Piala Presiden 2022: Pelatih PSM Tak Sabar Uji Kekuatan Arema FC

Kedua tim masih menyusun skuat untuk musim 2022/23

Makassar, IDN Times - PSM Makassar langsung bertemu lawan kuat pada partai pembuka Grup D Piala Presiden 2022. Arema FC jadi menantang mereka dalam duel yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, Sabtu malam (11/6/2022).

Kendati masih berstatus turnamen pramusim, laga ini diperkirakan bakal berjalan sengit. Tampil di hadapan suporter membuat Singo Edan bisa tampil habis-habisan. Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, ternyata sudah menunggu-nunggu duel tersebut. Tampil di hadapan ribuan pasang mata akan mengasah mental anak asuhnya.

"Saya kira kita akan menjalani pertandingan yang bagus besok. Dan ini bakal menjadi pertarungan yang sengit. Tim yang kita lawan adalah tim yang kuat. Mereka punya pemain-pemain yang bagus," ujar Tavares dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Jumat sore (10/6/2022).

1. Bernardo Tavares sudah mencari tahu kekuatan tim lawan

Piala Presiden 2022: Pelatih PSM Tak Sabar Uji Kekuatan Arema FCPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares saat memimpin sesi latihan di Lapangan Bosowa Sport Center, Sabtu 14 Mei 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Sebagai bentuk persiapan, Tavares sudah menganalisis permainan Arema FC. Mulai dari rekaman pertandingan selama pramusim, sehingga ia bisa meraba seperti apa formasi yang akan diturunkan oleh sang kompatriot di kubu lawan, Eduardo Almeida.

"Saya cari tahu informasi, dan Arema FC memang menjalani musim yang baik kemarin. Dari segi tim, mereka merekrut banyak pemain lokal yang bagus, mereka tetap punya banyak pemain berkualitas Timnas meskipun kehilangan seorang sosok Carlos Fortes," jelasnya.

Fortes saat ini berstatus pemain PSIS Semarang. Tavares dan striker 27 tahun tersebut sudah saling bertukar kabar saat PSM melawat ke Stadion Jatidiri dalam rangkaian tur Jawa, 28 Mei silam.

2. Pemain PSM sudah siap dengan sambutan suporter di Kanjuruhan

Piala Presiden 2022: Pelatih PSM Tak Sabar Uji Kekuatan Arema FCPertandingan uji coba Arema FC kontra PSIS Semarang di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Berbicara lebih jauh, Tavares sudah tak sabar kembali merasakan sensasi disaksikan oleh suporter. Setelah terakhir mengalaminya pada laga uji coba versus Sulut United di Parepare, Senin lalu (6/6/2022), ribuan Aremania akan mengasah mental Wiljan Pluim dkk yang sudah tiga tahun tak pernah melawat ke Kota Apel.

"Saya menyaksikan atmosfer yang ada di stadion (Kanjuruhan, red.) akan sangat luar biasa. Saya harap atmosfer yang sama akan ada di stadion besok," ucapnya mantap.

Hal senada juga ia ucapkan jelang partai kontra PSIS, saat anak asuhnya berkesempatan merasakan atmosfer Jatidiri yang resmi dioperasikan pasca-renovasi.

Baca Juga: Harapan dan Keluhan Suporter PSM yang "Away Day" ke Parepare

3. Wiljan Pluim berharap Juku Eja bisa kian terasah di Piala Presiden

Piala Presiden 2022: Pelatih PSM Tak Sabar Uji Kekuatan Arema FCGelandang Wiljan Pluim dalam sesi latihan PSM Makassar di Bosowa Sport Center pada Kamis 26 Mei 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Bagaimana dengan Wiljan Pluim? Sang kapten tim tetap yakin bahwa Arema FC akan menyulitkan PSM. Tapi ia tak menafikan fakta bahwa timnya dan kesebelasan tuan rumah masih meramu skuat musim ini. Meski begitu, bukan berarti Pasukan Ramang tak memberi perlawanan.

"Kedua tim memiliki komposisi lengkap dengan beberapa pemain-pemain baru. PSM juga sama. Tentang laga ini, besok akan menjadi laga yang sulit. Arema FC juga akan sulit dikalahkan," kata sang kapten dalam kesempatan yang sama.

"Tapi saya pikir persiapan pramusim kita berjalan bagus, dan mudah-mudahan kita bisa memperbaiki hal tersebut sepanjang Piala Presiden," imbuh Pluim.

Siapa yang akan mengawali perjalanan di Piala Presiden dengan poin penuh? Saksikan pertandingan Arema FC versus PSM Makassar Sabtu besok (11/6/2022) pukul 21.30 WITA.

Baca Juga: FC Bekasi City Jadi Pelabuhan Baru Para Mantan Pemain PSM

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya