PSM Vs Barito Putera, Juku Eja Pincang di Masa Sulit

Sejumlah pilar kunci tuan rumah dipastikan absen di laga ini

Makassar, IDN Times - Laga berat menanti PSM Makassar di pekan ke-12 BRI Liga 1 2023-24. Mereka akan menjamu salah satu penghuni papan atas klasemen sementara, Barito Putera, pada Jumat sore ini (15/9/2023).

Kubu tuan rumah tengah didera masalah finansial. Performa inkonsisten disinyalir imbas dari gaji pemain dan staf pelatih yang belum dibayar. Sang juara bertahan kini sedang megap-megap. Beberapa pilar penting pun dipastikan absen dari laga ini, dengan alasan cedera atau "mogok bermain."

Di sisi lain, sang tamu bukan Barito Putera yang kerap dipandang sebelah mata. Taktik dan strategi racikan Rahmad Darmawan terbukti ampuh bukan main. Mereka jadi tim tersubur kedua setelah pemuncak klasemen Madura United, dan punya duo striker tajam yakni Murilo dan Gustavo Tocantins.

Baca Juga: Tavares Lelang Barang Pribadi untuk Bayar Gaji Staf PSM Makassar

1. Rotasi pemain akan dilakukan PSM Makassar mengingat banyaknya pemain yang absen di laga ini

PSM Vs Barito Putera, Juku Eja Pincang di Masa SulitPesepak bola PSM Makassar Yance Sayuri (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman pada pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (3/9/2023). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/nz

Pelatih kepala PSM Makasssar, Bernardo Tavares, menyebut bahwa status peringkat dua klasemen membuat Barito Putera menjadi lawan yang berat. Alhasil, di tengah berbagai masalah yang merundung, pesannya sederhana : suporter datang ke stadion untuk mendukung langsung.

"Sejauh ini kita sudah menang dan kalah masing-masing dua kali di kandang, saya harap suporter bisa berkorban untuk datang mendukung tim. Pemain-pemain harus merasakan dukungan tersebut. Seperti yang diketahui, kami juga mengalami banyak kesulitan belakangan ini," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Kamis kemarin (14/9/2023).

Beberapa pemain yang dipastikan absen antara lain Wiljan Pluim, Yakob Sayuri, Yance Sayuri, Kike Linares dan Yuran Fernandes. Mau tak mau, Tavares dituntut untuk merombak skuat besar-besaran. Bukan tidak mungkin ia juga akan menurunkan sejumlah pemain muda.

2. Para pemain Barito Putera diwanti-wanti melihat tuan rumah sebagai tim yang andalkan permainan kolektif

PSM Vs Barito Putera, Juku Eja Pincang di Masa SulitPesepak bola Barito Putera Eksel Timothy Joseph Runtukahu (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Dewa United dalam pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Demang Lehman Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (9/8/2023). ANTARA FOTO/Iman Satria/Lmo/tom.

Rahmad Darmawan, juru taktik Barito Putera, tetap menaruh respek tinggi pada Pasukan Ramang. Meski dipastikan turun tanpa sejumlah pilar penting, ia menyebut PSM sebagai tim yang mengandalkan permainan kolektif dan teamwork alih-alih kemampuan individu tertentu.

"Kami melihat sebuah tim tidak dari personaliti pemain, tapi dari tim itu dalam teamwork. Fokus saya kepada tim yang dihadapi lawan berat. Respek pada PSM mereka sudah teruji. Tidak di setiap pertandingan mereka mampu menurunkan starting eleven seperti yang biasa, (pemain) absen itu biasa," jelasnya dalam kesempatan terpisah.

Laskar Antasari sendiri dipastikan tanpa dua pemain. Kiper Ega Rizky harus absen, sedangkan Bagas Kaffa dipanggil ke Timnas U-24 untuk ajang Asian Games. Meski begitu, coach RD masih punya banyak opsi seperti Dhika Bayangkara di bawah mistar gawang serta winger Rizky Pora.

3. Dari lima laga terakhir melawan Laskar Antasari, Juku Eja bisa menang sebanyak dua kali

PSM Vs Barito Putera, Juku Eja Pincang di Masa SulitPesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola Barito Putera pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Kamis (9/2/2023). ANTARA FOTO/Erick Didu/abhe/nym.

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Safrudin Tahar, Sandy Ferizal; Victor Dethan, Dzaky Asraf, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Rizky Eka Pratama; Adilson da Silva, Everton Nascimento

Barito Putera (3-4-3)

Dhika Bayangkara (GK); Hasyim Kipuw, Renan Alves, Carli de Murga; Ilham Zusril Mahendra, Bayu Pradana, Makan Konate, Frendi Saputra; Bagus Kahfi, Gustavo Tocantins, Murilo Mendes

Catatan lima pertemuan terakhir :

09/02/2023 PSM 4-1 Barito Putera (Liga 1)

10/01/2023 Barito Putera 1-1 PSM (Liga 1)

28/01/2022 Barito Putera 1-2 PSM (Liga 1)

27/09/2021 PSM 0-2 Barito Putera (Liga 1)

15/03/2020 PSM 1-1 Barito Putera (Liga 1)

Sanggupkah kubu tuan rumah tetap menang meski tengah dirundung kesulitan? Saksikan duel PSM Makassar versus Barito Putera pada Jumat sore ini (15/9/2023), pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: Bertanding di AFC Cup, PSM Makassar Minta Perubahan Jadwal di Liga 1

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya