PSM Makassar Perpanjang Catatan Buruk Madura United di Mattoanging

Pasukan Ramang menang berkat gol semata wayang Marc Klok

Makassar, IDN Times - Setelah sebelumnya secara megejutkan dibekuk Persija, PSM berhasil menebus poin penuh yang lepas dari genggaman pada pekan ke-24 Shopee Liga 1 2019. Menjamu Madura United di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging pada Kamis (24/10) sore, Wiljan Pluim cs berhasil menang dengan skor 1-0.

Setelah cukup lama absen akibat cedera lutut, Amido Balde akhirnya kembali dalam daftar nama pengisi tim utama. Alih-alih kembali ditempati Raphael Maitimo, pos bek tengah tandem Aaron Evans diserahkan pada Hasyim Kipuw. Madura United tak main-main dengan misi memetik poin di Makassar. Mereka langsung menurunkan lima pemain bertipe menyerang.

Baca Juga: [BREAKING] Penalti Marc Klok Menangkan PSM Atas Madura United

1. Tak ada gol berhasil diciptakan sepanjang babak pertama

PSM Makassar Perpanjang Catatan Buruk Madura United di MattoangingInstagram.com/maduraunited.fc

Selepas peluit sepak mula dibunyikan, PSM langsung tampil menggigit. Menit ke-4, tembakan winger M. Rizky Eka Pratama, yang kali ini beroperasi di sisi kiri, berhasil dihalau oleh kiper MUFC yakni Muhammad Ridho. Namun selepas sepuluh menit pertama, tak ada lagi peluang emas mampu diciptakan oleh kedua tim.

Laga berjalan dalam tempo sedang. Setiap serangan selalu berakhir di sektor belakang. Situasi sepak pojok dan tendangan bebas gagal memberi keuntungan bagi masing-masing tim. Kerugian justru menimpa Madura United. Pergantian mengejutkan justru dilakukan Rasiman. Beto Goncalves ditarik keluar pada menit ke-24 dan digantikan oleh gelandang M. Guntur Ariyadi. Tak ada gol tercipta hingga masuk masa turun minum.

2. Meski tampil menyerang di sisa waktu, anak asuh Rasiman gagal mencetak gol balasan

PSM Makassar Perpanjang Catatan Buruk Madura United di MattoangingInstagram.com/maduraunited.fc

Tensi pertandingan baru meningkat pasca jeda antar babak. Juku Eja akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-57. Bek MUFC, Andik Rendika Rama, mendorong Amido Balde ketika berusaha menyambut umpan silang kiriman M Rizky Eka. Wasit Thoriq Alkatiri tanpa pikir panjang langsung menunjuk titik penalti. Marc Klok, yang ditunjuk sebagai eksekutor tembakan duabelas pas menunaikan tugasnya dengan sempurna. PSM memimpin 1-0.

Tertinggal satu angka, Laskar Sape Kerrab langsung tampil lebih agresif dengan memanfaatkan serangan balik cepat. Berturut-turut Andik Rendika Rama, Andik Vermansyah hingga Greg Nwokolo mengancam benteng terakhir PSM. Beruntung, Aaron Evans dan kiper Rivky Mokodompit masih sigap mengamankan gawang dari ancaman gol balasan.

3. Anak asuh Darije Kalezic perpanjang catatan buruk Laskar Sape Kerrab di Mattoanging

PSM Makassar Perpanjang Catatan Buruk Madura United di MattoangingANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Hingga waktu normal rampung, skor 1-0 tak berubah. Raihan poin penuh di Mattoanging membawa PSM ke peringkat 8 klasemen sementara dengan koleksi 33 poin, menggeser Persebaya Surabaya.

Adapun Greg Nwokolo cs gagal memangkas jarak dengan sang pemuncak klasemen sementara, Bali United. Mereka kini terpisah 10 angka dengan Serdadu Tridatu. Rekor buruk Madura United ketika bertandang ke Mattoanging sejak 2016 pun belum berhasil diputus.

Pada pekan selanjutnya, Pasukan Ramang akan bertandang ke markas Bhayangkara FC pada hari Selasa (29/10) mendatang. Tim yang dinahkodai Paul Munster tersebut baru saja ditahan imbang tanpa gol oleh Persib Bandung, Rabu (23/10).

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya