Liga 1: Tampil Trengginas, PSM Menggilas Persib 5-1

Poin penuh membawa Juku Eja ke peringkat 3 klasemen

Makassar, IDN Times - PSM Makassar berpesta gol ke gawang Persib Bandung. Maung Bandung digilas dengan skor telak 5-1 dalam partai pekan ketujuh BRI Liga 1 2022-23 yang dihelat di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare pada Senin malam (29/8/2022).

Meski Yuran Fernandes dan Agung Mannan sudah kembali, PSM tak menurunkan Everton Nascimento. Winger Rizky Eka Pratama dan Kenzo Nambu juga dicadangkan, dengan duo Muhammad Dzaky Asraf - Ananda Raehan Alif sebagai pengganti.

Tanpa Nick Kuipers, Persib menurunkan Rachmat Irianto sebagai tandem Achmad Jufriyanto di sektor belakang. Tak ada perubahan di sektor depan. Trisula masih dipercayakan pada trio Febri Hariyadi - David da Silva - Ciro Alves.

Tuan rumah langsung mengejutkan sang tamu dua menit setelah sepak mula. Persib kebobolan oleh tendangan melengkung nan indah kiriman Yakob Sayuri dari luar kotak penalti. Kiper I Made Wirawan tak mampu menjangkau bola yang bersarang di pojok kiri gawang.

PSM gandakan keunggulan di menit ke-19. Diawali kerja sama satu-dua Wiljan Pluim, crossing mendatar dilepas oleh Yakob Sayuri. Ramadhan Sananta yang lepas dari kawalan bek-bek Persib langsung menyontek bola, tak menyia-nyiakan peluang emas di depan gawang lawan.

Ini adalah gol perdana anak muda 19 tahun tersebut untuk Juku Eja, sejak resmi direkrut pada Juni 2022 lalu.

Persib, yang banyak lancarkan serangan dari sisi sayap, sempat perkecil ketinggalan pada menit ke-32. Marc Klok menciptakan gol dari tendangan gantung dari tepi kotak penalti, yang gagal dijangkau kiper PSM yakni Reza Arya Pratama.

Semenit jelang turun minum, Sananta kembali catatakan namanya di papan skor. Asis akurat Pluim bisa ia konversi menjadi gol dari sudut sempit, tak mampu dihalau oleh barisan belakang Persib. Skor 3-1 iringi kedua tim masuk kamar ganti.

PSM tak mengubah gaya permainan pada babak kedua. Mereka bermain direct nan cepat tanpa banyak menguasai bola, dan langsung mengirim umpan ke rekan setim yang sudah membuka ruang.

Maung Bandung kian tertinggal saat laga berusia 51 menit. Diawali aksi meliak-liuk di luar kotak penalti, Yakob tanpa ragu kembali melepas tendangan jarak jauh. Percobaannya kembali berhasil, bola kembali bersarang dalam gawang I Made Wirawan.

Berselang 14 menit kemudian, giliran Wiljan Pluim yang menambah keunggulan untuk PSM. Manfaatkan tendangan bebas Rasyid Bakri, playmaker asal Belanda itu dengan leluasa langsung menyundul bola ke gawang Persib lantaran tak mendapat kawalan ketat dari Ciro Alves. Tuan rumah memimpin 5-1.

Yang dikhawatirkan oleh Bernardo Tavares, pelatih kepala PSM, terjadi pada 20 menit akhir. Agung Mannan, Akbar Tanjung dan Ramadhan Sananta alami masalah otot di waktu berdekatan. Masalah kelelahan membuat ketiganya tak mampu lanjutkan pertandingan yang sudah berjalan dalam tempo tinggi.

Meski lakukan sejumlah pergantian, PSM tetap tak mengendurkan serangan di pengujung babak kedua. Sementara itu, upaya Persib membongkar tembok belakang tim lawan selalu gagal begitu sampai di area kotak penalti. Sejumlah peluang emas Maung Bandung pun masih melenceng dari sasaran.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Mochammad Adung, skor 5-1 tak berubah. Poin penuh perpanjang rekor tak terkalahkan PSM, sekaligus mendongkrak mereka ke peringkat tiga klasemen sementara. Sedangkan Persib tak beranjak dari posisi 13.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Agung Mannan (Safrudin Tahar, 72'); Muhammad Dzaky Asraf, Ananda Raehan Alif, Akbar Tanjung (Bryan Cesar, 72'), Muhammad Arfan (Rasyid Bakri, 58'), Yakob Sayuri (Rizky Eka Pratama, 58'); Ramadhan Sananta (Victor Dethan, 77'), Wiljan Pluim

Persib Bandung (4-3-3)

I Made Wirawan (GK); Bayu Fiqri (Henhen Herdiana, 77'), Rachmat Irianto, Achmad Jufriyanto, Daisuke Sato; Dedi Kusnandar (Frets Butuan, 46'), Marc Klok, Ricky Kambuaya (Abdul Aziz Luthfi Akbar, 73'); Febri Hariyadi (Erwin Ramdani, 73'), David da Silva, Ciro Alves (Beckham Putra, 78')

Baca Juga: PSM Vs Persib, Tavares Waspadai Kebangkitan Maung Bandung

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya