Persik Vs PSM, Tavares Khawatir Kejutan Divaldo Alves

Macan Putih saat ini berada di dasar klasemen sementara

Makassar, IDN Times - Wiljan Pluim dkk tak bisa bersantai lama-lama. Selepas menang besar atas Persib Bandung, mereka langsung mengalihkan fokus ke laga pekan kedelapan BRI Liga 1 2022-23 kontra Persik Kediri, Jumat malam (2/8/2022).

Duel yang berlangsung di Stadion Brawijaya Kediri ini jadi ajang membuktikan bahwa Juku Eja memang layak di papan atas. Tapi, masih ada kekhawatiran yang membayangi yakni problem kelelahan.

"Kita tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Kita hanya jalani recovery. Terakhir kita bermain tanggal 29, dan kemarin sudah harus tiba di Kediri. Hari ini official training dan harus main besok," kata pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Jumat malam (1/9/2022).

1. Bernardo Tavares tak mau memandang tim lawan sebelah mata

Persik Vs PSM, Tavares Khawatir Kejutan Divaldo AlvesPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2022-23 kontra PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sabtu 23 Juli 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Tavares menolak anggapan bahwa akan mudah meraup poin di kandang Macan Putih. Meski sang tuan tumah memang sedang berada di posisi jusu kunci, mereka masih punya potensi kejutan. Terlebih Persik juga masih memberi perlawanan di laga-laga sebelumnya.

"Posisi mereka di papan klasemen sementara itu tidak mencerminkan kualitas yang mereka punya. Sebagai satu tim, kalian bisa lihat pertandingan-pertandingan mereka, bahwa lawan kesulitan mengalahkan Persik," jelasnya.

Eks pelatih IFK Helsinki itu mengaku masih ingat betul pertemuan di Grup D Piala Presiden 2022. Saat itu, PSM bisa menahan imbang dengan skor kacamata, meski kena gempur habis-habisan selama 90 menit.

2. Pelatih anyar Persik, Divaldo Alves, diwaspadai karena bisa membawa perubahan

Persik Vs PSM, Tavares Khawatir Kejutan Divaldo AlvesDivaldo Alves saat memimpin latihan Persik Kediri. instagram.com/persikfcofficial

Selain itu, Tavares mewaspadai efek masuknya pelatih anyar Divaldo Silva ke Persik. Ia mengaku sudah kenal baik dengan sang kompatriot, dan yakin pemegang lisensi UEFA Pro itu bisa memicu kebangkitan Persik lewat strategi kelas wahid.

"Mereka baru saja mengganti pelatih, sesama orang Portugal, dan saya kenal baik. Dia punya kualitas dalam dirinya, tapi kita tak terlalu tahu taktik apa yang dia mainkan. Tapi pastinya dia akan membawa ide baru ke dalam tim ini," kata pelatih asal Portugal tersebut.

Divaldo bukan nama baru di sepak bola Indonesia. Ia pernah menangani PSMS Medan, Persijap Jepara, Minangkabau FC dan Persebaya 1927 (kini Bhayangakara FC). Klub terakhir yang ia latih adalah Sofapaka FC di Kenya.

3. Kenzo Nambu tak mau larut dalam euforia tren positif

Persik Vs PSM, Tavares Khawatir Kejutan Divaldo AlvesPenyerang PSM Makassar Kenzo Nambu dalam sesi latihan di Stadion Gajayana Malang, Kamis 9 Juni 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Di sisi lain, Kenzo Nambu mengaku tak ingin besar kepala meski sedang jalani tren positif. Ia ingin tetap menjejak bumi, dan memandang duel kontra Persik seperti pertandingan-pertandingan lainnya.

"Saya kira pertandingan besok akan penting untuk kita. Kita harus mempersiapkan diri dan menjaga kerendahan hati. Tidak di atas angin, dan tetap seperti biasanya. Untuk memberikan yang terbaik dari diri kita sendiri," ungkap pemilik nomor punggung 39 itu.

Sanggupkah Pasukan Ramang kembali memetik poin di partai tandang? Saksikan Persik Kediri versus PSM Makassar pada Jumat malam besok (2/9/2022), pukul 21.30 WITA.

Baca Juga: Liga 1: Tampil Trengginas, PSM Menggilas Persib 5-1

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya