Comscore Tracker

Pelatih PSM Sebut Pluim dan Jansen Mulai Pulih

Milo siapkan opsi jika pemain Belanda itu tidak bisa tampil

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar Milomir Seslija bisa merasa sedikit lega. Sebab jelang seri kedua Liga 1 musim ini, dua pemain andalannya, Wiljan Pluim dan Anco Jansen, mulai pulih dari cedera.

Keduanya sama-sama mengalami masalah di bagian lutut saat PSM bermain imbang melawan Persib Bandung pada partai penutup seri pertama, 2 Oktober 2021 lalu. 

Baca Juga: Diprotes, Operator Ubah Jadwal PSM di Seri Kedua Liga 1

1. Milo siapkan opsi jika harus bermian tanpa Jansen

Pelatih PSM Sebut Pluim dan Jansen Mulai PulihPesepakbola Arema FC Hanif Sjahbandi (kiri) menjatuhkan pesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim dalam lanjutan laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/9/2021). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

"Seluruhnya sudah membaik, Pluim sudah membaik intensitasnya 70-80 persen. Pemain yang lain intensitasnya sudah 60 persen," kata juru taktik asal Bosnia-Herzegovina itu seperti dikutip dari laman LigaIndonesiaBaru.com pada Selasa (12/10/2021).

Namun Milo sudah mempersiapkan opsi andai keduanya belum juga bisa turun saat PSM menantang Bali United. Andai Jansen belum juga pulih, bisa jadi Juku Eja main tanpa penyerang murni false nine.

"Akan kita lihat siapa yang siap, untuk Anco (Jansen) kita bisa carikan pengganti kalau terjadi apa-apa sama dia," ucapnya.

2. Abdul Rahman Sulaeman masih dalam pengawasan tim dokter

Pelatih PSM Sebut Pluim dan Jansen Mulai PulihBek PSM Makassar yakni Abdul Rahman Sulaeman dalam sesi latihan tim di Cikarang, Jawa Barat, pada 21 September 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Di sisi lain, Milo masih menunggu konfirmasi dari tim dokter untuk perkembangan terkini kondisi Abdul Rahman Sulaeman. Sang stopper kembali dibekap cedera juga saat Juku Eja bersua Persib.

Lutut kanannya bengkak akibat salah tumpuan ketika salah mendarat usai melakoni duel bola udara. Dari laporan terakhir yang Milo terima, tim dokter menunggu memar yang dialami bek asal Sidrap itu hilang sebelum tindakan medis diambil.

"Dia masih ditunggu bengkaknya menurun. Misalkan bengkak sudah menurun mereka baru bisa ambil foto (rontgen, red.) supaya lebih bagus hasilnya," papar pria 57 tahun itu.

3. Hilman Syah sudah kembali berlatih dengan tim utama pasca dibekap cedera

Pelatih PSM Sebut Pluim dan Jansen Mulai PulihKiper PSM Makassar Hilman Syah dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center Makassar pada 9 Oktober 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Erwin Gutawa telah dipersiapkan sebagai pendamping Serif Hasic di sektor belakang. Ia bahkan dimasukkan sebagai pengganti Abdul Rahman yang harus ditandu keluar lapangan.

Wiljan Pluim sendiri tak lagi berlatih terpisah pada sesi persiapan di Bosowa Sport Center sejak Minggu silam (10/10/2021). Dalam video yang diunggah ke kanal YouTube resmi PSM Makassar, ia bersama Anco Jansen bahkan ikut berpartisipasi dalam sesi mini game yang dipimpin langsung oleh Milomir Seslija.

Sementara itu, kiper utama Hilman Syah sudah mulai berlatih meski belum berintensitas tinggi. Pemuda asal Jeneponto itu sudah menepi sejak pekan kedua BRI Liga 1 2021/22 usai alami masalah di bagian kaki.

Baca Juga: PSM Pinjamkan Dua Jebolan Garuda Select ke Tim Liga 2

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya