Dekat dari Makassar, Pangkep Dianggap Cocok Jadi Markas PSM

DPRD Pangkep mendorong Pemkab menawarkan diri ke PSM

Makassar, IDN Times - Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) dianggap layak menjadi markas tim sepak bola kebanggaan Sulawesi Selatan, PSM Makassar. Sebab secara geografis, letaknya lebih dekat dari Makassar dibandingkan markas PSM saat ini di Kota Parepare.

Pendapat itu diungkapkan Ketua DPRD Pangkep Haris Gani. Dia mengaku menerima banyak masukan dari masyarakat agar mendorong Pemkab Pangkep menawarkan diri jadi markas PSM. Apalagi Pemkab punya infrastruktur berupa Stadion Andi Mappe di Kota Pangkep yang dinilai memenuhi standar untuk pertandingan sepak bola nasional.

"Kalau bermarkas di Pangkep yang jaraknya hanya sekitar 60 kilometer dari Makassar, PSM dapat menghemat tenaga dan irit dalam biaya. Begitu juga tim tamu yang datang untuk bertanding melawan PSM Makassar sebagai tim tuan rumah," kata Haris lewat pernyataannya yang diterima, Jumat (7/4/2023).

Di Liga 1 musim 2022/2023, PSM menetapkan Stadion Gelora BJ Habibie di Kota Parepare sebagai homebase. PSM menggelar partai kandang di luar kota karena markas mereka selama ini, Stadion Mattoanging Makassar, tak kunjung dilanjutkan renovasinya.

Baca Juga: Nilai Pasar Pemain PSM Melejit usai Juara Liga 1, Siapa Termahal?

1. Keamanan suporter turut jadi pertimbangan

Dekat dari Makassar, Pangkep Dianggap Cocok Jadi Markas PSMIlustrasi suporter PSM Makassar. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Menurut Haris, keamanan dan kenyamanan suporter turut jadi pertimbangan untuk mengusulkan Pangkep jadi markas PSM. Selama ini suporter dari Makassar menempuh perjalanan jauh menuju Parepare untuk mendukung timnya bertanding. Jarak yang ditempuh mencapai 300 kilometer pergi-pulang, dengan sebagian besar mereka mengendarai sepeda motor.

"Sangat berisiko tinggi bagi mereka menempuh perjalanan jauh di malam hari sepulang menonton, mendukung PSM," ucap Haris.

PSM merupakan satu-satunya klub wakil Sulsel, bahkan Indonesia Timur, di kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia. Namun, menurut Haris, terlalu naif membiarkan suporter menyabung nyawa menempuh perjalanan jauh.

"Bagaimana pun, keselamatan warga pencinta PSM mutlak diperhatikan juga, sebagai apresiasi terhadap dukungan suporter kepada PSM, tim kebanggaan warga Sulsel," dia menambahkan.

2. Kehadiran PSM bisa membangkitkan perekonomian masyarakat

Dekat dari Makassar, Pangkep Dianggap Cocok Jadi Markas PSMKetua DPRD Pangkep Haris Gani. (Dok. Istimewa)

Menurut Haris, Pemkab dalam hal ini Bupati Pangkep bisa menjajaki kerja sama dengan PSM. Selain bernilai manfaat bagi PSM dan suporter setianya, menjadikan Pangkep sebagai markas juga dapat berkontribusi positif bagi daerah dan masyarakat setempat. Termasuk dalam mendorong perputaran ekonomi.

"Kita tahu grup usaha PSM ini memiliki jaringan luas dan pengalaman bisnis yang panjang. Kerja sama lain yang bisa dijalin antara Pemkab Pangkep dengan grup PSM antara lain pembangunan kompleks olahraga yang lebih komprehensif, bukan hanya dalam hal pembangunan dan penyediaan stadion untuk digunakan sebagai markas PSM," ucap Haris.

3. Pangkep jadi penyangga Makassar untuk event olahraga nasional

Dekat dari Makassar, Pangkep Dianggap Cocok Jadi Markas PSMPemandangan lapangan sepak bola Stadion Andi Mappe di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. (pangkepkab.go.id)

Dukungan juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Pangkep Sofyan Razak. Legislator Gerindra itu menyebut kerja sama antara PSM sebagai swasta dengan pemerintah bisa saling menguntungkan. Selain tujuan mengembangkan olahraga, kerja sama bisa jadi upaya mendorong pembangunan daerah.

"Peluang kerja sama seperti itu sangat dimungkinkan untuk diterapkan di daerah, karena keterlibatan swasta putra daerah membangun daerah juga patut, bahkan harus diprioritaskan," kata Sofyan.

Menghadirkan PSM, menurut Sofyan, juga dapat menjadi pintu masuk bagi Pangkep untuk menyelenggarakan event-event olahraga hingga tingkat nasional maupun internasional. Apalagi secara geografis dan potensi daerah, posisi Pangkep sangat strategis.

"Pangkep dapat menjadi penyangga bagi Makassar untuk kegiatan-kegiatan olahraga berskala nasional. Kolaborasi ini juga dapat menjadi model pembangunan dan pengembangan daerah yang dilakukan bersama antara pemerintah daerah dan pengusaha daerah," Sofyan menambahkan.

Baca Juga: Sejak Awal Musim, Yuran Fernandes Sudah Berfirasat PSM Juara

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya