Comscore Tracker

Mengintip Persiapan Lalenok United FC Jelang Jumpa PSM Makassar

Juara Timor Leste menantang Juku Eja di play-off AFC Cup

Makassar, IDN Times - Jelang babak play-off AFC Cup 2020, persiapan tak hanya dilakukan oleh PSM Makassar. Lalenok United FC, sang calon lawan asal Timor Leste, turut menggelar sesi latihan intens sebelum berjumpa Juku Eja di leg pertama pada 22 Januari mendatang, di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

"Tim ini sudah melakukan persiapan sejak bulan November tahun lalu sampai sekarang. Jadi, semua pemain sudah siap bertanding baik secara fisik maupun mental," ujar Media Officer Lalenok United, Francisco Urbano dos Santos, saat dihubungi oleh IDN Times pada Senin (13/1) sore.

1. Usai raihan treble winner pada musim 2019, seluruh pemain Lalenok United FC sudah tak sabar tampil di panggung Asia

Mengintip Persiapan Lalenok United FC Jelang Jumpa PSM MakassarDok. Liga Futebol Amadora

Kisah anak asuh Jantje Matmey tersebut terbilang sensasional. Pada musim 2019 kemarin, mereka menyabet treble winner (Liga, Piala, dan Piala Super Timor Leste) dengan status tim promosi. Kini panggung Asia sudah menunggu. Seluruh pemain Lalenok United disebut sudah tak sabar menjajal tantangan baru.

"Bermain di babak play-off AFC Cup adalah kesempatan baru. Para pemain merasa sangat termotivasi dan ingin menunjukkan talenta dan kemampuan mereka dalam turnamen internasional, terutama kepada PSM dan suporternya," lanjut Francisco.

Seluruh punggawa Lalenok United pun disebut antusias menggurat kisah baru dalam persaingan sepak bola negara yang saling bertetangga tersebut, lewat laga kontra PSM Makassar.

2. Salah satu rekrutan anyar Lalenok United adalah gelandang asal Indonesia, Iner Sontany (kanan)

Mengintip Persiapan Lalenok United FC Jelang Jumpa PSM MakassarDok. Lalenok United FC

Selain melakukan persiapan jangka panjang, Lalenok United turut merekrut sejumlah pemain baru di bursa transfer musim 2020. Mayoritas berasal dari sesama klub Liga Futebol Amadora, kasta teratas sepak bola Timor Leste.

Sejauh ini ada lima rekrutan pemain lokal yakni Daniel Adade (penyerang, dari Assalam FC), Rufino Walter Gama (penyerang, dari Karketu Dili FC), Francisco Minorino Da Conceicao Savio (bek, dari Academia FC), Melkey (bek, dari Nagardjo FC) serta penggawa Timor Leste U-15, Paulo Gali Freitas. Penyerang yang tampil moncer pada AFF Cup U-15 tahun lalu itu direkrut dari klub SSB Laulara.

Namun yang mencuri perhatian adalah perekrutan pemain asal Indonesia yakni Iner Sontany. Gelandang eks Timnas U-19 Indonesia itu pada musim 2019 merumput bersama klub Brunei Darussalam, yakni Indera SC.

Baca Juga: Play-Off Belum Dihelat, PSM Sudah Kebagian Tempat di AFC Cup 2020

3. Meski terpaksa berlaga jauh dari Timor Leste, anak asuh Jantje Matmey sudah intens melakukan persiapan sejak November 2019

Mengintip Persiapan Lalenok United FC Jelang Jumpa PSM MakassarDok. Lalenok United FC

Di sisi lain, Lalenok United harus mengurungkan niat tampil di depan pendukung sendiri. Menurut Francisco, timnya melalui pihak federasi yakni Timor Leste Federation of Football (TLFF) telah menyodorkan tiga stadion calon homebase kepada AFC.

Yang pertama adalah Estadio Cafe de Ermera, stadion di kota Dili yang baru diresmikan pada Agustus 2019. Dua sisanya berada di Indonesia, yakni Stadion Wibawa Mukti Cikarang dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Yang terpilih adalah kandang Bali United.

Pihak Lalenok United enggan berkecil hati. Persiapan tetap digencarkan meski harus berlaga jauh dari rumah. Mereka baru saja menggelar partai uji coba kontra Timnas Timor Leste U-19 pada Sabtu (11/1) kemarin. Laga tersebut berakhir dengan skor 5-2 untuk Lalenok United.

"Kami sudah menyiapkan segalanya, mulai dari segi finansial hingga teknikal. Jadi, kami sudah siap berangkat (ke Bali) pada 19 Januari ini," pungkas Francisco.

Baca Juga: PSM Makassar Jumpa Juara Liga Timor Leste di Play-Off AFC Cup 2020

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You