Profil Kike Linares, Ksatria Spanyol Pengawal Lini Belakang PSM

Akan menjadi tanden Yuran Fernandes di lini belakang

Makassar, IDN Times - Kike Linares resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSM Makassar musim 2023-24 lewat unggahan di akun Instagram @psm_makassar, Sabtu (3/6/2023). Ia dikenal publik lantaran menjadi penggawa Timnas Filipina.

Pemilik nama lengkap Enrique Linares Fernández tersebut resmi berpisah dengan klub Thai League 1, Lamphun Warriors, sejak 15 Mei silam. Bek tengah yang masih berusia 23 tahun itu juga baru setahun menjajal peruntungan di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Baca Juga: Adilson da Silva dan Kike Linares Lengkapi Kuota Pemain Asing PSM

1. Memulai karier sebagai pesepak bola bersama klub divisi empat Spanyol, El Palo FC

Profil Kike Linares, Ksatria Spanyol Pengawal Lini Belakang PSMPemain anyar PSM Makassar, Kike Linares, saat masih membela klub UD San Pedro pada musim 2021-22. (Instagram.com/kikelinaresfdez)

Pemain kelahiran Cadiz, 12 Juli 1999 tersebut mulai menimba ilmu bal-balan sejak berusia 10 tahun. Ia pun sempat memperkuat dua tim muda lokal yakni Vázquez Cultural (2010-17) dan 26 De Febrero (2017-18).

Ia memulai karier profesionalnya dengan memperkuat klub divisi empat (Tercera División) El Palo FC untuk musim 2018-19. Meski hanya tampil di tiga pertandingan, Kike yang saat itu masih berusia 19 tahun bisa mencetak satu gol.

Masuk 2019-20, Kike digaet oleh sesama klub Tercera División yakni Unión Deportiva Montijo. Bersama klub yang bermarkas di Kota Montijo tersebut, ia mulai mendapat menit bermain lebih banyak dengan tampil dalam 10 laga. Tapi pada tengah musim, pemain yang biasa menempati pos tengah itu pindah ke klub Liga Gibraltar, FC Bruno's Magpies.

Baca Juga: Jadi Tembok Baru, Ini Alasan Kike Terima Tawaran PSM

2. Kike merantau keluar untuk pertama kali musim 2022-23, dengan Thailand sebagai tujuannya

Profil Kike Linares, Ksatria Spanyol Pengawal Lini Belakang PSMPemain baru PSM Makassar, Kike Linares, saat masih bermain di Lamphun Warriors pada musim 2022-23. (Facebook.com/Lamphun Warriors)

Hanya setengah musim di Gibraltar, Kike kembali ke Spanyol sebagai pemain klub divisi lima (División de Honor) asal wilayah Andalusia yaitu UD San Pedro. Di sini, pemilik postur 1,87 meter itu mulai dipercaya bermain reguler.

Dua musim bersama klub tersebut, Kike tampil di 48 laga dan mencetak 5 gol. Pada musim 2021-22, ia ikut andil dalam keberhasilan promosi ke Tercera División. Tapi, UD San Pedro hanya harus degradasi lagi lantaran finis di peringkat 15 Grup 9 yang berisi klub-klub Andalusia Timur dan Melilla.

Dua tahun beredar di Spanyol, ia memutuskan merantau ke Asia Tenggara. Lamphun Warriors jadi tujuan pertamanya. Kike langsung menjadi salah satu pilar penting di lini belakang tim berjulukThe White Bulls tersebut. Total 20 penampilan ia catatkan (1.405 menit), plus turut menyumbang tiga gol.

3. Dipanggil memperkuat Timnas Filipina U-23 pada ajang SEA Games 2021 Vietnam

Profil Kike Linares, Ksatria Spanyol Pengawal Lini Belakang PSMPemain baru PSM Makassar, Kike Linares (barisan belakang, dua dari kanan), saat tampil bersama Timnas Filipina U-23 dalam SEA Games 2021 Vietnam. (Instagram.com/oskarikekk)

Kike berkesempatan membela Filipina di ajang sepak bola internasional lantaran memiliki keturunan Filipino dari sang nenek. Debut bersama The Azkals terjadi pada Maret 2022, dalam laga uji coba kontra Malaysia. Ia pun sempat tampil di ajang SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam, sebagai bagian dari Timnas U-23.

Selain bek tengah yang jadi pos utamanya, Kike juga bisa dipasang sebagai bek kanan atau bek kiri. Kehadiran Kike sendiri dipercaya bisa menambah kekuatan sektor belakang Pasukan Ramang. Terlebih lini tersebut kerap terlihat pincang ketika tak diperkuat salah satu pilar utamanya.

Bienvenido a Makassar! Selamat datang di Makassar, Kike!

Baca Juga: Terjawab Sudah! Yuran Fernandes Perpanjang Kontrak 3 Tahun di PSM

Topik:

  • Aan Pranata
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya