PSM Makassar Vs Persis Solo, Siap Saling Sikut demi Poin Penuh

Kedua tim sama-sama mengusung misi menang

Makassar, IDN Times - Pekan ke-28 Liga 1 2022-23 mempertemukan PSM Makassar dan Persis Solo di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Minggu sore (5/3/2023). Duel ini dipastikan berlangsung seru sebab kedua tim sama-sama mengincar kemenangan.

Juku Eja jelas ingin melanjutkan tren sapu bersih selama tujuh laga beruntun, manfaatkan momentum bermain di rumah sendiri. Terlebih peluang perlebar jarak dengan pesaing terdekat, Persib Bandung, juga terbuka lantaran Maung Bandung kembali gagal bertanding. Apalagi keduanya sudah terpaut tujuh poin di papan klasemen.

Sedangkan Laskar Sambernyawa enggan mengibar bendera putih duluan meski bertamu ke kandang sang pemuncak klasemen. Anak-anak Solo punya modal mumpuni yakni catatan tandang yang cukup bagus pada putaran kedua sejauh ini. Dalam lima kali lawatan, mereka bisa sekali menang, imbang di tiga laga, dan satu kekalahan. 

1. Pemain PSM diminta waspada kepada tim lawan

PSM Makassar Vs Persis Solo, Siap Saling Sikut demi Poin PenuhPemain PSM Makassar melakukan selebrasi gol ke gawang PSIS Semarang pada pertandingan Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (19/12/2022). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom.

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, masih ingat jelas sengitnya pertemuan mereka dengan Persis di putaran pertama. Mereka harus puas dengan hasil imbang 1-1 di Manahan. Karena itu, ia memuji sang lawan sebagai contoh tim yang grafik permainannya menanjak setelah mengganti pelatih. 

"Persis Solo adalah tim yang bagus, memiliki pemain-pemain bagus juga. Semenjak pelatih baru mereka datang (Leonardo Medina, red.), mereka meningkat dari performa individual dan juga sebagai satu tim," ungkapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Sabtu kemarin (4/3/2023).

Jelang partai ini, Tavares mengaku sudah menganalisis sang lawan. Ia mengaku sudah mengantongi apa saja kelebihan dan kekurangan Persis. Di sisi lain, pelatih asal Portugal itu mewanti-wanti anak asuhnya bahwa kewaspadaan tak cuma ditujukan kepada legiun asing, tapi juga para pemain lokal.

2. Persis Solo ingin menebus hasil pahit pekan lalu

PSM Makassar Vs Persis Solo, Siap Saling Sikut demi Poin PenuhPara pemain Persis Solo merayakan gol yang dicetak ke gawang PSS Sleman dalam laga pekan ke-26 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Manahan Sleman, 21 Februari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Meski begitu, Persis kehilangan banyak pemain jelang bertandang ke Parepare. Salah satunya adalah bek tengah Jaimerson Xavier yang diganjar kartu merah saat mereka kena bekuk 3-1 oleh Bali United pekan lalu. Tapi, coach Leonardo menegaskan bahwa ia tak ingin bergantung pada satu pemain saja.

"Kita kehilangan banyak pemain belakang, tapi  kita juga memiliki banyak pemain lain yang tidak kalah bagus. Kita punya Andri Ibo, Rian Miziar, Kanu Helmiawan dan juga Sutanto Tan. Kita mampu bermain dengan baik dan mereka juga berhasil berkembang dengan bagus," ungkapnya di kesempatan terpisah.

Karena percaya dengan kualitas anak asuhnya, Leonardo pun tak ragu menargetkan poin penuh di Parepare. Hanya itu yang bisa menebus hasil buruk dari Bali United. "Kita tidak mempunyai masalah dengan laga sebelumnya karena kita harus menatap ke depan. Kita di sini untuk menang," tegas pelatih berpaspor Meksiko itu.

3. Duel di putaran pertama berakhir tanpa pemenang

PSM Makassar Vs Persis Solo, Siap Saling Sikut demi Poin PenuhSalah satu momen pertandingan pekan ke-11 BRI Liga 1 2022-23 antara Persis Solo versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Kamis 29 September 2022. (Dok. PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Agung Mannan; Yakob Sayuri, Ananda Raehan Alief, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Persis Solo (4-3-1-2)

Gianluca Pandeynuwu (GK); Gavin Kwan Adsit, Fabiano Beltrame, Rian Miziar, Eky Taufik; Sutanto Tan, Alexis Messidoro, Kanu Helmiawan; Ryo Matsumura; Fernando Rodriguez, Ferdinand Sinaga

Pertemuan terakhir : 29/09/2022 Persis 1-1 PSM (Liga 1)

Siapa yang bisa memetik poin penuh di Parepare? Saksikan duel PSM Makassar versus Persis Solo pada Minggu sore ini, pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: PSM Vs Dewa United, Lanjutkan Tren Sapu Bersih!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya