PSM Makassar Sudah Temukan Pelatih Kepala Baru, Siapa Dia?

Pelatih baru PSM santer disebut berasal dari Portugal

Makassar, IDN Times - PSM Makassar terus bergerak merancang komposisi tim untuk musim depan. Direktur Utam PSM Munafri Arifuddin mengisyaratkan adanya kesepakatan dengan salah satu kandidat yang bakal mengisisi posisi pelatih.

"Malam ini kita sudah deal dengan salah satu pelatih, head coach. Jadi, mudah-mudahan kita bisa maksimalkan, dan saya akan umumkan ketika seluruh administrasinya sudah kita bereskan," kata Munafri pada forum suporter di Prego Cafe Makassar, Rabu malam (6/4/2022).

Baca Juga: Pamit, Ini 5 Momen Penting Zulkifli Syukur di PSM Makassar

1. Jorge Simao santer dikabarkan jadi kandidat kuat pelatih baru PSM

PSM Makassar Sudah Temukan Pelatih Kepala Baru, Siapa Dia?Jorge Simao saat masih melatih klub Portugal Pacos de Ferreira di musim 2021/22. (Instagram.com/officialjorgesimao)

Menurut rumor yang beredar, Paul Munster kabarnya sempat didekati oleh PSM. Tapi belakangan, eks pelatih kepala Bhayangkara FC itu diisukan sedang negosiasi kontrak dengan Persija Jakarta dan PSIS Semarang.

Satu nama yang kini mencuat sebagai calon pelatih anyar Juku Eja yakni Jorge Simao. Sosok asal Portugal itu terakhir menangani klub kasta teratas negeri tetangga Spanyol, Pacos de Ferreira, dari Mei hingga Desember 2021.

2. Munafri Arifuddin memberi sinyal menunjuk Tony Ho sebagai Direktur Teknik

PSM Makassar Sudah Temukan Pelatih Kepala Baru, Siapa Dia?Legenda PSM Makassar, Tony Ho (Instagram.com/dinytonyho)

Selain pelatih, Appi' sedikit memberi bocoran perihal perombakan di manajemen. Ia datang bertemu suporter bersama Tony Ho, eks pemain PSM dekade 1980-an. Pemegang lisensi Pro AFC itu disebut-sebut jadi kandidat kuat untuk duduki jabatan Direktur Teknik.

"Pak Tony Ho berdampingan dengan saya malam ini. Jangan dianggap kode, tapi mungkin kisi-kisi," ucap suami Melinda Aksa tersebut, yang langsung ditimpali tawa para suporter.

Tony Ho sudah malang melintang di berbagai klub. Sempat menjadi asisten pelatih PSM dan Persipura, ia terakhir menukangi tim Liga 3 Persedikab Kabupaten Kediri di musim 2021.

3. Pelatih fisik pun akan ditunjuk dari tingkatan U-15 hingga tim senior

PSM Makassar Sudah Temukan Pelatih Kepala Baru, Siapa Dia?PSM Makassar U-16 saat berhadapan dengan Arema FC di seri pertama Elite Pro Academy (EPA) 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Di Liga 1 2021/22 lalu, Appi' menyebut nama Hanafing sempat didaftarkan sebagai Direktur Teknik ke operator kompetisi. Salah satu faktor manajemen sulit mencari sosok penjaga filosofi permainan lantaran masalah lisensi.

"Direktur Teknik ini jugalah yang akan turun sampai ke pembinaan akademi, dengan pemain-pemain yang berjenjang. Mulai dari U-19, U-17 hingga U-15," ungkap pria 46 tahun tersebut.

Lebih jauh, ia turut menjelaskan bahwa PSM akan menunjuk pelatih fisik di masing-masing tingkatan tim, mulai dari senior hingga akademi.

Baca Juga: PSM Makassar segera Evaluasi Para Pemain untuk Persiapan AFC Cup

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya