Comscore Tracker

Profil dan Fakta Golgol Mebrahtu Striker Baru PSM, Sering Puasa Gol

Kariernya diselingi cedera dan inkonsistensi

Makassar, IDN Times - Terkuak sudah teka-teki siapa striker baru PSM Makassar yang selama ini mengundang rasa penasaran. Melalui akun Instagram resminya, manajemen Juku Eja memperkenalkan Golgol Mebrahtu asal Australia sebagai ujung tombak anyar di sisa musim 2021/22.

"Saya akan bergabung dengan tim (di Bali) setelah menyelesaikan masa karantina," ujar Golgol dalam video perkenalan berdurasi 33 detik yang diunggah pada Selasa siang (10/1/2022).

Dengan ini, dipastikan ia akan menggeser gelandang Bektur Talgat Uulu dari slot pemain Asia. Tapi, langkah Golgol ini dibayangi "kutukan." Sejak tahun 2017, seluruh penyerang Asia yang direkrut malah tampil tak memuaskan.

Lantas seperti apa sepak terjang Golgol sebelum resmi jadi bagian dari PSM Makassar? Berikut IDN Times merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Memulai karier profesional bersama klub Gold Coast United

Profil dan Fakta Golgol Mebrahtu Striker Baru PSM, Sering Puasa GolGolgol Mebrahtu saat memperkuat tim A-League Melbourne Heart di musim 2012/13. (Dok. Melbourne City FC)

Golgol Tedros Mebrahtu lahir di Khartoum, ibu kota Sudan, pada 28 Agustus 1990. Kedua orangtuanya sendiri berasal dari negara tetangga yakni Eritrea. Tapi, situasi kacau akibat Perang Ethiopia-Eritrea (Mei 1998-Juni 2000) memaksa mereka pindah ke Australia sebagai pengungsi pada 1999, saat Golgol kecil berusia 9 tahun.

Sama seperti imigran Afrika lainnya, Golgol menaruh minat pada sepak bola. Ia menimba ilmu bal-balan dengan bergabung ke sejumlah klub lokal di sekitar tempat tinggalnya yakni Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland. Ada Brisbane Northern Districts, Brisbane Olympic, akademi milik klub A-League yakni Gold Coast United dan Brisbane Strikers.

Dalam sebuah wawancara dengan APN pada 2016, Golgol menyebut sepak bola membantu masa integrasinya dengan kehidupan di Australia.

Pada Juni 2009, di usia 18 tahun, ia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Gold Coast United (GCU). Tapi di sepanjang A-League 2009/10, Golgol hanya tampil 6 kali tanpa sekalipun mencetak gol. Masuk musim 2010/11, ia masih dihinggapi paceklik. Jalani 8 laga dengan GCU saat itu, Golgol tak sekalipun menggetarkan jala gawang lawan. Satu-satunya hal positif adalah ia dipanggil memperkuat Timnas Australia U-23 di satu laga saja.

Masuk musim 2011/12, catatannya bersama GCU membaik. Tampil di 12 laga, 7 diantaranya sebagai starter, Golgol bisa menyumbang sebiji asis. Dengan catatan tanpa gol sepanjang 26 pertandingan, Gold Coast United tak memperpanjang kontrak tiga tahunnya.

2. Jalani dua setengah musim di Western Sydney Wanderers tanpa sekalipun mencetak gol

Profil dan Fakta Golgol Mebrahtu Striker Baru PSM, Sering Puasa GolGolgol Mebrahtu saat masih bermain untuk klub Mlada Boleslav di musim 2016/17. (fkmb.cz)

Jelang pentas A-League 2012/13, Golgol Mebrahtu direkrut Melbourne Heart (kini Melbourne City FC). Baru debut di pekan ke-10, ia mencetak gol kemenangan atas Perth Glory sebagai pemain pengganti. Terdengar menjanjikan, tapi manajer John Aloisi lebih banyak memplotnya sebagai supersub. Ia tampil 10 kali sebagai subtitusi dari 14 laga, dan cuma mencetak 4 gol. Musim 2013/14 lebih apes lagi, Golgol tak sekalipun menjebol gawang lawan dari 12 kali penampilan. Tak puas dengan performanya, Melbourne Heart memutus kontraknya pada Februari 2014.

Ia menghabiskan putaran kedua A-League 2013/14 sebagai pemain tim papan atas Western Sydney Wanderers (WSW). Tapi laga debutnya di pekan ke-22 kontra Sydney FC berakhir buruk. Masuk sebagai pemain pengganti, ia ditarik keluar enam menit berselang lantaran alami cedera parah. Sobek ligamen membuatnya harus melewatkan absen hingga akhir musim. Golgol bahkan tak bisa tampil di Liga Champions Asia (LCA) 2014, padahal saat itu WSW keluar sebagai juara.

Dewi fortuna tak juga memihaknya sampai A-League 2014/15. Lantaran cedera panjang, nama Golgol tak didaftarkan dalam skuad WSW musim tersebut. Meski bisa tampil di LCA 2014, penampilannya gagal memikat manajer saat itu yakni Tony Popovic. Golgol baru tampil pada laga pekan terakhir kontra Perth Glory sebagai pengganti di menit ke-71.

Di musim 2015/16, Golgol sudah sembuh dari cedera. Tapi kesempatan bermain di tim utama masih jarang diberi. Bermain di 7 pertandingan, lagi-lagi ia gagal mencetak angka. Hingga kontrak Golgol habis, ia tak kunjung mengakhiri puasa gol selama dua setengah musim.

3. Performanya tak kunjung membaik saat merantau ke Eropa

Profil dan Fakta Golgol Mebrahtu Striker Baru PSM, Sering Puasa GolGolgol Mebrahtu saat diperkenalkan sebagai pemain baru Sparta Praha di musim 2018/19. (Sparta.cz)

Setelah dua musim yang buruk di A-League, Golgol hijrah ke Ceko untuk mencoba peruntungan. Ia meneken kontrak dua tahun bersama klub kasta teratas Mladá Boleslav. Catatannya di Fortuna Liga 2016/17 termasuk lumayan. Ada 10 gol dan 1 asis ia sumbang dari 26 laga. Meski sempat absen selama dua bulan akibat kebugaran, Golgol mengantar Mladá Boleslav finis di peringkay 4 dan lolos ke play-off Europa League.

Masuk musim 2017/18, Golgol Mebrahtu kembali dihantam cedera pada bagian otot. Penampilan inkonsisten dan hukuman akibat kartu merah membuatnya tak lagi bermain di putaran kedua. Bermain 21 kali, Golgol bukukan 9 angka dan sebiji asis.

Performa naik-turun terus membayanginya kala pindah ke klub papan atas Ceko, Sparta Praha, di musim 2018/19. Diberi kesempatan tampil di 7 laga, ia gagal mengesankan manajer Sparta saat itu yakni Andrea Stramaccioni. Selama 356 menit di lapangan, lagi-lagi tak ada gol ia lesakkan. Nasibnya kian tak pasti ketika Pavel Hapal, pengganti Stramaccioni, tak pernah memakainya.

Golgol kembali pindah di jelang musim 2019/20. Kali ini ia ke klub Hungaria, Puskás Akadémia. Performanya malah makin menukik, hanya 2 gol dari 12 penampilan. Klub yang bermarkas di Kota Felcsút itu melepasnya pada bursa transfer tengah musim 2020/21.

Empat musim merantau di Eropa, ia memilih mudik ke Australia. Brisbane Roar membuka pintu kesempatan pada Golgol. Hasilnya? Sama saja. Tampil 12 kali di A-League 2020/21, ia cuma mencetak satu gol. Kontraknya diputus begitu musim selesai. Alhasil, pemilik postur 1,87 meter itu sempat nganggur selama 7 bulan sebelum direkrut PSM Makassar.

Baca Juga: Pelatih Baru PSM Antusias Liga 1 Kembali Dihadiri Penonton

4. Apakah Golgol bisa bangkit dan menjelma sebagai mesin gol Juku Eja?

Profil dan Fakta Golgol Mebrahtu Striker Baru PSM, Sering Puasa GolTangkapan layar video perkenalan pemain baru PSM Makassar yakni Golgol Mebrahtu. (Instagram.com/psm_makassar)

Jika menilik statistik, karier Golgol sejauh ini memang tak memikat. Striker 31 tahun itu lebih banyak berkutat dengan cedera dan inkonsistensi. Sepak bola Indonesia yang keras dan mengandalkan fisik bisa jadi akan menyulitkannya untuk beradaptasi.

Lebih jauh, rekor Golgol pun jauh dari kata moncer. Dari 152 laga atau 6.966 menit bermain, ia baru 26 kali mencatatkan nama di papan skor. Jika dirata-ratakan, ia cuma mencetak gol setiap 268 menit atau 3 pertandingan!

Tren buruk sekaligus "kutukan" striker Asia kembali membayang. Tapi, apakah Golgol bisa membalikkan rasa pesimis dan menjelma sebagai mesin gol Juku Eja? Patut ditunggu seperti apa perannya dalam strategi racikan Joop Gall.

Baca Juga: Empat Nama Hilang dari Daftar Resmi Pemain PSM Makassar, Siapa Saja?

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya