Comscore Tracker

Persiapan SEA Games 2021, Dua Penggawa PSM Dipanggil Ikut TC Timnas

Pemusatan latihan berlangsung selama tiga pekan di Jakarta

Makassar, IDN Times - Sebagai persiapan dan proyeksi skuad Timnas Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2021, pelatih Shin Tae-yong memanggil 36 nama. Dua di antaranya adalah pemain PSM Makassar yakni Firza Andika dan Yakob Sayuri.

Dalam salinan surat yang diterima IDN Times, keduanya sudah harus berada di Jakarta hari Senin (8/2/2021) pekan depan. Pemusatan latihan sendiri direncanakan berakhir pada 28 Februari, atau berlangsung selama tiga pekan.

1. Firza Andika dan Yakob Sayuri kembali masuk dalam proyeksi skuad Timnas untuk SEA Games

Persiapan SEA Games 2021, Dua Penggawa PSM Dipanggil Ikut TC TimnasPemain PSM Makassar, Firza Andika, saat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk SEA Games 2021 pada akhir Desember 2020. (Instagram.com/firzaandika11)

Sebelumnya, Firza dan Yakob juga dipanggil mengikuti TC Timnas SEA Games pada akhir Desember 2020. Yang membedakan, mereka berangkat bersama dua penggawa Juku Eja lainnya yakni Asnawi Mangkualam serta Miswar Saputra.

Firza kembali bersaing mendapat satu tempat di lini belakang dengan sejumlah nama seperti Andik Rendika Rama (Madura United) dan jebolan Timnas U-19 Pratama Arhan (PSIS).

Adapun pos winger kanan jadi rebutan Yakob Sayuri, Irfan Jauhari dan Sidik Saimima yang sama-sama memperkuat Bali United plus Kushedya Hari Yudo asal Arema FC.

2. Shin Tae-yong mengutamakan pemain yang masih berada di Indonesia

Persiapan SEA Games 2021, Dua Penggawa PSM Dipanggil Ikut TC TimnasShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Untuk TC ketiga selama masa pandemik, Shin Tae-yong lebih mengutamakan para pemain yang masih berada di Indonesia. Ini merupakan hasil diskusinya dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Pada TC ini pemain yang kami panggil semuanya bermain di kompetisi Liga Indonesia. Kami juga ada memanggil sejumlah pemain dari timnas U-19 dan pemain senior," ungkap eks juru taktik Timnas Korsel itu, seperti dilansir situs resmi PSSI.

Baca Juga: Empat Pemain PSM Bersaing di Timnas untuk SEA Games

3. Digelar selama tiga pekan, kebugaran dan taktik masih menjadi fokus utama TC

Persiapan SEA Games 2021, Dua Penggawa PSM Dipanggil Ikut TC TimnasSejumlah pemain Timnas saat mengikuti pemusatan latihan di Jakarta pada Desember 2020. (Dok. PSSI)

Stadion Madya Gelora Bung Karno dan Lapangan D Senayan, Jakarta Pusat, jadi tempat 36 pemain tersebut melanjutkan program pemulihan kebugaran. Selain itu, Shin kembali ingin mengasah taktik plus pematangan kerja sama antarlini.

Edisi ke-31 SEA Games tersebut akan digelar di Hanoi, ibu kota Vietnam, pada 21 November hingga 2 December 2021. Pada SEA Games 2019 Filipina lalu, Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri meraih medali perak cabang olahraga sepak bola putra.

Baca Juga: Profil Singkat Firza Andika, Penggawa Baru PSM Makassar

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya