PSM Datangkan Bek PSS Ifan Nanda dengan Status Pinjaman

Ifan memperkuat Juku Eja hingga akhir musim 2023-24

Makassar, IDN Times - PSM Makassar meresmikan pemain rekrutan kedua pada bursa transfer tengah musim. Ia adalah Ifan Nanda yang saat ini masih berstatus sebagai penggawa PSS Sleman.

"Pesepakbola berposisi bek itu bergabung dengan Pasukan Ramang dengan status pinjaman. Dengan durasi kontrak hingga akhir musim kompetisi 2023/2024," demikian petikan pernyataan resmi PSM Makassar di situs resmi klub, Rabu malam (1/11/2023).

Baca Juga: Profil Sulthan Zaky, Bek PSM di Timnas Piala Dunia U-17

1. Ifan Nanda adalah bek tengah jebolan tim muda PSS Sleman

PSM Datangkan Bek PSS Ifan Nanda dengan Status PinjamanBek PSS Sleman, Ifan Nanda, dalam sesi pemotretan resmi tim jelang Liga 1 2023-24. (Instagram.com/ifannanda.p)

Lahir di Kudus pada 29 Maret 2001, pemilik nama lengkap Ifan Nanda Pratama tersebut adalah produk asli akademi milik Super Elja. Ia baru dipromosikan ke tim utama pada Agustus 2020, saat kompetisi nasional tiarap akibat pandemik COVID-19. Namanya pun terselip dalam skuat untuk turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Ifan Nanda baru jalani debut untuk tim senior PSS pada 16 Februari 2022. Saat itu, pelatih kepala I Putu Gede memasangnya sebagai starter untuk laga pekan ke-25 Liga 1 2021-22 kontra Bali United yang berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar.

2. Mulai bermain reguler bersama Super Elja pada musim 2022-23

PSM Datangkan Bek PSS Ifan Nanda dengan Status PinjamanBek PSS Sleman, Ifan Nanda, dalam salah satu pertandingan Liga 1 musim 2022-23. (Instagram.com/ifannanda.p)

Pemilik postur 1,81 meter tersebut mulai bermain reguler pada musim 2022-23. Saat itu, pelatih kepala Seto Nurdiyantoro memercayakan satu tempat sebagai bek tengah PSS mulai pekan ke-13. Ifan Nanda menjadi tandem untuk Nurdiansyah serta Marckho Sandy. Ia catatkan 18 penampilan dan menyumbang 1 gol.

Sayangnya, Ifan Nanda tak lagi menjadi pilihan utama saat posisi juru latih PSS dipegang oleh Marian Mihail. Sepanjang putaran pertama Liga 1 2023-24, ia hanya 9 kali menjadi pemain cadangan tanpa sekalipun merumput. Alhasil dirinya dipinjamkan ke PSM.

3. Ifan Nanda sudah mengikuti sesi latihan Pasukan Ramang pada Rabu kemarin (1/11/2023)

PSM Datangkan Bek PSS Ifan Nanda dengan Status PinjamanBek Tengah PSS Sleman, Ifan Nanda Pratama (Dok. PSS Sleman)

Bersama Victor Mansaray, Ifan Nanda sudah mengikuti latihan rutin Pasukan Ramang yang dipimpin oleh Bernardo Tavares di Stadion Kalegowa Palangga, Kamis kemarin (1/11/2023). Ini adalah persiapan PSM jelang menjamu Persija Jakarta di Parepare, Jumat besok (3/11/2023).

Lebih jauh, berembus kabar bahwa kedatangan Ifan Nanda disertai dengan tukar guling salah satu penyerang ke PSS. Ada dua striker yang kemungkinan berseragam hijau pada putaran kedua, yakni Everton Nascimento atau Adilson da Silva.

Baca Juga: Pemkot Parepare Izinkan PSM Bermarkas di GBH Lima Tahun

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya