Pelatih PSM Sebut Kemenangan atas Badak Lampung FC Berkat Evaluasi

Laskar Saburai melorot ke dasar klasemen sementara Liga 1

Makassar, IDN Times - PSM genapkan misi melanjutkan tren positif yang digenggam sejak laga pembuka. Menjamu Badak Lampung FC dalam lanjutan pekan kedua Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar pada Jumat (24/5) malam, mereka berhasil menang dengan margin mencolok, yakni 4-0.

Kendati tanpa Wiljan Pluim dan Eero Markkanen akibat cedera, Juku Eja masih sanggup mendominasi sepanjang 90 menit. Tak butuh waktu lama, tuan rumah langsung memimpin berkat gol Rasyid Barkri di menit ke-16. Berturut-turut menyusul Zulham Zamrun (41'), M Rahmat (44) dan Guy Junior (68').

1. Pasca laga kontra Semen Padang, kinerja sektor depan PSM mulai membaik

Dalam sesi jumpa pers setelah waktu normal rampung, juru taktik PSM, Darije Kalezic menyebut bahwa kemenangan ini sudah sesuai dengan target. Lebih jauh, Marc Klok dan kawan-kawan sudah bermain dengan instruksi dan taktik yang dipersiapkan. Mereka menancapkan dominasi nyaris sepanjang 90 menit. Terbukti dari angka penguasaan bola hingga 59 persen ditambah jumlah peluang yang mencapai 20.

Kinerja sektor depan yang dirasa belum maksimal ketika bersua Semen Padang mulai membaik. "Setelah menganalisa laga pertama, kami menemukan sesuatu yang kurang dalam strategi sehingga membuat kinerja tak baik. Sepanjang dua hari kemarin, kami fokus melakukan evaluasi dan mengubah strategi. Hasilnya sudah sesuai seperti yang saya inginkan," kata pria 49 tahun tersebut.

2. Lini depan Badak Lampung FC belum mampu perlihatkan taji

Sementara itu, Jan Saragih dari kubu Badak Lampung FC mengakui kualitas para penggawa tuan rumah. Meskipun telah melakukan evaluasi pasca dicukur PS TIRA-Persikabo sepekan silam, kesalahan tetap tak terhindarkan.

"PSM bermain dengan memanfaatkan peluang. Mereka terlalu mudah masuk (ke kotak penalti kami). Kita tidak mampu menciptakan gol meski banyak menciptakan peluang. Tak ada yang bisa dimaksimalkan," tandas sosok yang pernah menjadi analis sepak bola di Inggris tersebut.

Harus diakui, trisula Jefri Kurniawan - Marquinhos - Muhammad Fahri masih tumpul. Dari total 12 tembakan, hanya 5 yang tepat sasaran atau sanggup merepotkan Rivky Mokodompit. Sementara PSM sanggup bukukan 10 shot on target.

Baca Juga: Tanpa Kekuatan Penuh, PSM Makassar Libas Badak Lampung FC

3. Pekan selanjutnya, Pasukan Ramang melawat ke markas PS TIRA-Persikabo

Pelatih PSM Sebut Kemenangan atas Badak Lampung FC Berkat EvaluasiANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Kemenangan kedua mengantar Pasukan Ramang menempel ketat sang pemuncak klasemen sementara yakni Madura United dari posisi kedua dengan koleksi poin identik yakni 6, namun berbeda selisih gol. Adapun Kunihiro Yamashita beserta kolega harus menerima kenyataan turun ke dasar klasemen lantaran belum juga memetik poin atau gol sama sekali.

Di pekan ketiga Liga 1 2019, giliran PSM yang lakoni laga tandang. Mereka bakal melawat ke Stadion Pakansari Cibinong, markas PS TIRA-Persikabo, pada Rabu (29/5). Sementara Laskar Saburai melanjutkan tur ke kandang tim promosi Kalteng Putra, Stadion Tuah Pahoe Palangkaraya, di hari Selasa (28/5) mendatang.

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya