FC Bekasi City Jadi Pelabuhan Baru Para Mantan Pemain PSM

Tiga eks penggawa Juku Eja digaet untuk musim 2022

Makassar, IDN Times - Usai berpisah dengan PSM Makassar, winger Saldi Amiruddin tak butuh waktu lama menemukan klub baru. Ia resmi digaet oleh klub milik Atta Halilintar, FC Bekasi City (musim lalu PS AHHA Pati).

Mendapat nomor punggung 18, pemain asal Bantaeng tersebut akan menjadi bagian dari skuat Laskar Kuda Hitam yang arungi Liga 2 musim 2022. Di sisi lain, Saldi bukan satu-satunya mantan penggawa Juku Eja yang digaet FC Bekasi City.

Baca Juga: Piala Presiden: PSM Makassar Boyong 25 Pemain ke Malang

1. Setelah RANS Cilegon FC, Hendra Wijaya kini berseragam FC Bekasi City

FC Bekasi City Jadi Pelabuhan Baru Para Mantan Pemain PSMHendra Wijaya dalam sesi latihan bersama PSM Makassar di Bosowa Sport Center, Maret 2021. (Instagram.com/hendra_02_wijaya)

FC Bekasi City baru-baru ini juga memperkenalkan bek tengah Hendra Wijaya sebagai rekrutan baru. Sebelumnya, pemain 32 tahun kelahiran Sungguminasa tersebut memperkuat tim promosi RANS Cilegon FC (kini RANS Nusantara FC) pada helatan Liga 2 musim lalu.

Hendra sendiri adalah salah satu jebolan tim muda PSM yang "naik kelas" di era Petar Segrt. Berseragam merah marun dari 2009 hingga 2020, ia mulai dipinjamkan ke klub lain pada tahun-tahun terakhir masa baktinya.

Bersama The Phoenix, julukan RANS FC, Hendra tampil di 10 pertandingan. Termasuk juga partai final kontra Persis Solo yang dimenangi Laskar Sambernyawa dengan skor 3-1.

2. Dilepas Arema FC, Ridwan Tawainella juga pindah ke klub milik Atta Halilintar

FC Bekasi City Jadi Pelabuhan Baru Para Mantan Pemain PSMWinger Arema FC, Ridwan Tawainella berusaha melepaskan diri dari kawalan pemain belakang PON Jatim. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sebelumnya, winger Ridwan Tawainella jadi tenaga anyar ketiga FC Bekasi City. Musim lalu, pemain lincah asal Tulehu tersebut berseragam Arema FC. Ia cuma catatkan 18 penampilan (460 menit) lantaran Eduardo Almeida lebih sering menurunkannya sebagai cadangan di babak kedua.

Pemain 27 tahun tersebut pernah berseragam merah marun dari tahun 2015 sampai Januari 2018. Ridwan bermain untuk PSM di lima ajang yakni Piala Presiden 2015, Piala Jenderal Sudirman, Indonesia Soccer Championship 2016, Piala Presiden 2017 dan Liga 1 2017.

Ia catatkan 39 penampilan dan ikut menyumbang 4 gol. Ridwan juga mengantar Pasukan Ramang finis di peringkat tiga Liga 1 2017, setelah berjibaku dengan Bhayangkara FC dan Bali United sepanjang musim.

3. Dari jajaran staf pelatih, ada juga Akbar Rasyid

FC Bekasi City Jadi Pelabuhan Baru Para Mantan Pemain PSMEks pemain PSM Makassar, Akbar Rasyid, saat diperkenalkan sebagai asisten pelatih FC Bekasi City untuk Liga 1 2022. (Instagram.com/fcbekasi)

Aura PSM juga terasa pada staf pelatih. Akbar Rasyid, eks gelandang dari dekade 2000-an, ditunjuk sebagai pendamping coach Jafri Sastra. Sosok 39 tahun tersebut memulai kariernya bersama PSM. Bermain di Ligina musim 2003 dan 2004, Juku Eja bisa diantarnya finis runner-up dua kali beruntun. Dua musim di Mattoanging, juga sempat merasakan panggung Asia kala tampil dalam AFC Champions League 2004.

Sebelum resmi berkarier di Kota Bekasi, Akbar lebih banyak aktif melatih anak muda. Seperti SSB Wiraprima Minahasa Utara dan SSB Swadiri Makassar.

Yang dilakukan FC Bekasi City mengingatkan pada RANS Cilegon FC di Liga 2 2021. Saat itu mereka merekrut Hendra Wijaya, Hamka Hamzah, Kurniawan Karman, Asri Akbar dan Cristian Gonzales.

Baca Juga: Harapan dan Keluhan Suporter PSM yang "Away Day" ke Parepare

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya