Piala Indonesia: Final Leg Kedua Ditunda, PSM Tolak Usul Main Di Luar

Surat dari PSSI terbit tak lama sebelum kick off

Makassar, IDN Times - Keputusan menunda leg kedua final Piala Indonesia 2018/19 hanya beberapa jam sebelum kick-off  pada Minggu (28/7) sore memang terbilang tiba-tiba. Kendati sudah diberi lampu hijau pada pagi harinya, surat penundaan yang diteken oleh PSSI membuat harapan suporter yang sudah berdatangan sejak siang buyar.

"Atas dasar pertimbangan keamanan dan kenyamanan, laga final kedua Kratingdaeng Piala Indonesia kami tunda," pungkas Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, dalam rilis yang situs resmi PSSI pukul 15:00 WITA. Insiden pelemparan batu ke bus pemain Persija usai jalani sesi latihan pada Sabtu (27/7) sore oleh oknum suporter jadi pemicu utama.

1. Jumlah personel keamanan telah ditingkatkan demi leg kedua

Piala Indonesia: Final Leg Kedua Ditunda, PSM Tolak Usul Main Di LuarIDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Padahal panitia pelaksana pertandingan sudah meningkatkan jumlah personel keamanan. Menurut Polda Sulawesi Selatan, total ada 3.500 anggota kepolisian yang sudah disebar di beberapa penjuru stadion. Selain berasal dari Polres Makassar, tenaga tambahan juga didatangkan dari Polres Maros dan Takalar.

Tak hanya penjagaan, sejumlah kendaraan lapis baja turut disiagakan. Menurut pengamatan IDN Times, ada sepasang kendaraan jenis barracuda, dua mobil pengurai massa (raimas) ditambah satu water cannon berada di utara dan selatan Stadion Andi Mattalatta Mattoanging. Para penonton yang melewati pintu masuk utara pun 'disambut' jejeran puluhan polisi atribut anti huru-hara.

Baca Juga: Laga Final PSM vs Persija Dijaga 2.500 Aparat Keamanan

2. PSM enggan bermain jika leg kedua dipindahkan ke luar Makassar

Piala Indonesia: Final Leg Kedua Ditunda, PSM Tolak Usul Main Di LuarIDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Merespon penundaan ini, CEO PSM yakni Munafri Arifuddin mengaku bahwa ia dan pihak-pihak terkait telah mengusahakan keselamatan skuad Persija, termasuk jaminan dari Kapolda Sulsel dan Kapolrestabes Makassar. Namun keputusan bulat dari PSSI selaku penyelenggara kejuaraan ini mau tak mau harus diterima seluruh suporter, ofisial dan penggawa Pasukan Ramang.

Menyoal rencana leg kedua dipindahkan ke luar Makassar, ia secara tegas menolak. "Kepada pihak PSSI, kalau pertandingan leg kedua ini ditunda dan diselenggarakan di tempat lain, maka PSM tidak akan ikut lagi dalam babak final ini," tandas sosok yang biasa disapa Appi' tersebut di hadapan ribuan penonton.

3. Tata cara pengembalian uang tiket segera disampaikan

Piala Indonesia: Final Leg Kedua Ditunda, PSM Tolak Usul Main Di LuarIDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Dalam konferensi pers di Hotel Aryaduta pada Sabtu (27/7) malam, pihak Persija sempat menyarankan agar leg kedua ini digelar tanpa penonton demi menekan potensi kisruh. Setelah Appi' melakukan lobi dan koordinasi, sempat dicapai kata sepakat antara kedua belah pihak. Namun surat PSSI berkata lain.

Sementara itu, pihak manajemen dan PSM Makassar siap mengembalikan uang tiket yang sudah dibeli oleh para penonton. Tata cara refund pun akan disampaikan sesegera mungkin. "Soal tiket saya serahkan ke panpel. Mereka lebih tahu teknisnya. Intinya, supaya tidak ada yang merasa dirugikan," lanjut Appi' yang baru kembali dari Kongres Luar Biasa PSSI.

Baca Juga: [BREAKING] Laga Final Leg 2 Piala Indonesia PSM Vs Persija Ditunda

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya