Comscore Tracker

Persis Vs PSM, Juku Eja Menantang "The Giant Killer"

Akankah tren positif Juku Eja berlanjut di Manahan?

Makassar, IDN Times - Setelah jeda internasional, perjuangan PSM Makassar untuk bertahan di papan atas BRI Liga 1 2022-23 berlanjut pada Kamis ini (29/9/2022). Mereka bertandang ke Stadion Manahan, markas Persis Solo, yang bertengger di posisi 13 klasemen sementara.

Meski terpaut jauh di klasemen, sang tuan rumah baru saja berhasil membekuk Bali United dua gol tanpa balas di pekan ke-10. Otomatis, mental Laskar Sambernyawa menanjak dan siap lanjutkan tren positif di hadapan pendukung sendiri.

Bagaimana dengan PSM? Meski memang belum terkalahkan, mereka tetap membumi dan tidak ingin jemawa dengan keadaan. Menjadi realistis adalah hal yang ditekankan oleh sang pelatih kepala, Bernardo Tavares, pada setiap waktu. Tak terkecuali dalam lawatan mereka kali ini.

Baca Juga: Sah! Gantikan Munafri, Sadikin Aksa Jadi Dirut Baru PSM

1. Pelatih PSM, Bernardo Tavares, tak ingin memandang sebelah mata sang lawan

Persis Vs PSM, Juku Eja Menantang The Giant KillerPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat mengamati permainan anak asuhnya di laga pembuka Grup D Piala Presiden 2022 konta Arema FC di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, 11 Juni 2022. (PialaPresiden.id)

Bernardo mewaspadai reputasi Persis sebagai "The Giant Killer." Kombinasi atmosfer Manahan dan determinasi di kandang membuat jawara Liga 2 2021 itu menjadi momok tim tamu. Ini sudah cukup untuk membuat PSM tak memandang sebelah mata Gavin Kwan Adsit dkk.

"Jika kita ingat lagi, Madura United kalah 0-1 di markas Persis. Begitu juga Bali United yang sempat jalani performa baik sebelum akhirnya dihentikan oleh mereka," papar Bernardo dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Rabu kemarin (28/9/2022).

"Persis juga klub berkualitas yang berkembang dari laga ke laga. Sehingga ini akan menjadi duel yang sangat ketat," sambungnya.

Sejauh ini, catatan tandang Juku Eja juga terbilang moncer yakni dua kali menang dan sepasang hasil imbang. Maka, melanjutkan tren impresif di markas Persis adalah tugas yang cukup sulit.

2. Juku Eja dipastikan turun tanpa sejumlah pemain andalannya

Persis Vs PSM, Juku Eja Menantang The Giant KillerSalah satu momen pertandingan BRI Liga 1 2022-23 antara RANS Nusantara FC melawan PSM Makassar di Stadion Pakansari Cibinong, Senin 15 Agustus 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

PSM sendiri bertandang tanpa beberapa pilar andalan. Bek tengah Agung Mannan harus absen akibat akumulasi kartu kuning. Playmaker andalan Wiljan Pluim baru jalani tiga kali larangan bermain dari total lima partai. Sedang Yakob Sayuri serta Ramadhan Sananta kemungkinan besar tak turun lantaran baru saja memperkuat Timnas Indonesia.

Rotasi jelas akan ditempuh oleh Bernardo Tavares jelang laga ini. Beberapa pemain disiapkan sebagai pengganti Agung. Mulai dari Yance Sayuri, Samuel Simanjuntak hingga Edgard Amping.

Pos Yakob sendiri kemungkinan besar dioper ke Rizky Eka Pratama atau Kenzo Nambu yang juga fasih beroperasi sebagai winger. Jika Tavares enggan ambil risiko dengan menurunkan Everton Nascimento sebab baru pulih dari cedera, Ricky Pratama atau Donald Bissa bakal dicoba.

3. Rasiman, asisten pelatih Persis, menyebut kekuatan PSM musim ini ada di tangan para pemain muda

Persis Vs PSM, Juku Eja Menantang The Giant KillerAsisten pelatih Persis Solo, Rasiman, saat memimpin timnya di salah satu pertandingan BRI Liga 1 2022-23. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Dari kubu Persis, mereka tak main-main jelang laga ini. Satu laga uji coba dilakoni pada masa persiapan untuk menjaga kebugaran pemain. Belum lagi menyoal catatan sang tamu yang belum pernah kalah. Asisten pelatih Rasiman pun menyebut pemain muda jadi pilar penting keberhasilan PSM sejauh ini.

"PSM Makassar tiba-tiba menjadi kekuatan yang sangat solid di turnamen ini. Mereka memiliki dua pemain yang baru-baru ini bergabung dengan Timnas Indonesia. Tahun ini PSM Makassar menghasilkan banyak pemain muda berbakat, memiliki persediaan pemain yang banyak di tim muda," ungkapnya dalam kesempatan terpisah.

Demi menghentikan laju PSM, Rasiman mengaku sudah menganalisis kekuatan lawan. Mulai dari taktikal hingga sistem bermain. Tapi ia tetap waspada dengan kebiasaan Tavares mengubah strategi sesuai kebutuhan.

4. Striker Fernando Rodriguez (tengah) masih menunggu lampu hijau dari tim dokter

Persis Vs PSM, Juku Eja Menantang The Giant KillerPara pemain Persis Solo merayakan gol yang dicetak ke gawang Madura United dalam laga pekan ke-6 BRI Liga 1 2022-23, 23 Agustus 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Persis dipastikan turun nyaris full team, minus striker asing Fernando Rodriguez yang masih menunggu lampu hijau dari tim dokter. Sedangkan bek Jaimerson da Silva dan gelandang Taufiq Febriyanto sudah bisa bermain setelah sempat dibekap cedera.

Sektor tengah mereka berpotensi kembali diisi oleh trio Alexis Messidoro - Sulthon Fajar - Gavin Kwan Adsit. Lalu pada sektor depan ada Irfan Jauhari, Samsul Arif dan Ryo Matsumura. Dua nama yang disebut terakhir sudah mengemas masing-masing sepasang gol.

Sejauh ini, Persis sudah mengemas 10 gol dan kebobolan 13 kali. Mereka baru menang tiga kali, imbang sekali dan kalah dalam enam pertandingan.

5. Yuran Fernandes dkk masih belum terkalahkan hingga pekan ke-10

Persis Vs PSM, Juku Eja Menantang The Giant KillerPesepak bola Persik Kediri Muhammad Ridwan (tengah) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Yuran Fernandes (kiri) pada Kompetisi Liga 1 di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (2/9/2022). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/foc.

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Persis Solo (4-3-3)

Gianluca Pandeynuwu (GK); Alfath Fathier, Jaimerson Xavier, Andri Ibo, Abduh Lestaluhu; Alexis Messidoro, Sulthon Fajar, Gavin Kwan Adsit; Irfan Jauhari, Samsul Arif, Ryo Matsumura

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Muhammad Dzaky Asraf, Muhammad Arfan, Ananda Raehan Alif, Kenzo Nambu, Rizky Eka Pratama; Everton Nascimento, Ricky Pratama

Catatan lima pertandingan terakhir Persis :

15/09/2022 Persis 2-0 Bali United (Liga 1)

10/09/2022 PSS 2-1 Persis (Liga 1)

03/09/2022 Persis 0-0 PSS (Liga 1)

28/08/2022 Borneo FC 2-1 Persis (Liga 1)

23/08/2022 Persis 1-0 Madura United (Liga 1)

Catatan lima pertandingan terakhir PSM :

15/09/2022 Dewa United 1-1 PSM (Liga 1)

10/09/2022 PSM 3-0 Persebaya (Liga 1)

02/09/2022 Persik 0-0 PSM (Liga 1)

29/08/2022 PSM 5-1 Persib (Liga 1)

24/08/2022 Kuala Lumpur City FC 5-2 PSM (AFC Cup)

Siapa yang berhasil melanjutkan tren positif? Saksikan pertandingan Persis Solo versus PSM Makassar pada Kamis sore (29/9/2022), pukul 17.00 WITA.

Baca Juga: [KLASIK] Para Pelatih yang Membawa PSM dan Timnas Terbang Tinggi

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya