Comscore Tracker

PSM Makassar Segera Rekrut Pemain Asing Isi Sektor Depan dan Belakang

Manajemen PSM pertahankan skuad Piala Menpora

Makassar, IDN Times - Usai finis sebagai juara empat Piala Menpora, skuad PSM Makassar akan diliburkan selama beberapa pekan. Mereka ditargetkan kembali berlatih sebelum atau setelah lebaran, sebagai persiapan menuju Liga 1 2021/22.

Dalam beberapa kesempatan, Syamsuddin Batolla selaku juru taktik mengaku enggan mengutak-atik daftar pemain PSM yang terjun ke turnamen pramusim tersebut. Sejumlah nama baru bahkan tampil moncer. Seperti bek tengah Erwin Gutawa, bek kiri Abdul Rachman dan gelandang Sutanto Tan.

Menatap musim baru, besar kemungkinan mayoritas penggawa Juku Eja sekarang akan dipertahankan oleh manajemen. Fokus pun dialihkan pada pembelian legiun asing.

1. Sebagai bagian dari persiapan jelang Liga 1, PSM sedang jajaki pembelian pemain asing

PSM Makassar Segera Rekrut Pemain Asing Isi Sektor Depan dan BelakangPesepak bola PSM Makassar melakukan selebrasi usai mengalahkan PSIS Semarang dalam pertandingan perempatfinal Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (9/4/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Rencana merekrut pemain asing disampaikan langsung coach Syam di sesi jumpa pers daring pasca laga play-off juara tiga kontra PS Sleman, Sabtu malam (24/4/2021).

"Untuk ke depannya, mungkin ada penambahan pemain termasuk pemain asing. Karena dalam hal ini kami di Piala Menpora tanpa pemain asing," katanya.

Satu-satunya pemain asing yang masih bertahan, Wiljan Pluim, sudah bergabung dengan tim sejak pekan lalu. Tetapi namanya tak terdaftar untuk Piala Menpora. 

"Willy (sapaan Wiljan Pluim) ada di Indonesia, tapi dia harus mematuhi prokes (karantina) jadi itu mungkin kendalanya. Manajemen juga berpikir ke depan bagaimana PSM bermain lebih baik lagi," sambung Syam.

Diberitakan jadi bidikan Persita Tangerang, playmaker berpaspor Belanda itu masih terikat kontrak dengan PSM hingga 2024.

2. Pemain asing rencananya akan ditempatkan pada sektor depan dan belakang

PSM Makassar Segera Rekrut Pemain Asing Isi Sektor Depan dan BelakangPesepak bola Borneo FC Samarinda Terens Owang (tengah) berusaha melewati hadangan dua pesepak bola PSM Makassar Abdul Rahman (kiri) dan Erwin Gutawa (kanan) dalam lanjutan pertandingan Piala Menpora Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (31/3/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Syam mengaku sudah menjalin komunikasi dengan manajemen. Tetapi ia enggan menjelaskan secara rinci perihal siapa saja yang sedang dijajaki. "Itu adalah rahasia. Nantilah kita lihat siapa yang datang," ujarnya.

Namun, eks pelatih kepala Persim Maros tersebut sudah punya gambaran sektor mana saja yang sangat butuh tenaga pemain asing. Ini adalah hasil amatannya atas performa Zulkifli Syukur cs di Piala Menpora.

"Kalau bocoran sih, pemain asing biasanya di depan dan belakang yang utama, (karena itu) titik vitalnya. Striker saya setelah (Patrich) Wanggai cedera, kita harus memaksimalkan yang ada. Itu yang jadi masalah," jelas Syam.

Baca Juga: Pelatih PSM Makassar Senang Pemainnya Diincar Klub Lain

3. Meski jadi buruan sejumlah tim, Yakob Sayuri menegaskan tetap bersama PSM

PSM Makassar Segera Rekrut Pemain Asing Isi Sektor Depan dan BelakangPemain PSM Makassar, Yakob Sayuri melakukan selebrasi usai mencetak gol di gawang Persija Jakarta dalam pertandingan babak penyisihan Grup B Piala Menpora, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Senin (22/3/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Di sisi lain, sejumlah penggawa Pasukan Ramang jadi komoditas panas di bursa transfer jelang Liga 1. Arema FC disebut-sebut sedang menjajaki kemungkinan merekrut kiper Hilman Syah. Sedangkan Erwin Gutawa dan Yakob Sayuri santer diberitakan jadi bidikan Persis Solo.

Menjawab kabar tersebut, Yakob menegaskan bahwa dirinya tidak ke mana-mana. "Yang harus saya tekankan adalah saya terikat kontrak dengan PSM. Yang beredar di media sosial, biarkan saja berkembang. Yang pastinya saya bertahan di PSM," ungkapnya dalam sesi jumpa pers prapertandingan, Jumat silam (23/4/2021).

Baca Juga: PSM Gagal Raih Juara Tiga Piala Menpora 

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya