PSM Makassar Borong Perhargaan Liga 1 Bulan Februari 2023

Pembuka kans gelar individu musim ini?

Makassar, IDN Times - PSM Makassar memborong tiga penghargaan BRI Liga 1 2022-23 untuk bulan Februari 2023. Mulai dari Player of the MonthYoung Player of the Month sampai Coach of the Month. Ini berdasarkan hasil penilaian tim Technical Study Group (TSG) milik PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Ini diumumkan melalui akun Instagram resmi @liga1match pada Selasa lalu (4/4/2023). Sedangkan penyerahan trofi sendiri sudah dilakukan pada Kamis lalu (30/3/2023), atau sehari sebelum duel pekan ke-31 yang mempertemukan Madura United dan PSM Makassar.

1. Wiljan Pluim menjadi pemain terbaik Liga 1 di Februari 2023

PSM Makassar Borong Perhargaan Liga 1 Bulan Februari 2023Pesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barito Putera pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Kamis (9/2/2023). ANTARA FOTO/Erick Didu/abhe/nym.

Sang kapten tim, Wiljan Pluim, didapuk sebagai pemain terbaik di Februari 2023. Ia bermain penuh dalam enam pertandingan pada bulan tersebut, serta menyumbang sepasang gol plus satu asis. Perannya di lini tengah sekaligus pengalir bola masih sangat krusial, meski usianya sudah tak muda lagi.

"Terimakasih kepada semua orang yang sudah memilih saya sebagai pemain terbaik di Februari 2023. Terima kasih pada pelatih, kita sering berbicara dan ini adalah capaian tim juga," ujar gelandang 34 tahun tersebut saat menerima trofi dari Direktur Operasional PT LIB yakni Sudjarno.

2. Etos kerja membuat Ananda Raehan diberi pemain muda terbaik

PSM Makassar Borong Perhargaan Liga 1 Bulan Februari 2023Salah satu momen laga pekan ke-18 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus PSS Sleman di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Sabtu 14 Januari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Gelar pemain muda terbaik Liga 1 Februari 2023 diraih oleh gelandang box-to-box Ananda Raehan Alief. Jebolan PSM U-20 tersebut tak pernah absen sepanjang bulan tersebut, meski lebih banyak turun sebaga pemain pengganti. Dengan total waktu merumput hanya 155 menit, etos kerja dan determinasi yang ia perlihatkan jadi alasan tim TSG untuk memberinya penghargaan.

Yang unik, Ananda melakoni tiga peran berbeda sepanjang Februari. Yakni gelandang tengah, gelandang bertahan dan gelandang serang. Ia rutin "mengganggu" pemain lawan dengan teknik pressure daerah sehingga ruang mengoper berkurang drastis.

Baca Juga: Penjelasan Ahmad Amiruddin usai PSM Takluk 4-0 dari PSIS

3. Enam kemenangan beruntun memberi Tavares trofi individu bulanan pertamanya

PSM Makassar Borong Perhargaan Liga 1 Bulan Februari 2023Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 kontra Persija Jakarta. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sang pelatih kepala, Bernardo Tavares, ditahbiskan sebagai pelatih terbaik Februari 2023, sekaligus jadi trofi bulanan pertamanya selama menukangi PSM. Ini berkat keberhasilan menyapu bersih enam pertandingan di bulan tersebut dengan kemenangan, dan sukses mengantongi 18 poin berharga dalam perburuan gelar juara.

Meski begitu, Tavares enggan menganggapnya sebagai raihan individu. "Kami kalah dan menang bersama, jadi penghargaan ini untuk tim ini. Selamat kepada kami semua," kata juru taktik asal Portugal tersebut.

Akankah ketiganya menyabet penghargaan serupa di masing-masing kategori untuk musim 2022-23?

Baca Juga: Dekat dari Makassar, Pangkep Dianggap Cocok Jadi Markas PSM

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya