PSM Minta Perubahan Jadwal di Seri Dua Liga 1

Juku Eja dijadwalkan menjalani laga sore empat kali beruntun

Makassar, IDN Times - Seri kedua BRI Liga 1 2021/22 baru dihelat pada pekan ketiga Oktober. Tapi manajemen PSM Makassar sudah pening dengan jadwal yang dianggap kurang menguntungkan mereka. 

Surat resmi pun telah dilayangkan ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

"(Suratnya) sudah kami kirim kemarin," kata Media Officer PSM Sulaiman Abdul Karim lewat pesan kepada IDN Times, Selasa sore (5/10/2021).

Baca Juga: Statistik PSM di Seri Pembuka Liga 1: Cukup Agresif, Jarang Melanggar

1. Jadwal rancangan PT LIB membuat PSM lebih banyak bertanding sore hari pada seri kedua

PSM Minta Perubahan Jadwal di Seri Dua Liga 1Pesepak bola Madura United FC Hugo Gomes Dos Santos Silva (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Erwin Gutawa (kiri) dalam lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (12/9/2021). Pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Dalam skedul bertanding Wiljan Pluim dkk yang diterima IDN Times pada Selasa sore, ada empat dari lima laga di mana mereka bermain secara beruntun di sore hari pukul 15.15 WIB.

Partai-partai tersebut antara lain saat jumpa Bali United di pekan ketujuh (17 Oktober), versus Borneo FC (22 Oktober), bersua Persikabo 1973 (26 Oktober) dan menantang Persita (1 November).

PSM cuma dapat satu jatah bertanding malam, saat mereka menjajal Bhayangkara FC pada 6 November, sekaligus jadi penutup seri kedua.

2. Manajemen PSS menyebut jadwal ini "jauh dari asas fairness"

PSM Minta Perubahan Jadwal di Seri Dua Liga 1Pemain PSM Makassar Pluim (kiri) terjatuh saat berduel dengan pemain PS Barito Putera Baimatov (kanan) pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/9/2021). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Di seri pertama lalu, nasib nyaris serupa juga dialami Persela dan Persipura. Mereka memainkan tiga laga di sore hari selama tiga pekan berturut-turut.

Sebagai respons atas jadwal tersebut, manajemen Juku Eja secara resmi meminta pada PT LIB agar melakukan perubahan. Alasannya, jadwal ini disebut bertentangan dengan sikap anti-pilih kasih.

"Menurut manajemen PSM, hal ini jauh dari asas fairness dan akan sangat berpengaruh terhadap persiapan dan kondisi tim di pertandingan tim," demikian bunyi pernyataan resmi mereka.

3. Saat ini, para penggawa Juku Eja diliburkan dan baru berlatih pada 8 Oktober

PSM Minta Perubahan Jadwal di Seri Dua Liga 1Pelatih PSM Makassar Milomir Seslija saat memimpin latihan tim di Bosowa Sport Center pada Kamis 8 Juli 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Saat ini, mayoritas penggawa Pasukan Ramang sedang libur dan baru kembali berlatih di Bosowa Sport Center pada Jumat mendatang (8/10/2021). Adapun dua pemain asing yang baru bergabung, Serif Hasic serta Bektur Talgat Uulu, diberi jatah latihan tambahan sebagai bentuk adaptasi.

Pelatih kepala PSM, Milomir Seslija, mengatakan bakal langsung tancap gas dan mengevaluasi banyak kelemahan yang jadi sorotan selama seri pertama.

"Ada banyak pekerjaan setelah 30 hari kompetisi berjalan. Ke depan, lawan akan lebih sulit. Saya harap kita akan berkembang," kata Milo dalam jumpa pers usai laga kontra Persib, Sabtu silam (2/10/2021).

Baca Juga: Profil Serif Hasic dan Bektur Talgat Uulu, Pelengkap Kuota Asing PSM

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya