Comscore Tracker

PSM vs Persija, Tuan Rumah Waspada Kebangkitan Macan Kemayoran

Juku Eja bertekad lanjutkan tren positif

Minggu 20 Oktober 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, 19:30 WITA

Makassar, IDN Times - Terlepas dari masalah non-teknis yang menghiasi pemberitaan dalam beberapa hari terakhir, duel pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019 antara PSM dan Persija tetap dihelat pada Minggu (20/10) malam. Laga ini dipastikan berjalan dalam tensi tinggi. Sang tuan rumah baru saja memutus rekor buruk selama tiga pekan beruntun dengan pesta gol. Sudah pasti mereka akan mengincar korban kedua.

Adapun Persija melawat ke Kota Daeng dengan bawaan rasa was-was. Si juara bertahan baru saja dipermalukan 2-1 di kandang sendiri oleh Semen Padang, pada laga tunda pekan ke-10 pada Rabu (16/10) kemarin. Mattoanging pun sejatinya menjadi momok bagi Persija dalam dua musim belakangan. Catatan berbicara, terakhir kali mereka menang di Makassar yakni pada 2016 silam.

1. Pelatih PSM, Darije Kalezic (kanan), waspadai kejutan dari sang calon lawan

PSM vs Persija, Tuan Rumah Waspada Kebangkitan Macan KemayoranLiga-Indonesia.id

Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Sabtu (19/10) kemarin, pelatih kepala PSM yakni Darije Kalezic memancang target amankan tiga poin. Ada tren positif yang hendak dilanjutkan, demi mengerek posisi dari papan tengah klasemen sementara. Namun, ia mewanti-wanti anak asuhnya untuk waspada dengan kebangkitan Persija.

Motivasi setelah sepasang kekalahan beruntun bisa jadi suntikan motivasi berlebih. "Saya tahu Persija berada di posisi klasemen yang sangat rendah, tapi ini tidak mencerminkan kualitas individual mereka. Kita cukup tahu Persija karena kita sudah main tiga kali lawan mereka musim ini. Mereka juga tahu kekuatan kita," tukas Kalezic.

Menilik komposisi, lima penggawa Pasukan Ramang dipastikan absen. Mereka adalah Bayu Gatra, Guy Junior dan Hery Prasetyo akibat cedera. Sementara Marc Klok dan Hasyim Kipuw jalani sanksi akumulasi kartu. Namun, Asnawi Mangkualam dan Firza Andika sudah kembali dari Timnas U-22. Sementara Amido balde telah pulih dari cedera.

2. Persija mengusung misi bangkit ketika tampil di Mattoanging

PSM vs Persija, Tuan Rumah Waspada Kebangkitan Macan KemayoranPersija.id

Adapun juru taktik Persija, Edson Tavares, mengaku enggan memikirkan masalah non-teknis yang mencuat selama beberapa hari terakhir. Sosok berpaspor Brasil itu lebih berfokus pada cara mencuri poin di Mattoanging. Anak asuhnya butuh momentum pelecut semangat untuk lolos dari zona degradasi.

"Kami di sini dengan perasaan yang berbeda dan fokus berbeda pula,  karena beberapa pemain berbeda dengan pertandingan terakhir. Kami akan berusaha memberikan yang terbaik untuk pertandingan ini," papar Tavares, yang baru jalani partai debut sebagai kepala dapur strategi anyar, dalam kesempatan terpisah.

Tak ada Ismed Sofyan dan Maman Abdurrahman dalam rombongan Macan Kemayoran. Namun bukan berarti lini belakang mereka tanpa pelapis mumpuni. Tony Sucipto kemungkinan diplot kembali sebagai bek kanan. Sementara palang pintu Xandao siap dipasang sebagai tandem Fachrudin Aryanto.

Baca Juga: Final Piala Indonesia: PSM vs Persija, Laga Penuntasan yang Tertunda

3. Pada pertemuan terakhir, Juku Eja berhasil menahan imbang tanpa gol Macan Kemayoran di GBK

PSM vs Persija, Tuan Rumah Waspada Kebangkitan Macan KemayoranLiga-Indonesia.id

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam Bahar, Aaron Evans, Munhar, Beny Wahyudi; Rizky Pellu, Rasyid Bakri, Wiljan Pluim; M. Rizky Eka Pratama, Ferdinand Sinaga, Ezra Walian

Persija (4-3-3)

Shahar Ginanjar; Tony Sucipto, Xandao, Fachrudin Aryanto, Rezaldi Hehanusa; Joan Tomas, Rohit Chand, Sandi Darma Sute; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Heri Susanto

Catatan lima pertandingan terakhir :

28/08/2019 Persija 0-0 PSM (Liga 1)

06/08/2019 PSM 2-0 Persija (Piala Indonesia)

21/07/2019 Persija 1-0 PSM (Piala Indonesia)

16/11/2018 PSM 2-2 Persija (Liga 1)

06/07/2018 Persija 2-2 PSM (Liga 1)

Baca Juga: Final Piala Indonesia: PSM vs Persija, Menjegal Macan di Tepi Podium

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You