PSM Makassar Juara Liga 1, Jusuf Kalla: Kali Ini Anda Membuktikan

JK bangga atas raihan PSM Makassar sebagai juara Liga 1

Makassar, IDN Times - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, menyampaikan selamat atas prestasi PSM Makassar yang berhasil menjadi juara BRI Liga 1 Indonesia musim 2022/2023. Juku Eja memastikan gelar juara setelah membungkam tuan rumah Madura United dengan skor 1-3, Jumat (31/3/2023).

Jusuf Kalla yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSM Makassar di tahun 1980 hingga 1990 mengaku bahagia dengan raihan juara Pasukan Ramang.

"Dalam suasana persepakbolaan Indonesia ini yang memprihatinkan, kita ucapkan selamat kepada PSM Makassar yang memberikan kegembiraan khususnya rakyat di Makassar, Sulawesi Selatan," kata Jusuf Kalla di Yogyakarta, Jumat malam.

1. JK mengaku bangga

PSM Makassar Juara Liga 1, Jusuf Kalla: Kali Ini Anda MembuktikanANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

JK juga mengaku bangga atas prestasi PSM Makassar di BRI Liga 1 2022/2023 ini. Apalagi di mata JK, PSM sudah lama tidak merasakan juara liga.

"Sekali lagi, saya ingin menyampaikan selamat untuk anda semua, para anak-anakku, pemain yang hebat, yang bisa juara setelah sekian lama PSM tidak merasakan juara di liga maupun pertandingan nasional," ujarnya lagi.

"Kali ini anda membuktikan bahwa anda bisa," imbuhnya.

2. PSM memastikan gelar juara BRI Liga 1

PSM Makassar Juara Liga 1, Jusuf Kalla: Kali Ini Anda MembuktikanKapten tim dan gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, ketika akan mengeksekusi tendangan penalti dalam sebuah pertandingan AFC Cup 2019. (the-afc.com)

Gelar juara bagi PSM Makassar diraih usai mereka mengalahkan Madura United dengan skor 1-3. Pada pertandingan itu, Juku Eja langsung memimpin di awal babak pertama berkat dua gol Wiljan Pluim, masing-masing pada menit ke-4 dan ke-10.

Kenzo Nambu ikut menyumbang angka pada menit ke-47 lewat tembakan lob jarak jauh indahnya. Madura United hanya bisa perkecil ketinggalan lewat sundulan Lulinha saat laga berusia 51 menit.

Baca Juga: 23 Tahun Menanti, PSM Makassar Kembali Juara Liga 1, EWAKO!

3. Kembali juara usai menunggu 23 tahun

PSM Makassar Juara Liga 1, Jusuf Kalla: Kali Ini Anda MembuktikanPara pemain PSM Makassar berpose sebelum pertandingan pekan ke-19 BRI Liga 1 2022-23 versus PSM Makassar di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 20 Januari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Poin penuh di Pamekasan membuat PSM mengantongi nilai 72. Persib Bandung di saat bersamaan gagal menang atas Persija Jakarta dalam laga tunda pekan ke-28. Dalam duel klasik yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi tersebut, Pangeran Biru dibekuk dua gol tanpa balas. Masing-masing lewat gol Riko Simanjuntak dan Michael Krmencik.

Perolehan Persib tetap di angka 59, dan terpisah 13 poin dari PSM. Kekalahan ini menutup peluang anak asuh Luis Milla tersebut terus bersaing di perebutan gelar juara. Bahkan meski Persib menyapu bersih tiga laga tersisa, dengan catatan PSM terus menerus kalah, jarak mereka dengan PSM masih terpaut 4 poin.

Ini jadi gelar keenam mereka sepanjang sejarah. Terakhir kali trofi liga diboyong ke Makassar yakni pada Ligina musim 1999-2000, saat PSM diasuh duo pelatih Henk Wullems dan Syamsuddin Umar.

Baca Juga: [BREAKING] PSM Makassar Pastikan Diri Juara BRI Liga 1 2022-23

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya