PSM Vs Persik, Juku Eja Waspadai Terkaman Macan Putih

Kedua tim sama-sama membidik poin penuh

Makassar, IDN Times - Mempertahankan sebuah hal lebih sulit ketimbang mencapainya. Nasihat lama tersebut diulangi pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, jelang laga pekan ke-25 kontra Persik Kediri pada Minggu sore (19/2/2023). Meski sang tamu sedang berada di papan bawah, ia tetap waspada dengan terkaman Macan Putih.

Persik sendiri baru saja menahan imbang tim kuat Bali United, sekaligus memutus catatan selalu kalah selama tiga pekan beruntun. Sebiji poin saat menjajal anak-anak Gianyar bisa menjadi letupan bahan bakar semangat mereka.

Di sisi lain, PSM sedang menikmati catatan empat kemenangan beruntun. Wiljan Pluim cs memburu yang kelima, bermodal reputasi angker Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, tempat duel tersebut berlangsung.

1. Pelatih kepala PSM masih ingat pertemuan pertama yang dipenuhi drama

PSM Vs Persik, Juku Eja Waspadai Terkaman Macan PutihSalah satu momen pertandingan pekan kedelapan BRI Liga 1 2022-23 antara Persik Kediri versus PSM Makassar di Stadion Brawijaya Kediri, Jumat 2 September 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Berbicara dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Sabtu kemarin (18/2/2023), pelatih kepala PSM yakni Bernardo Tavares masih ingat betapa sengitnya duel di putaran pertama. Laga pekan ke-8 tersebut memang berakhir 0-0, tapi drama iringi duel di Stadion Brawijaya tersebut.

"Banyak hal-hal terjadi di pertandingan tersebut. Ada performa wasit juga, tapi hanya mendapat 1 menit tambaham waktu. Selain itu, termasuk kartu merah Wiljan Pluim sehingga mendapatkan sanksi lima pertandingan tidak boleh dimainkan," ungkapnya.

Untuk materi pemain sendiri, PSM datang ke Parepare tanpa salah satu mesin gol yakni Everton Nascimento. Praktis cuma ada empat opsi tersisa di lini depan yakni Donald Bissa, Ricky Pratama, Mufli Hidayat dan Ramadhan Sananta.

2. Persik membidik poin penuh meski tak diperkuat sejumlah pemain

PSM Vs Persik, Juku Eja Waspadai Terkaman Macan PutihPara pemain Persik Kediri dalam sesi latihan resmi di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, 18 Februari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Dari sisi Persik, Divaldo Alves selaku juru taktik menyebut bahwa timnya tetap percaya diri meski melawat ke salah satu stadion angker di Liga 1. Ia tetap yakin bisa memetik poin, kendati tanpa sejumlah pilar penting. Rotasi akan ditempuh, sembari coba meredam agresivitas para penyerang PSM yang selama ini dikenal sulit dibendung.

"Kami tidak takut sama sekali. Saya yakin pemain kami juga punya skill yang tidak kalah. Mereka juga punya semangat untuk menang di laga besok," tuturnya di kesempatan terpisah.

"Kami sudah mempelajari (permainan PSM) dan akan coba mengantisipasi kekuatan mereka. Saya harap kami pulang dengan membawa pulang hasil positif dari sini," imbuh sosok berpaspor Brasil tersebut.

3. Tak ada pemenang dalam tiga pertemuan terakhir

PSM Vs Persik, Juku Eja Waspadai Terkaman Macan PutihPesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persik Kediri Fandry Imbiri (kanan) dalam laga lanjutan Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (19/6/2022). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym.

Perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Agung Mannan, Yuran Fernandes, Erwin Gutawa; Rizky Eka Pratama, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Wiljan Pluim, Kenzo Nambu; Yakob Sayuri, Ramadhan Sananta

Persik Kediri (4-2-3-1)

Dikri Yusron (GK); Agil Munawar, Anderson do Nascimento, Vava Mario Yagalo, Yusuf Meilana; Arthur Irawan, Rohit Chand; Arsyad Yusgiantoro, Krisna Bayu Otto, Ferinando Pahabol; Flavio Silva

Catatan empat pertemuan terakhir :

02/09/2022 Persik 0-0 PSM (Liga 1)

19/06/2022 PSM 0-0 Persik (Piala Presiden)

18/01/2022 PSM 0-0 Persik (Liga 1)

23/09/2022 Persik 2-3 PSM (Liga 1)

Siapa yang berhak atas tiga poin di Parepare? Saksikan PSM Makassar versus Persik Kediri pada Minggu sore ini (19/2/2022), pukul 17.00 WITA.

Baca Juga: Tampil Moncer, Dua Pemain PSM Masuk "Best XI" Pekan ke-24 Liga 1

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya