Mengenal Jeonnam Dragons, Klub Baru Asnawi Mangkualam

Musim lalu Jeonnam mentas di AFC Champions League

Makassar, IDN Times - Rumor transfer Asnawi Mangkualam yang kencang berembus beberapa hari terakhir ternyata menjadi kenyataan. Melalui pernyataan resmi di situs resmi klub pada Jumat pagi (27/1/203), Jeonnam Dragons mengumumkan telah menggaet bek kelahiran Makassar tersebut dari Ansan Greeners.

"Saya senang Asnawi telah bergabung. Dia adalah pemain dengan kecepatan dan keterampilan teknis yang baik," ungkap Lee Jang-kwan selaku manajer tim. "Saya berharap dia bisa beradaptasi dengan baik dengan tim dan menunjukkan performa yang bagus," imbuhnya.

Jeonnam Dragons memang masih asing di kuping pencinta sepak bola Makassar. Tapi mereka sempat tampil di AFC Champions League edisi musim lalu. Berikut IDN Times menyusun profil singkatnya untuk pembaca.

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Bahar Makin Cemerlang di Korea Selatan

1. Jeonnam Dragons sudah menyabet empat gelar juara Korean FC Cup

Mengenal Jeonnam Dragons, Klub Baru Asnawi MangkualamPara pemain Jeonnam Dragons yang berlaga di K League 2 musim 2022. (Instagram.com/jeonnamdragons)

Didirikan dengan nama Chunnam Dragons, mereka mulai mentas pada tahun 1995 alias di musim ke-13 K League yang saat itu belum mengenal sistem promosi-degradasi. Pada dekade 1990-an akhir dan 2000-an awal, Jeonnam lebih sering finis di papan tengah atau bawah.

Namun, beberapa kali mereka sempat merangsek ke papan atas K League. Seperti di musim 1997, saat Jeonnam finis sebagai runner-up, serta peringkat ketiga pada 1999 serta 2004. Prestasi mereka menurun drastis pada 2018, kala Jeonnam terdegradasi.

Meski belum pernah menang liga, Jeonnam ternyata masih bisa menyabet trofi Korean FA Cup. Mereka keluar sebagai jawara sebanyak empat kali, masing-masing di edisi 1997, 2006, 2007 dan terakhir 2021 saat Jeonnam mentas di kasta kedua.

Lantaran bisa menjuarai Korean FA Cup 2021, mereka mengantongi satu tiket fase grup AFC Champions League 2022 meski sedang berada di K League 2.

2. Sudah ada 8 pemain anyar didaratkan, termasuk Asnawi dari Ansan Greeners

Mengenal Jeonnam Dragons, Klub Baru Asnawi MangkualamPertandingan K League 2 musim 2022 antara Jeonnam Dragons versus Bucheon FC 1995 yang berlangsung di Gwangyang Football Stadium, Oktober 2022. (Instagram.com/jeonnamdragons)

Pada musim 2022, Jeonnam Dragons finis di posisi buncit yakni 11, saat Ansan Greeners berada di peringkat 9. Beruntung sistem promosi-degradasi baru diperkenalkan para 2023, sehingga anak asuh Park Se-yeon bisa selamat dari relegasi kedua dalam lima tahun terakhir.

Namun, jelang K League 2 2023, klub yang bermarkas di Kota Gwangyang ini langsung berbenah mencari pemain baru. Sebelumnya sudah ada tujuh pemain yang mereka datangkan untuk memperdalam materi tim.

Mulai dari striker Ha Nam (Gyeongnam FC), gelandang serang Valdivia asal klub Brazil Cuaiba EC, kiper Choi Bong-jin (Gimpo FC) serta bek Shin Il-soo yang juga sebelumnya memperkuat Ansan bersama Asanwi.

Selain itu, Jeonnam juga merombak seluruh jajaran tim pelatih di akhir musim 2022. Mereka memutus kontrak Kim Young-jin, serta merekrut Lee Jang-kwan yang sebelumnya menukangi tim sepak bola Yong-In University.

3. Asnawi sudah menyebut Jeonnam Dragons punya peluang untuk promosi musim ini

Mengenal Jeonnam Dragons, Klub Baru Asnawi MangkualamAsnawi Mangkualam saat diperkenalkan sebagai pemain baru Jeonnam Dragons, Jumat 27 Januari 2023. (Instagram.com/jeonnamdragons)

Asnawi mengaku sudah tak sabar untuk menjalani debut dalam balutan seragam kuning-hitam. Menurut bek kanan Timnas Indonesia itu, Jeonnam Dragons punya kans untuk promosi ke K League 1.

"Saya sangat senang bergabung dengan Jeonnam, yang memiliki peluang promosi. Jeonnam Dragons dikenal sebagai klub yang memiliki sejarah panjang di sepak bola Korea. Saya akan melakukan yang terbaik untuk menunjukkan penampilan yang baik kepada tim ini," ujarnya seperti dilansir situs resmi klub.

Putra Bahar Muharram tersebut juga sudah bergabung dengan seluruh pemain Jeonnam yang sedang jalani pemusatan latihan di Changwon Winter Training Center.

Baca Juga: Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Asnawi Sindir Netizen

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya