Sementara itu, Persipura juga mendarat di hari yang sama. Setelah mengetahui duel kontra Pasukan Ramang ditunda, pasukan asuhan Jacksen F. Tiago tersebut meneruskan perjalanan ke Jayapura. Boaz Solossa dkk menjalani masa jeda dengan berlibur di kota asal.

Menyoal nasib para suporter, pihak panpel PSM akan mengganti tiket yang telah dibeli secara daring (online) dengan jadwal baru. Dengan penundaan ini, Wiljan Pluim cs pun punya kesempatan beristirahat lebih lama pasca berkutat dengan skedul padat.

Agenda PSM selanjutnya yakni menjamu Arema FC di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, dalam laga tunda pekan kelima Shopee Liga 1 2019, pada Rabu 16 Oktober mendatang.

Baca Juga: Persipura vs PSM, Derby Indonesia Timur atau Duel Tim Papan Tengah?

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You