PSM Hormati Rekomendasi FIFA soal Jadwal Liga 1 Diubah

Juku Eja tetap berlatih meski status kompetisi belum jelas

Makassar, IDN Times - PSM Makassar tetap berlatih kendati belum jelas kapan kompetisi BRI Liga 1 dilanjutkan. Ini disampaikan manajer tim Bernardo Tavares, saat memimpin sesi latihan di Lapangan Syekh Yusuf Sungguminasa pada Minggu sore (9/10/2022).

Ini disebut jadi satu-satunya opsi, mengingat belum ada informasi terkini kapan kompetisi dilanjutkan dari PT. Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI.

"Saya tidak tahu tentang itu. Kita tinggal tunggu saja keputusan resmi. Saya tidak tahu apakah itu tanggal 13 dan 18. Yang kita bisa lakukan adalah kita siap setiap saat untuk bertanding," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Bagaimana Suporter PSM Makassar Jaga Tim Kesayangan saat Kalah-Menang

1. PSM tetap berlatih meski belum ada kabar kapan Liga 1 akan dilanjutkan

PSM Hormati Rekomendasi FIFA soal Jadwal Liga 1 DiubahSkuat PSM Makassar berpose jelang laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, 27 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Wiljan Pluim dkk sendiri sempat diliburkan pada hari Jumat (7/10/2022) hingga Sabtu (8/10/2022), setelah berlatih selama dua hari di Stadion Kalegowa Pallangga. Di tengah ketidak pastian, manajemen memutuskan PSM tetap beraktivitas sembari menunggu instruksi lanjutan.

Di saat bersamaan, Madura United dan Persija Jakarta meliburkan segala aktivitas hingga waktu yang belum ditentukan. Tapi sebelum rehat, Macan Kemayoran sempat melakukan uji coba tertutup melawan Bhayangkara FC di Nirwana Park, Bojongsari pada Sabtu pagi lalu (8/10/2022).

2. Meski dianggap kurang ideal, Bernardo Tavares hanya bisa pasrah atas rekomendasi FIFA

PSM Hormati Rekomendasi FIFA soal Jadwal Liga 1 DiubahPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat mengamati permainan anak asuhnya di laga pembuka Grup D Piala Presiden 2022 konta Arema FC di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, 11 Juni 2022. (PialaPresiden.id)

Selain itu, dalam surat FIFA ke Presiden Joko Widodo pada Rabu lalu (5/10/2022), induk sepak bola dunia merekomendasikan agar semua pertandingan diselenggarakan pada Sabtu-Minggu, dan tak melewati pukul 17.00 waktu setempat. Meski menganggapnya kurang ideal, Tavares hanya bisa pasrah menerima.

"Saya pikir mustahil untuk bisa disesuaikan dengan jadwal yang sudah dibuat. Tapi kita semua harus hormat. Saya sudah pernah merasakan liga yang pertandinggan dimainkan pada hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu," kata pelatih berpaspor Portugal itu.

"Tapi saya paham rekomendasi FIFA ini diambil setelah tragedi yang terjadi (Tragedi Kanjuruhan, red.). Saya hanya pelatih PSM Makassar, dan bukan pengambil keputusan," imbuh Tavares.

3. Seluruh klub peserta Liga 1 masih menunggu lampu hijau dari pemerintah

PSM Hormati Rekomendasi FIFA soal Jadwal Liga 1 DiubahLogo BRI Liga 1 2021/22 (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Di sisi lain, perwakilan 18 klub Liga 1 2022-23 menyatakan siap menunggu lampu hijau dari pemerintah terkait kapan melanjutkan kompetisi. Ini diambil dalam pertemuan para manajer pada Sabtu silam (8/10/2022).

"Bahwa pertemuan rekan-rekan klub di Kemenpora akan dijadikan rujukan LIB bersama PSSI untuk berkoordinasi lebih intensif. Tentu menjadi kewajiban LIB, PSSI bersama-sama semuanya melakukan langkah-langkah koordinasi yang intensif untuk bisa mendapatkan kepastian," ungkap Direktur Operasional LIB, Sudjarno, dalam pertanyaan tertulis.

Kompetisi teratas sepak bola Indonesia tersebut sedang jalani masa penundaan selama dua pekan sejak 1 Oktober silam.

Baca Juga: Masa Jeda Liga 1 Ditambah, Skuat PSM Makassar Tetap Latihan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya