Comscore Tracker

Pelatih PSM Puas Timnya Main Imbang dengan Persija

PSM memilih berhati-hati meski unggul jumlah pemain

Makassar, IDN Times - Pertandingan leg pertama semifinal Piala Menpora antara Persija Jakarta kontra PSM Makassar berakhir imbang tanpa gol di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis malam (15/4/2021).

Laga diwarnai hujan kartu. Wasit mengeluarkan tujuh kartu kuning untuk PSM, serta lima kartu kuning plus satu kartu merah bagi Persija. Berbicara usai pertandingan, pelatih PSM Syamsuddin Batolla mengaku puas dengan hasil 0-0.

"Kita tahu Persija tim solid, pemain-pemainnya semua punya nama temasuk pemain asing. Sedangkan saya cuma andalkan pemain-pemain lokal. Tapi itu hasil kerja keras pemain-pemain saya," kata Syam.

Baca Juga: PSM Bermain Imbang Tanpa Gol Lawan 10 Pemain Persija

1. PSM tetap berhati-hati meski sudah unggul jumlah pemain

Pelatih PSM Puas Timnya Main Imbang dengan PersijaPesepak bola Persija Jakarta Osvaldo Haay (tengah) mencoba melewati sejumlah pesepak bola PSM Makassar saat pertandingan semifinal Leg I Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (15/4/2021). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Di akhir-akhir laga, PSM mendapat keuntungan karena unggul jumlah pemain setelah bek kanan Persija, Marco Motta diusir wasit. Alih-alih meningkatkan tempo serangan, PSM memilih bermain aman. 

Syamsuddin Batolla berdalih timnya ingin tetap berhati-hati, ditambah tebalnya tembok belakang Persija.

"Setelah kami unggul pemain, pemain Persija turun bertahan di daerah mereka. Karena itu saya jadi hati-hati dalam membangun serangan. Saya ingin pelan-pelan untuk membuka serangan, karena mereka berkumpul di tengah," ujarnya.

"Saya tidak mau gegabah untuk menyerang terus akhirnya kecolongan serangan balik," dia menambahkan.

2. Dari statistik, Pasukan Ramang lebih moncer ketimbang Macan Kemayoran

Pelatih PSM Puas Timnya Main Imbang dengan PersijaPesepak bola Persija Jakarta Marco Motta (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Rizky Eka (kanan) saat pertandingan semifinal Leg I Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (15/4/2021). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Menurut statistik, Pasukan Ramang justru lebih moncer ketimbang Macan Kemayoran. Mereka mencatatkan 51 persen penguasan bola.

PSM juga jauh lebih agresif. Mereka tercatat melakukan 8 tembakan, 4 di antaranya mengarah langsung ke gawang. Sedangkan Persija cuma mengancam sebanyak 4 kali, dengan 3 peluang emas yang digagalkan kiper Hilman Syah.

Untuk persiapan leg kedua, coach Batolla mengonfirmasi timnya baru berangkat ke Solo pada Jumat malam (16/4/2021). Waktu istirahat jadi pertimbangan utama.

"Setelah ini pemain kami tak bisa beristirahat, karena pasti akan ada beberapa yang tidak bisa tidur untuk makan sahur lagi. Itulah alasannya lebih baik tinggal di sini untuk recovery agar anak-anak lebih fresh," katanya.

3. Pemenang leg kedua Minggu nanti bakal melenggang ke final

Pelatih PSM Puas Timnya Main Imbang dengan PersijaWinger Persija Jakarta, Osvaldo Haay (kiri), saat melewati dua pemain PSM Makassar yaitu Sutanto Tan (tengah) dan Muhammad Arfan (kanan) dalam leg pertama semifinal Piala Mempora di Stadion Maguwoharjo Slaman, Kamis 15 April 2021. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Absennya Marco Motta di leg kedua ternyata tak serta merta dianggap sebagai keuntungan. Syamsuddin yakin Persija punya pengganti dengan kualitas sepadan.

"Saya kira siapa pun yang bermain di Persija, yang di bangku cadangan dan yang bermain, kualitasnya tidak beda jauh. Mereka punya banyak alternatif. Rohit Chand saja bisa jadi stopper," ungkapnya.

Pertandingan semi final Piala Menpora 2021 digelar dalam dua leg. Tiket ke final akan ditentukan pada pertandingan kedua di Stadion Manahan Solo pada Minggu malam, 18 April 2021. Pemenang pada pertandingan itu otomatis akan melenggang ke partai puncak, melawan pemenang antara Persib Bandung dan PSS Sleman. 

Baca Juga: Melaju ke Semifinal, PSM Makassar Wujudkan Mission Impossible   

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya