Comscore Tracker

Pelatih PSM Yakin Bisa Hentikan Tren Positif Persebaya

Siapa pemenang duel Bajul Ijo kontra Juku Eja?

Makassar, IDN Times - Kemenangan atas Madura United pekan lalu jadi modal PSM menantang Persebaya laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2021/22, Jumat besok (14/1/2022). Bahkan, Juku Eja membidik poin penuh dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar.

Dalam sesi jumpa pers virtual pada Kamis siang (13/1/2022), pelatih kepala PSM yakni Joop Gall menjelaskan bahwa mental timnya sedang bagus. Tapi, ia mengaku masih punya segudang evaluasi.

"Hasil kemarin bisa jadi pelecut. Tapi dengan gaya bermain yang ditampilkan para pemain kemarin, jujur saya masih kurang puas karena kita bisa berbuat lebih baik. Bisa dimengerti sebab saya baru beberapa hari bergabung dengan tim. Tapi tak apa, kita memperbaiki kualitas secara perlahan," ujarnya.

Baca Juga: Profil dan Fakta Golgol Mebrahtu Striker Baru PSM, Sering Puasa Gol

1. Joop Gall mengakui Persebaya adalah tim bagus, tapi bukannya tak bisa dikalahkan

Pelatih PSM Yakin Bisa Hentikan Tren Positif PersebayaPesepak bola Persebaya Surabaya Samsul Arif (kanan) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 pada pertandingan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (10/1/2022). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym.

Bajul Ijo sendiri sedang menikmati tren positif. Pasalnya, mereka tak terkalahkan dalam 12 laga terakhir. Meski begitu, Joop Gall enggan keder duluan. Ia justru yakin bisa memutus catatan impresif sang lawan.

"Laga ini tentu saja akan sengit. Tapi jika tak terkalahkan dalam 12 pertandingan, hasil negatif biasanya sudah dekat. Itu bisa dilihat secara statistik (dalam sepak bola). Saya harap kitalah tim lawan yang memberi mereka kekalahan," ujar pria asal Belanda itu.

Di sisi lain, ia mengakui lini tengah Persebaya memang mengesankan. Taisei Marukawa dan Marselino Ferdinan disebutnya sebagai kunci kreativitas dalam skema racikan Aji Santoso. Sehingga, tugas PSM menghentikan laju anak-anak Surabaya kian menantang.

"Tugas kami adalah menghentikan mereka. Saya akan menjelaskan pada pemain PSM cara mengambil keuntungan dari sisi lemah lawan. Mereka memang tim yang sangat bagus, tapi bukannya tak terkalahkan," kata Joop Gall.

2. Adam Mitter berpotensi jalani debut dalam laga besok

Pelatih PSM Yakin Bisa Hentikan Tren Positif PersebayaPemain baru PSM Makassar Adam Mitter dalam sesi latihan di Denpasar pada 13 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Soal materi pemain, Joop Gall menyebut ia bisa menurunkan susunan tim yang sama dengan pekan lalu. Berarti, gelandang Wiljan Pluim bisa kembali tampil setelah sempat dibekap cedera lutut.

Selain itu, rekrutan anyar Adam Mitter juga berpotensi jalani debut untuk PSM besok. Stopper berpaspor Inggris itu sudah ikut dalam sesi latihan sejak hari Selasa lalu (12/1/2022).

"Jika dia sudah dilepas klub sebelumnya dan sudah terdaftar di asosiasi, dia masuk dalam pilihan pemain yang bisa saya turunkan besok," katanya.

3. Hilman Syah yakin bisa memetik poin penuh atas sang lawan

Pelatih PSM Yakin Bisa Hentikan Tren Positif PersebayaKiper PSM Makassar Hilman Syah dalam sesi jumpa pers virtual jelang laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2021/22, Kamis 13 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Berbicara dalam kesempatan yang sama, kiper Hilman Syah mengaku optimis bisa melanjutkan tren positif. Apalagi kemenangan atas Madura United diakuinya memberi suntikan percaya diri tambahan.

"Lawan Persebaya memang akan sulit, karena kita tahu sendiri Persebaya di beberapa laga terakhir tak pernah kalah. Tapi untuk laga besok, kita akan memberi hasil maksimal," tutur pemuda asal Jeneponto itu.

Sanggupkah PSM menghentikan laju impresif Persebaya. Saksikan pertandingannya pada Jumat besok (14/1/2022), pukul 21.45 WITA.

Baca Juga: Empat Nama Hilang dari Daftar Resmi Pemain PSM Makassar, Siapa Saja?

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya