PSM Siapkan Opsi Berkandang di Luar Sulawesi Musim Depan

Jika Stadion Gelora BJ Habibie Parepare tak lolos verifikasi

Makassar, IDN Times - PSM Makassar mempersiapkan Stadion Gelora BJ Habibie Parepare sebagai markas musim depan. Namun manajemen juga menyiapkan opsi lain, yakni berkandang di luar Sulawesi.

Opsi kedua itu ditempuh jika Stadion BJ Habibie tidak lolos verifikasi alias penilaian operator kompetisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Dalam waktu dekat akan ada dari PT LIB yang akan meninjau stadion di Parepare. Tapi jika ternyata belum memenuhi syarat, kita sedang memikirkan opsi berkandang di Kalimantan atau Papua," ujar Direktur Utana PSM Munafri Arifuddin dalam forum silaturahmi suporter yang berlangsung di Prego Cafe Makassar, Rabu malam (6/4/2022).

Baca Juga: PSM Makassar Sudah Temukan Pelatih Kepala Baru, Siapa Dia?

1. PSM bisa saja berkandang di Kalimantan atau Papua

PSM Siapkan Opsi Berkandang di Luar Sulawesi Musim DepanDirektur PSM Makassar Munafri Arifuddin saat berbicara dalam forum silaturahmi suporter yang berlangsung di Prego Cafe Pengayoman, Rabu 6 April 2022. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Pemkot Parepare memang terus mengebut renovasi stadion. Anggaran sebesar Rp3 miliar pun telah disiapkan untuk pembenahan ruang media, ruangan lobi, ruang wasit, pembenahan kontur lapangan serta bench pemain.

Namun, jika kemungkinan terburuk justru jadi kenyataan, manajemen PSM sudah meraba kemungkinan berkandang di Pulau Kalimantan dan bahkan Papua. Semua diakui punya plus dan minus.

"Saya pikir kalau di Kalimantan, ada keuntungannya karena pencinta PSM sangat banyak di wilayah itu, sehingga bisa menjadi rumah kedua," kata Munafri.

2. Appi' segera menjalin komunikasi dengan para Wali Kota di Kaltim

PSM Siapkan Opsi Berkandang di Luar Sulawesi Musim DepanSkuad PSM Makassar berlatih di Stadion Batakan, Balikpapan, pada Rabu (13/11/2019) sore jelang berjumpa Persebaya. (Dok. PSM Makassar)

Secara eksplisit, kota-kota di Kalimantan Timur sudah masuk dalam radar. Beberapa yang sempat disebut yakni Balikpapan, Samarinda, Tenggarong atau Bontang. Jika ditotal, ada 8 stadion yang tersedia di seluruh kota tersebut, mulai dari Batakan hingga Mulawarman.

Komunikasi akan dijalin, tapi suami Melinda Aksa tersebut tetap berharap Stadion Gelora BJ Habibie mendapat lampu hijau dari PT LIB.

"Dalam waktu dekat saya akan ketemu dengan Wali Kota yang ada di sana (Kalimantan Timur, red.). Semoga mereka bisa merespons kita. Tapi saya berharap Parepare bisa lolos verifikasi dan jadi kandang PSM Makassar," jelas sosok yang biasa disapa Appi' tersebut.

3. Opsi berkandang di Jawa juga disebut menguntungkan

PSM Siapkan Opsi Berkandang di Luar Sulawesi Musim DepanFoto udara Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. (Wikimedia Commons)

Appi' juga memandang kans PSM berkandang di Kalimantan juga bisa menguntungkan suporter. Ini lantaran tersedia beberapa alternatif transportasi bisa dipilih dan disesuaikan dengan finansial. Seperti pesawat dan kapal laut.

Saat membahas usulan dari suporter untuk berkandang di Sidoarjo, ia menyebutnya punya nilai plus.

"Tapi kalau di Jawa lagi, juga akan sangat menguntungkan untuk tim. Karena kalau umpamanya kita main di Jawa Timur, kita bisa naik bus ke Surabaya, Kediri, Madura, Semarang dan lain-lain. Kita akan mencoba menghitung (kemungkinannya) dengan detail," tutur Appi'.

Baca Juga: PSM Makassar segera Evaluasi Para Pemain untuk Persiapan AFC Cup

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya