PSM Makassar vs PSS Sleman, Demi Akhir Indah untuk Sepasang Perpisahan

Juku Eja wajib mengemas poin penuh di laga ini

Minggu 15 Desember 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 19.30 WITA

Makassar, IDN Times - Laga pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019 ini akan menjadi 90 menit yang sarat rasa haru. Ini akan menjadi kali terakhir para suporter PSM melihat kondisi Stadion Andi Mattalatta lama. Mulai tahun depan, proyek renovasi untuk mempercantik arena yang sudah berdiri sejak 1950 tersebut, resmi dimulai.

Duel kontra PSS Sleman juga bertindak sebagai perpisahan sang pelatih kepala Darije Kalezic dengan PSM. Sehari sebelum laga (Sabtu 14/12), sosok berpaspor Swiss tersebut mengatakan bahwa dirinya langsung meletakkan jabatan usai menjamu Super Elja. Sebelas bulan bekerja, satu gelar pelepas dahaga 19 tahun berhasil direngkuh.

1. Darije Kalezic (kanan) meletakkan jabatannya sebagai pelatih kepala setelah laga ini

PSM Makassar vs PSS Sleman, Demi Akhir Indah untuk Sepasang PerpisahanDok. Istimewa/MO PSM Makassar

Dalam jumpa pers pra-pertandingan pada Sabtu (14/12) sore, Darije Kalezic --selain menyatakan undur diri dari staf kepelatihan PSM-- tetap menatap laga ini dengan serius. Partai kandang pamungkas Juku Eja di musim 2019, sekaligus perpisahan dengan Mattoanging sebelum renovasi, wajib diakhiri dengan rasa bahagia.

Rizky Pellu dkk saat ini berkutat di papan tengah klasemen sementara. Performa menurun membuat Pasukan Ramang menukik dari peringkat lima ke posisi 11. Namun misi finis di lima besar sejatinya belum pupus, dengan catatan mereka memenangi dua laga terakhir.

Menyoal komposisi pemain, sektor kiper sedang krisis. Penampilan Rivky Mokodompit sedang angin-anginan --bobol delapan kali dalam tiga pertandingan-- sementara dua kiper lain yakni Hilmansyah dan Herry Prasetya sedang dibekap cedera. Kiper keempat, Reza Arya Pratama, berpeluang menjadi starter.

2. Juru taktik PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, melihat celah untuk mencuri poin

PSM Makassar vs PSS Sleman, Demi Akhir Indah untuk Sepasang PerpisahanIDN Times/ Alfi Ramadana

Seto Nurdiyantoro dari kubu PSS Sleman enggan berkomentar banyak tentang pengunduran diri sang kolega sesama pelatih. Namun ia melihat celah yang bisa dimanfaatkan untuk mencuri poin penuh dalam lawatan ke Kota Daeng. Duduk di posisi 8, Super Elja masih berpeluang merangsek ke papan atas.

"(Perubahan) ini bisa menjadi keuntungan bagi PSM. Namun kami akan melihat sejauh mana momen ini bisa PSS Sleman manfaatkan," ujar Seto dalam kesempatan terpisah. Yevhen Bokhashvili cs setidaknya bisa bernafas lega lantaran telah memenuhi target bertahan di kasta tertinggi sepak bola nasional.

Menantang PSM, PSS harus kehilangan beberapa pemain. Bek Asyraq Gufron sedang jalani akumulasi kartu kuning, Irkham Zahrul Mila diberi waktu istirahat pasca perkuat Timnas U-22. Adapun Haris Tuharea, Brian Ferreira dan Samuel Christianson masih berkutat dengan pemulihan cedera.

Baca Juga: Mundur sebagai Pelatih PSM, Kalezic: Semua Akan Abadi dalam Hati Saya

3. Di pertemuan terakhir, Super Elja menekuk Juku Eja dengan skor tipis 3-2

PSM Makassar vs PSS Sleman, Demi Akhir Indah untuk Sepasang PerpisahanLiga-Indonesia.id

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM Makassar (4-3-3)

Reza Arya Pratama (GK); Asnawi Bahar Mangkualam, Aaron Evans, Hasyim Kipuw, Beny Wahyudi; Rizky Pellu, Rasyid Bakri, Marc Klok; M. Rizky Eka Pratama, Ferdinand Sinaga, Ezra Walian

PSS Sleman (4-3-3)

Try Hamdani Goentara (GK); Bagus Nirwanto, Alfonso de la Cruz, Purwaka Yudhi, Ardan Aras; Derry Rachman, Dave Mustaine, Guilherme Batata; Rangga Muslim, Yevhen Bokhashvili, Arsyad Yusgiantoro

Catatan pertemuan terakhir :

23/08/2019 PSS 3-2 PSM (Liga 1)

Baca Juga: Melawat ke Kandang PSS Sleman, PSM Boyong Sejumlah Pemain Muda

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya