Comscore Tracker

PPKM, Milo Berharap PSM Diberi Kelonggaran untuk Latihan 

Pemain diminta tetap berlatih secara mandiri

Makassar, IDN Times - PSM Makassar masih meliburkan pemainnya seiring agenda pelaksanaan Liga 1 yang belum jelas. Jadwal libur diperkirakan akan lebih panjang, karena Pemerintah Kota Makassar memberlakukan PPKM Level 4.

Pelatih PSM Makassar Milomir Seslija meminta anak asuhnya menjaga kondisi di rumah sambil menunggu jadwal latihan.

"Tim masih libur, kami meminta pemain tetap aktif sampai kembali berlatih," kata Milo, sapaan akrabnya, seperti dikutip dari laman LigaIndonesiaBaru.com pada Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: Liga 1 Belum Jelas, PSM Bakal Tambah Waktu Libur Pemain

1. Perpanjangan PPKM diakui membuat program latihan dan persiapan kembali tersendat

PPKM, Milo Berharap PSM Diberi Kelonggaran untuk Latihan Pelatih PSM Makassar Milomir Seslija saat memimpin latihan tim di Bosowa Sport Center pada Kamis 8 Juli 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Kota Makassar juga menerapkan PPKM Level 4 dari Senin, 26 Juli sampai 8 Agustus 2021. Di tengah ketatnya peraturan berkumpul dan berkerumun, Milo berharap ada kelonggaran agar Wiljan Pluim dkk bisa kembali memanaskan mesin.

"Semoga kami sebagai tim dapat berlatih untuk melanjutkan program tim," kata eks pelatih Arema FC tersebut.

Lebih jauh, ia meminta pencinta sepak bola agar terus mendukung usaha banyak pihak memutar kembali kompetisi. Tak cuma sebagai penyambung hidup, juga sebagai hiburan bagi masyarakat.

"Kami membutuhkan sepak bola untuk menghibur orang-orang di rumah bersama tim yang mereka cintai," ujar Milo.

2. Sejak jauh hari, Direktur PSM sudah memperkirakan libur lebih panjang

PPKM, Milo Berharap PSM Diberi Kelonggaran untuk Latihan Pesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (depan) menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021). Tim PSM Makassar mulai menjalani latihan jelang kompetisi Liga 1 pascakeluarnya izin pelaksaan Liga 1 dan Liga 2 yang akan berlangsung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Skuad Juku Eja sendiri sudah molor dua kali dari rencana latihan. Awalnya mereka diliburkan selama empat hari, bertepatan dengan libur hari raya Iduladha, dan disebut kembali ke Bosowa Sport Center pada Kamis pekan silam (22/7/2021).

Tenggat lewat, dan kembali mundur menjadi Senin lalu (26/7/2021). Tapi tampaknya, tim pelatih belum mencapai titik temu perihal waktu ideal mengumpulkan tim.

Direktur PSM, Munafri Arifuddin, sejak jauh-jauh hari memberi sinyal bahwa masa libur bisa bertambah. "Nah kalau ini (PPKM) ditambah dua minggu, artinya bakal molor lagi. Sehingga kita akan lihat seperti apa perkembangannya, karena kalau tidak ada kepastian kapan liga akan mulai, kita juga tidak tahu (rencana selanjutnya)," kata Appi, 15 Juli lalu.

3. PT LIB optimis Liga 1 2021/22 bisa dimulai pada 20 Agustus mendatang

PPKM, Milo Berharap PSM Diberi Kelonggaran untuk Latihan Pemain PSM Makassar Yakob Sayuri (kiri) berusaha melewati hadangan pemain PSS Sleman Derry Rachman (kedua kiri) pada Pertandingan perebutan tempat ke tiga Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Pihak operator, PT Liga Indonesia Baru (LIB), mengaku siap menggulirkan kompetisi pada 20 Agustus mendatang. Pengecekan stadion, penentuan format kompetisi hingga penjadwalan pun sudah dilakoni. Mereka mengaku tinggal menunggu izin dari pemangku kebijakan untuk tancap gas.

"Pada saat pemerintah memberikan lampu hijau untuk kick off, sesegera mungkin kami memutar kompetisi. Tentu, setelah kembali berkoordinasi dengan semua kontestan dan juga PSSI,” jelas Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, dalam rilis pada Senin kemarin (26/7/2021).

Baca Juga: Serif Hasic Dirumorkan Bakal Kembali ke PSM, Begini Tanggapan Milo

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya