PSM Makassar Vs Persita Tangerang: Siap Saling Jegal demi Poin Penuh

Keduanya berburu kemenangan usai sama-sama kalah pekan lalu

Makassar, IDN Times - PSM Makassar mengemban misi berat saat berhadapan dengan Persita Tangerang, Senin sore ini (7/8/2023). Pada laga pekan ketujuhBRI Liga 1 2023-2024 yang berlangsung di Indomilk Arena Tangarang tersebut, Wiljan Pluim dan kawan-kawan dituntut untuk kembali ke jalur kemenangan.

Juku Eja kembali bertekuk lutut di kandang sendiri pekan lalu. Mereka keok 1-2 dari Persik Kediri, sehingga terdampar ke papan tengah. Poin penuh sangat dibutuhkan untuk mengangkat kepercayaan diri para pemain yang sedang terpuruk.

Persita pun mengusung target serupa pada pertandingan ini. Tren positif tim besutan Luis Durán tersebut dihentikan oleh Bhayangkara FC pada Kamis pekan lalu (3/8/2023). Pendekar Cisadane tak mau bertekuk lutut dua kali beruntun di rumah sendiri.

Baca Juga: PT LIB Ubah Jadwal PSM Makassar di Liga 1 demi Kompetisi Asia

1. Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, memberi sinyal akan melakukan rotasi pemain

PSM Makassar Vs Persita Tangerang: Siap Saling Jegal demi Poin PenuhPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin sesi official training di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare pada Rabu 2 Agustus 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, mengaku laga ini akan berjalan berat. Tak cuma lantaran berlaga di hadapan suporter lawan, tapi juga Persita memiliki materi pemain yang bagus. Meski begitu, ia meminta anak asuhnya untuk tampil maksimal demi membawa pulang poin penuh.

Lebih jauh, Tavares turut menyinggung potensi rotasi sebagai cara menyiasati jadwal padat. Ada kemungknan Pasukan Ramang menurunkan susunan pemain berbeda di Indomilk Arena.

"Saya pikir sebuah tim tidak harus terpaku pada satu line up (susunan pemain) saja. Kita harus melihat pemain yang tersedia dan cocok untuk pertandingan. Secara spesfisik, apa karakteristik lawan yang bisa kita ingin manfaatkan dan pemain mana yang kita butuhkan," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Minggu kemarin (6/8/2023).

Kike Linares, Adilson da Silva, Rizky Pellu hingga Dzaky Asraf adalah nama-nama yang masih minim menit bermain sejak pekan pertama. Kejutan di starting eleven pun sudah ditunggu-tunggu oleh suporter yang menyoroti mandeknya taktik Tavares.

2. Para pemain Persita Tangerang diminta move on dari kekalahan dari Bhayangkara FC pekan lalu

PSM Makassar Vs Persita Tangerang: Siap Saling Jegal demi Poin PenuhPesepak bola Persita Tangerang Fergonzi (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Bhayangkara FC Anderson Salles (kiri) pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (3/8/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.

Di sisi lain, Luis Duran selaku juru taktik Persita Tangerang ingin anak asuhnya melupakan hasil pahit pekan lalu. Ia bahkan sudah mengevaluasi penampilan Ramiro Fergonzi cs jelang menjamu sang juara bertahan. Tak ada ruang untuk kesalahan jika mereka ingin kembali ke jalur kemenangan.

"Saya yakin dengan pemain, saya lihat setiap hari mereka bekerja dengan maksimal. Kita semua manusia, ada pertandingan yang tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Tapi itu sudah masa lalu, sekarang kita sudah fokus dan optimis. Dan untuk besok pemain sudah siap 100% untuk kerja maksimal," paparnya dalam kesempatan terpisah.

"Mudah-mudahan yang kita rencanakan bisa terjadi, dan dapat poin penuh di kandang sendiri," imbuh sosok berpaspor Chili tersebut.

Sorotan kini diarahkan pada ujung tombak Persita, Ramiro Fergonzi. Pasalnya, ia belum mencetak menjebol gawang lawan sejak pekan pertama. Bek tengah Christian Rontini bahkan lebih subur sebab sudah mengemas dua gol.

3. Juku Eja tak pernah kalah dari Pendekar Cisadane dalam tiga pertemuan terakhir

PSM Makassar Vs Persita Tangerang: Siap Saling Jegal demi Poin PenuhSalah satu momen pertandingan pekan ke-13 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Persita Tangerang di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis 8 Desember 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Persita Tangerang (4-3-3)

Aditya Harlan (GK); Fairuz Zaman Ohorella, Christian Rontini, Javlon Guseynov, Mario Jardel; Fahreza Sudin, Bae Sin-young, Mateo Bustos; Ezequiel Vidal, Ramiro Fergonzi, Irsyad Maulana

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Catatan lima pertemuan terakhir :

13/03/2023 Persita 0-0 PSM (Liga 1)

08/12/2022 PSM 3-1 Persita (Liga 1)

01/06/2022 PSM 1-1 Persita (Uji Coba)

19/02/2022 PSM 0-2 Persita (Liga 1)

01/11/2021 Persita 0-3 PSM (Liga 1)

Siapa yang akan kembali ke jalur kemenangan? Saksikan duel Persita Tangerang kontra PSM Makassar pada Senin sore ini (7/8/2023), pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: Respons Wiljan Pluim Kandang PSM Makassar Sepi Penonton 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya