Comscore Tracker

Profil Serif Hasic dan Bektur Talgat Uulu, Pelengkap Kuota Asing PSM

Serif sudah bergabung, Bektur masih jalani karantina

Makassar, IDN Times - Jelang laga pekan keempat BRI Liga 1 2021/22, amunisi PSM Makassar kembali bertambah. Serif Hasic, si rekrutan baru-tapi-lama, sudah bergabung di hotel tempat menginap skuad Juku Eja di Bekasi, Jawa Barat, pada hari Selasa ini (21/9/2021). Ia baru saja merampungkan masa karantina bagi para WNA yang memasuki Indonesia.

"Betul, Serif sudah bergabung (dengan tim)," ujar Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, saat dikonfirmasi IDN Times pada Selasa sore.

Dengan ini, berarti sisa Bektur Talgat Uulu yang masih ditunggu. "Bektur belum gabung. Dia sudah ada di Indonesia dan sedang karantina," imbuh pria yang biasa disapa Sule itu.

Manajemen Juku Eja sendiri sudah mengamankan tanda tangan Serif dan Bektur di kertas kontrak sebelum bursa transfer ditutup 10 September lalu. Keduanya pun sudah didaftarkan ke operator liga.

Nah, seperti apa sepak terjang pelengkap kuota pemain asing PSM itu? Berikut IDN Times merangkumnya untuk Anda.

1. Serif Hasic yang kembali reuni dengan Pasukan Ramang

Profil Serif Hasic dan Bektur Talgat Uulu, Pelengkap Kuota Asing PSMSerif Hasic saat memperkuat PSM Makassar dalam laga pekan pertama Liga 1 2020 kontra PS Sleman di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, 1 Maret 2020. (Instagram.com/serif.hasic)

Lahir di Zenica pada 7 Januari 1988, ini adalah kali kedua Serif mencicipi atmosfer sepak bola Asia. Kariernya lebih banyak dihabiskan di sejumlah klub kasta kedua Bosnia-Herzegovina. Ada Celik Zenica (2005-08), Zvijezda Gradacac (2011-12), NK Podgrmec (2013-14), Bratsvo Gracanica (2017-18) serta Mladost Doboj-Kakanj (2015-16, 2019-20).

Stopper 33 tahun itu sempat menerima pinangan PSM pada musim 2020. Tapi kisahnya bersama Juku Eja terhenti akibat pandemik. Ia cuma lima kali tampil bersama PSM. Rinciannya, tiga kali di Liga 1 dan dua kali di AFC Cup. Dengan kompetisi tak pasti, Serif memilih pulkam dan dikontrak NK VIS Simm-Bau dari Januari hingga Juli 2021.

Satu-satunya prestasi yang ia rasakan sepanjang kariernya adalah gelar juara divisi dua liga Bosnia-Herzegovina (First League of FBiH) musim 2014/15 bersama Mladost Dobonj Kakanj. Serif sempat dipanggil Timnas Bosnia-Herzegovina U-21 di tahun 2007, meski cuma tampil sebanyak tiga kali.

2. Bektur Talgat Uulu, pemain Asia pilihan PSM di musim baru

Profil Serif Hasic dan Bektur Talgat Uulu, Pelengkap Kuota Asing PSMGelandang baru PSM Makassar, Bektur Talgat Uulu, saat masih memperkuat klub Kirgizstan. FC Alga Bishkek, musim 2020-21. (Instagram.com/bektur_talgatuulu)

Legiun asing kedua adalah Bektur Talgat Uulu, gelandang bertahan asal Kirgizstan. Ini jadi pengalaman pertamanya mencicipi sepak bola Indonesia. Sebelumnya, ia lebih banyak menghabiskan waktu memperkuat klub dalam negeri. Antara lain Abdysh-Ata Kant (2015) serta Alga Bishkek (2016, 2019, 2020-21).

Pria 27 tahun tersebut sempat singgah di klub Oman yakni Sur Sports Club di paruh kedua musim 2017. Tapi ayah satu anak itu sudah akrab dengan kompetisi bal-balan India. Bektur sempat memperkuat Churchill Brothers, Aizawl FC serta United Victory. Sejauh ini, sosok jebolan tim muda FC Astana-1964 itu belum merasakan satu pun trofi.

Pemain kelahran Bishkek, 9 September 1994 itu juga mengoleksi enam penampilan dengan Timnas Kirgizstan U-21.

Baca Juga: Pelatih PSM Sentil Cara Shin Tae-yong Pilih Pemain Timnas Indonesia

3. Total jumlah penggawa PSM Makassar musim ini berjumlah 33 orang

Profil Serif Hasic dan Bektur Talgat Uulu, Pelengkap Kuota Asing PSMPara pemain PSM Makassar berpose sebelum pertandingan pekan pertama BRI Liga 1 2021/22 kontra Arema FC di Stadion Pakansari Cibinong, 5 September 2021. (Instagram.com/erwin05gutawa)

Dengan bergabungnya Serif Hasic serta Bektur Talgat Uulu, jumlah penggawa Pasukan Ramang saat ini berjumlah 33 pemain. Beberapa pemain yang bergabung saat tim tiba di Jakarta antara lain Zikri Akbar, Azka Fauzi dan Fajar Handika.

Serif bakal diplot sebagai stopper, tapi coach Milomir Seslija menyebutnya tetap harus beradaptasi lebih dulu. Terlebih penampilan duo Hasyim Kipuw dan Erwin Gutawa masih moncer di sektor belakang.

Sementara itu, kehadiran Bektur akan menambah kedalaman lini tengah. Dengan posisi gelandang bertahan, ia agaknya harus bersaing dengan Rasyid Bakri serta Muhammad Arfan.

Baca Juga: Pelatih PSM Akui Stok Pemain Asing Sangat Berpengaruh

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya