Comscore Tracker

Pelatih PSM Sayangkan Osas Saha Gagal Cetak Gol Lawan Persita

"Ada terlalu banyak kesalahan," ujar coach Bojan

Makassar, IDN Times - PSM Makassar ditahan imbang Persita Tangerang dengan skor 1-1 pada laga pekan kedua Shopee Liga 1 2020, Jumat (6/3) sore kemarin. PSM sempat unggul lewat gol Asnawi Mangkualam Bahar di menit ke-21, tapi tim tuan rumah menyamakan kedudukan melalui gol bek kiri Edo Febriansyah di babak kedua.

Pada konferensi pers usai pertandingan, pelatih kepala PSM Makassar Bojan Hodak menyebut anak asuhnya sudah bermain baik. Namun, keputusan bertahan usai unggul skor ternyata jadi bumerang.

Baca Juga: Imbang Lawan Persita 1-1, PSM Makassar Gagal Bawa Pulang Poin Penuh

1. Bojan Hodak menyebut partai kontra Persita Tangerang sebagai "pertandingan yang menarik"

Pelatih PSM Sayangkan Osas Saha Gagal Cetak Gol Lawan PersitaDok. PSM Makassar/Ahmad Alia

"Kami mulai bertahan alih-alih meneruskan gaya bermain di 25 menit awal. Itu adalah sebuah kesalahan. Padahal kami bisa saja menang. Ini adalah pertandingan yang menarik bagi para suporter dan penonton, tapi tidak dengan kami para pelatih karena ada terlalu banyak kesalahan," ujar coach Bojan.

Menyoal kegagalan memetik poin penuh di partai tandang perdana, Bojan berujar masih ada waktu untuk berbenah. "Kami sudah melupakan sepenuhnya apa yang terjadi di musim lalu," lanjutnya.

2. Turun sebagai tandem Giancarlo Rodrigues di sektor depan, penampilan Osas Saha kurang menggigit

Pelatih PSM Sayangkan Osas Saha Gagal Cetak Gol Lawan PersitaLiga-Indonesia.id

Penampilan Osas Saha turut menjadi sorotan. Berperan sebagai tandem Giancarlo Rodrigues di sektor depan, ia gagal memanfaatkan tiga peluang emas di depan gawang Annas Fitranto.

Salah satunya pada menit ke-55, saat umpan silang kiriman Wiljan Pluim urung dikonversi jadi gol kedua PSM. Padahal penyerang 31 tahun itu berdiri bebas lantaran lolos dari kawalan bek-bek Persita.

Bojan menegaskan Osas adalah bagian dari opsi rotasi jelang berlaga di AFC Cup. Namun, dirinya menyayangkan kegagalan upaya sang pemain menyarangkan gol.

"Anda bisa melihat bahwa saya memainkan Ferdinand Sinaga dan Osas Saha secara bergantian, sebab jadwal kami padat. Memainkan mereka bersamaan bukan sebuah langkah tepat. Pertandingan tadi berjalan sulit baginya. Ia gagal mencetak gol, padahal itu akan sangat berarti untuk tim," papar pelatih asal Kroasia itu.

3. Lini tengah Juku Eja kembali kehilangan satu pemain jelang jalani lanjutan AFC Cup

Pelatih PSM Sayangkan Osas Saha Gagal Cetak Gol Lawan PersitaLiga-Indonesia.id

Laga ini turut memakan korban. Rizky Pellu terpaksa harus ditarik pada menit ke-70 lantaran mengalami cedera. Ini jelas kabar yang mengkhawatirkan jelang PSM menjamu Kaya-FC-Iloilo di helatan AFC Cup, Selasa (10/3) mendatang.

Sebelumnya sudah ada Rasyid Bakri yang dibekap cedera hamstring. Lini tengah PSM kian keropos lantaran Wiljan Pluim tengah jalani sanksi disiplin dari AFC. Praktis hanya tersisa  Muhammad Arfan sebagai satu-satunya gelandang murni.

Bojan mengaku masih memikirkan cara menambal masalah pada sektor gelandang. "Harus dilihat bahwa ini adalah laga ketiga kami dalam waktu delapan hari. Jadi para pemain akan merasa lelah. Ini normal, namun yang menjadi perhatian kami adalah melihat siapa yang siap bermain (di laga kontra Kaya FC). Kami sudah pasti akan melakukan beberapa perubahan," ucapnya.

4. Widodo menyebut pemain Persita dibayangi rasa gugup dan lambat panas

Pelatih PSM Sayangkan Osas Saha Gagal Cetak Gol Lawan PersitaLiga-Indonesia.id

Sementara itu dari kubu Persita, Widodo C. Putro selaku juru taktik menyebut satu poin di kandang sendiri sudah maksimal. Ia menyebut bahwa Hamka Hamzah dkk tak kalah dengan tim tamu. Serangan skuat Pendekar Cisadane terlihat lebih tajam di babak kedua setelah masuknya Ricky Kayame dan Elia Basna. Namun, gol pembalik keadaan tak kunjung mereka peroleh hingga peluit panjang dibunyikan.

Dikutip dari situs resmi Persita, coach Widodo mengakui bahwa anak asuhnya dilanda telat panas dan gugup sebab baru kali pertama tampil di kandang.

"Mungkin karena ini pertama home, ya. Pemain juga melihat kemungkinan PSM sebagai tim yang sudah matang, jadi sangat berhati-hati. Akhirnya di babak pertama, kami kecolongan. Di babak kedua saya instruksikan bermain lepas aja. Akhirnya mereka bisa bermain dan bisa menciptakan beberapa peluang. Tapi, ya memang inilah yang sudah maksimal dilakukan," papar Widodo. 

5. PSM menjamu Barito Putera pada pertandingan selanjutnya

Pelatih PSM Sayangkan Osas Saha Gagal Cetak Gol Lawan PersitaANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Sebiji poin membawa Pasukan Ramang bertengger di papan atas klasemen sementara Shopee Liga 1 2020. Mereka menempat peringkat pertama berkat koleksi empat poin, unggul selisih gol dari Bali United yang pada hari yang sama menundukkan Barito Putera dengan skor tipis 1-2.

Di pekan ketiga, PSM Makassar bakal menerima lawatan Barito Putera di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Minggu (15/3) pekan depan.

Namun agenda terdekat Ferdinand Sinaga cs adalah matchday kedua Grup H AFC Cup 2020. Mereka dijajal Kaya FC-Iloilo sang pemuncak klasemen di hari Selasa (10/3) mendatang, bertempat di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca Juga: Alasan Mengapa PSM Tak Pakai Jersey Baru di Pekan Perdana Liga 1 2020

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya