Comscore Tracker

Pelatih Baru PSM Antusias Liga 1 Kembali Dihadiri Penonton

Kehadiran suporter membuat tim lebih termotivasi di lapangan

Makassar, IDN Times - Penonton dipastikan bisa kembali hadir menyaksikan laga BRI Liga 1 2021/22. Kabar baik disampaikan PT Liga Indonesia Baru (LIB) kepada publik di awal pekan ini. Sebelumnya, mereka sudah melakukan hal serupa di babak 8 besar ajang Liga 2 kemarin.

Pelatih PSM Joop Gall menyambut antusias kehadiran penonton. Ia yakin suporter juga bisa menjadi suntikan moril tambahan bagi Juku Eja.

"Apa yang lebih baik selain bertanding dan didukung langsung oleh suporter? Suporter bisa mengangkat performa tim. Suporter bisa membuat tim jadi lebih termotivasi," ujarnya dalam sesi jumpa pers virtual pada Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Lima Pertemuan Terakhir PSM Vs Madura United, Rekor Imbang!

1. Tak lepas dari terbitnya Inmendagri terbaru

Pelatih Baru PSM Antusias Liga 1 Kembali Dihadiri PenontonPemain PSM Makassar Ilham Udin Armaiyn (paling kanan) melepas tembakan dalam laga pekan ke-17 BRI Liga 1 2021/22 kontra Persiraja Banda Aceh di Stadion Maguwoharjo Sleman, 13 Desember 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 1 Tahun 2022 jadi landasan keputusan operator liga. Ini juga tak lepas dari tren angka kasus harian COVID-19 nasional yang mengalami penurunan signifikan beberapa bulan terakhir. Selain itu, protokol kesehatan juga sudah dijalankan sejak BRI Liga 1 2021/22 mulai berlangsung pada Agustus lalu.

"Kami selalu patuh dan taat pada ketentuan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Termasuk dalam penyelenggaraan pertandingan sepak bola Liga 1 yang rencananya akan dihadiri oleh penonton," ungkap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dalam siaran persnya.

2. Ada sejumlah syarat yang harus dipatuhi calon penonton

Pelatih Baru PSM Antusias Liga 1 Kembali Dihadiri PenontonIlustrasi aplikasi PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, menjabarkan secara rinci sejumlah syarat yang harus dipenuhi para suporter.

"Beberapa peraturan yang wajib dipatuhi contohnya penonton harus sudah melakukan tes swab antigen dengan hasil negatif dan sudah masuk dalam aplikasi PeduliLindungi," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi PT LIB.

"Penonton dan siapa pun yang bisa masuk ke dalam stadion, harus sudah mendapatkan vaksin dua kali. Tanpa kecuali," imbuhnya.

Selain itu, cuma ada satu laga pada setiap pekan yang bisa dihadiri penonton. Jumlahnya pun dibatasi, cuma 25 persen dari kapasitas stadion atau sekitar 5 ribu orang.

3. Laga dengan penonton cuma berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta

Pelatih Baru PSM Antusias Liga 1 Kembali Dihadiri PenontonSuasana Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar. (Instagram.com/baliunitedfc)

Penonton direncanakan bisa hadir memberi dukungan dari tribun mulai pekan ke-19. Lantas, apakah PSM sudah mengantongi tanggal pasti kapan bisa menyapa suporter?

Saat dikonfirmasi oleh IDN Times, Media Officer PSM yakni Sulaiman Abdul Karim mengaku pihaknya belum mendapat intruksi rinci terkait jadwal. Tapi, ia memberi sedikit "bocoran."

"Pertandingan yang boleh ada penonton hanya (berlangsung) di Stadion Kapten I Wayan Dipta," ujarnya dalam pesan singkat yang diterima pada Sabtu siang (8/1/2022).

Baca Juga: Ferdinand Sinaga-PSM Makassar, Kisah Hubungan 4 Kali Putus Nyambung

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya