Pelatih PSM Makassar Minta Jadwal Pertandingan Liga 1 Direvisi

Tak lepas dari laga penting di fase gugur AFC Cup 2022

Makassar, IDN Times - Rancangan jadwal pertandingan PSM Makassar di Liga 1 2022/23 mendapat komentar dari sang pelatih kepala, Bernardo Tavares. Ia meminta agar operator kompetisi segera merevisi skedul lantaran anak asuhnya juga harus lakoni babak semifinal AFC Cup 2022.

"Akan sangat membantu jika jadwal yang dimiliki PSM Makassar mengalami perubahan atau revisi kembali, akan sangat sulit bagi kita untuk melakukan pertandingan tanggal 6 Agustus dan kemudian tanggal 9 Agustus," katanya seperti dilansir situs resmi PSM pada Kamis (7/7/2022).

1. Pelatih kepala PSM khawatir dengan potensi kelelahan akibat jadwal padat

Pelatih PSM Makassar Minta Jadwal Pertandingan Liga 1 DirevisiSuasana latihan skuat PSM Makassar di Shah Alam Mini Stadium, Selangor, Malaysia, pada Selasa 21 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Dalam draft  yang diterima oleh IDN Times, Wiljan Pluim dkk akan dihadapkan dengan jadwal padat pada awal bulan Agustus. Pertama-tama, mereka akan menerima lawatan Persija Jakarta di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada Sabtu 6 Agustus.

Setelah itu, harus terbang ke Bekasi untuk menjamu Kedah Darul Aman FC di semifinal AFC Cup 2022 Zona ASEAN, Rabu 10 Agustus. Tiga hari berselang, Sabtu 13 Agustus, PSM langsung bertandang ke kandang RANS Nusantara FC pada laga pekan keempat. Artinya, skuat Juku Eja harus bertanding tiga kali selama delapan hari.

2. Tanggal revisi bahkan ikut diusulkan oleh Bernardo Tavares

Pelatih PSM Makassar Minta Jadwal Pertandingan Liga 1 DirevisiSalah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 antara PSM Makassar versus Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur Stadium pada Jumat 24 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Melihat potensi kelelahan akibat jadwal padat, coach Tavares meminta secara khusus untuk meminta dua laga Liga 1 diubah. Pelatih asal Portugal itu bahkan turut menyebut tanggal spesifik, seolah ingin "meringankan" kerja pihak operator kompetisi.

"Kita harus mewakili indonesia di kancah internasional. Jadi tanggal yang bagus (untuk pertandingan Liga 1) ada di tanggal 4 Agustus melawan Persija dan RANS mungkin di tanggal 14 Agustus," jelas eks manajer IFK Helsinki tersebut. Tapi, belum ada penjelasan apakah usul tersebut sudah disampaikan melalui korespondensi resmi.

Baca Juga: AFC Cup: Menghitung Kans PSM Makassar Lolos ke Fase Gugur

3. Sikap keberatan atas draft jadwal sudah disampaikan oleh Persib

Pelatih PSM Makassar Minta Jadwal Pertandingan Liga 1 DirevisiPesepak bola Persib Bandung Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Aditya Putra Dewa (kanan) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (22/2/2022) malam. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Jadwal padat akibat AFC Cup juga dialami PSM pada musim 2019. Saat itu, mereka juga jalani babak gugur Piala Indonesia. Tak perlu waktu lama, permintaan manajemen dan pelatih kepala Darije Kalezic dikabulkan oleh PSSI.

Komentar miring tentang rancangan skedul musim 2022/23 juga tak cuma datang dari PSM. Manajemen Persib Bandung, secara resmi mengirim surat keberatan pada PT Liga Indonesia Baru pada Rabu kemarin (6/7/2022). Pihak Pangeran Biru rupanya tidak setuju selalu kick off pukul 20.30 kala bermain di kandang.

Baca Juga: Adu Catatan Asia Milik PSM Makassar dan Kedah Darul Aman FC

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya