PSM Makassar Vs Persija Jakarta, Pertemuan Dua Raksasa Pincang

Sama-sama sedang berada di papan tengah klasemen Liga 1

Makassar, IDN Times - PSM Makassar memulai putaran kedua BRI Liga 1 2023-24 dengan laga klasik. Mereka akan menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat malam ini (3/11/2023). Meski begitu, duel ini ibarat pertemuan para raksasa yang sedang pincang.

PSM baru saja lepas dari tren negatif kekalahan lima kali beruntun di semua kompetisi. Setelah merangkak keluar dari jeratan papan bawah, pelahan-lahan mereka bisa kembali memetik poin. Partai ini menjadi momentum pijakan untuk melesat ke papan atas.

Persija sendiri belum bisa lepas dari performa buruk. Anak asuh Thomas Doll tak pernah menang dalam lima pertandingan terakhir. Sepanjang putaran pertama, Macan Kemayoran hanya bisa menang 4 kali. Alhasil tim ibukota bertengger di peringkat 13 klasemen sementara, tepat di bawah PSM.

Baca Juga: Thomas Doll Minta Persija Pamer Taring Lawan PSM Makassar

1. Pelatih PSM, Bernardo Tavares, membidik poin penuh sebagai kado ulang tahun ke-108 klub

PSM Makassar Vs Persija Jakarta, Pertemuan Dua Raksasa PincangPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 kontra Persija Jakarta. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, membidik tiga poin dengan percaya diri. Terlebih ini bertepatan dengan momen ulang tahun ke-108 klub yang jatuh pada hari Kamis kemarin (2/11/2023). Kian spesial sebab mereka berlaga di kandang sendiri.

"Saya ingin menyampaikan kepada semua suporter PSM Makassar untuk datang ke stadion mendukung kita. Karena kita akan melawan tim yang kuat, sekaligus merayakan ulang tahun klub ke-108," ujar pelatih berpaspor Portugal tersebut dalam sesi jumpa pers jelang pertandingan, Kamis malam.

Juku Eja kemungkinan besar tidak akan mengubah susunan pemain seperti di laga terakhir. Meski begitu, opsi rotasi pada sejumlah pos tetap bisa ditempuh untuk penyegaran. Lebih jauh, Victor Mansaray berpeluang jalani debut lantaran Tavares butuh juru gedor tambahan.

2. Juru latih Persija, Thomas Doll, percaya diri bisa membawa pulang hasil positif meski masa persiapan mepet

PSM Makassar Vs Persija Jakarta, Pertemuan Dua Raksasa PincangPelatih kepala Persija Jakarta, Thomas Doll, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan kontra PSM Makassar pada Kamis 4 Agustus 2022. (Dok. Persija.id)

Sementara itu, Thomas Doll selaku juru latih Persija berharap bisa membawa pulang hasil positif. Meski masa persiapan cenderung mepet, ia percaya anak asuhnya sanggup berbicara banyak di Parepare.

"Kami lebih fokus dalam pemulihan fisik karena jeda yang cukup pendek antara laga terakhir dan laga besok. Kami pun telah mengevaluasi kinerja tim setelah melawan PSIS," ungkapnya dalam kesempatan terpisah.

"Saya harap besok kami bisa memberikan reaksi yang bagus setelah mengalami kekalahan pekan lalu. Menurut saya untuk mengubah situasi kami yang sekarang tergantung dari kami sendiri," imbuh Thomas.

Macan Kemayoran memboyong para pilar andalannya dalam lawatan ke kandang PSM. Sebut saja Muhammad Ferrari, Firza Andika, Maciej Gajos, Riko Simanjuntak serta Ryo Matsumura.

3. Juku Eja belum pernah menang atas Macan Kemayoran di lima pertemuan terakhir

PSM Makassar Vs Persija Jakarta, Pertemuan Dua Raksasa PincangPemain PSM Makassar yakni Kenzo Nambu merayakan gol yang dicetak ke gawang Persija Jakarta pada pekan pertama BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin 3 Maret 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Dzaky Asraf, Ananda Raehan Alief, Akbar Tanjung, Muhammad Arfan, Yance Syauri; Adilson da Silva, Victor Mansaray

Persija Jakarta (4-3-3)

Andritany Ardhiyasa (GK); Oliver Bias, Muhammad Ferrari, Maman Abdurrahman, Firza Andika; Syahrian Abimanyu, Akbar Arjunsyah, Maciej Gajos; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Ryo Matsumura

Catatan lima pertemuan terakhir :

03/07/2023 Persija 1-1 PSM (Liga 1)

25/01/2023 Persija 4-2 PSM (Liga 1)

05/08/2022 PSM 1-1 Persija (Liga 1)

21/03/2022 Persija 3-1 PSM (Liga 1)

07/12/2021 PSM 0-3 Persija (Liga 1)

Apakah Pasukan Ramang mampu mempertahankan tren positif? Saksikan pertandingan PSM Makassar versus Persija Jakarta pada Jumat malam ini (3/11/2023), pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: PSM Datangkan Bek PSS Ifan Nanda dengan Status Pinjaman

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya