Comscore Tracker

PSM Makassar Sayangkan Jadwal Liga 1 2020 Kembali Berubah

Perubahan jadwal saat restart Liga 1 kurang dari sepekan

Makassar, IDN Times - Kurang dari sepekan sebelum Liga 1 2020 kembali dilanjutkan, jadwal pertandingan ternyata kembali diubah. Laga PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya yang seharusnya jadi laga pembuka pada Kamis 1 Oktober 2020 berganti dengan pertandingan lain.

Seperti dikutip dari situs resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada Sabtu (26/9/2020), perubahan status homebase sejumlah tim Liga 1 di detik-detik terakhir jadi alasan utama.

"Seperti Persebaya yang belum menentukan homebase-nya, Madura United pindah ke Pamekasan, Persipura Jayapura ke Kanjuruhan, dan Bhayangkara FC ke Kelapa Dua, Tangerang," kata Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

"Maka (ini) akan sangat berpengaruh terhadap pertandingan pertama dan laga-laga berikutnya," dia melanjutkan.

Baca Juga: AFC Cup 2020 Dihentikan, PSM Makassar: Kita Harus Legawa

1. Pemindahan homebase sejumlah tim Liga 1 jadi alasan jadwal kembali diubah

PSM Makassar Sayangkan Jadwal Liga 1 2020 Kembali BerubahDirektur Operasional PT LIB Sudjarno (kiri) dan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita (kanan) berbicara dalam Manager Meeting Extraordinary Competition Shopee Liga 1 2020 di Hotel Sheraton, Bandung, Senin (21/9/2020). (Liga-Indonesia.id)

Seluruh pertandingan di pekan ke-8 dimajukan ke pekan ke-4, atau pekan pembuka Liga 1 2020 setelah vakum sejak bulan Maret. Maka, alih-alih menjamu Persebaya di Stadion Maguwoharjo Sleman, PSS bakal menerima lawatan tim promosi Persik Kediri.

PSM Makassar sendiri menyayangkan "kocok ulang" jadwal kompetisi ketika restart sudah di depan mata. Alhasil program persiapan Zulkifli Syukur cs yang telah dirancang oleh tim pelatih harus kembali dirombak.

"Padahal sudah dekat pertandingan. Skenario yang disusun tim jadi berubah lagi," ungkap Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim pada IDN Times, Sabtu (26/9/2020) sore.

2. Skenario latihan dan koordinasi PSM dengan panitia pelaksana harus ikut berubah

PSM Makassar Sayangkan Jadwal Liga 1 2020 Kembali BerubahPara pemain PSM Makassar saat mengikuti sesi latihan perdana jelang restart Liga 1 2020 di Bosowa Sport Center pada hari Senin (21/9/2020). (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Sule -sapaan Sulaiman- menyebut dampak perubahan tak cuma dirasakan oleh pemain dan pelatih. Koordinasi dengan panitia pelaksana pun ikut berubah, lantaran sebelumnya mengikuti jadwal versi pertama.

"Belum lagi dari segi kepanpelan yang juga sudah menyusun rencana. Setelah berubah, ya artinya perencanaan dan persiapan berubah lagi," katanya.

Dalam jadwal sebelumnya, PSM akan bertandang ke Sleman sebagai tamu Persiraja Banda Aceh di pekan keempat. Namun di versi baru, Juku Eja langsung menjalani partai keras kontra Persib Bandung si pemuncak klasemen sementara, di Stadion Sultan Agung Bantul.

Hari pertandingan tak berubah, masih Minggu 4 Oktober 2020. Namun waktu laga digeser dari 15.30 WIB ke 20.30 WIB.

3. Lima pemain tim utama PSM sudah ikut berlatih, salah satunya bek tengah Abdul Rahman Sulaeman

PSM Makassar Sayangkan Jadwal Liga 1 2020 Kembali BerubahBek tengah PSM Makassar, Abdul Rahman Sulaeman, saat mengikuti pemusatan latihan tim di Lapangan Politeknik Pelayaran Barombong, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/9/2020). (Instagram.com/psm_makassar)

Jalani lanjutan musim 2020, Pasukan Ramang memilih Stadion Sultan Agung Bantul sebagai homebase selama Extraordinary Competition. Mereka bakal berbagi dengan dua tim papan atas yakni Persija Jakarta dan Bali United.

Sementara itu dari pemusatan latihan PSM, sejumlah penggawa dari tim senior sudah ikut bergabung. Antara lain Bayu Gatra, Firza Andika, Ahmad Agung, Mizwar Saputra dan Abdul Rahman Sulaeman yang sempat diisukan bakal dipinjamkan ke PSMS Medan. Dengan ini sudah ada 17 pemain tim utama telah datang, minus para pemain asing.

Sesuai rencana, tim akan berangkat ke Yogyakarta pada hari Minggu besok, 27 September 2020, begitu training camp selama sepekan rampung.

Baca Juga: Liga 1 Tidak Wajibkan Pemain U-20, PSM: Terserah Pelatih

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya