Menerka Rotasi PSM Makassar yang Terancam Kehilangan Winger Andalan

Sejumlah nama mencuat jelang laga kontra Bali United

Makassar, IDN Times - PSM Makassar kehilangan dua winger jelang berjumpa Bali United di laga pekan ke-8 BRI Liga 1 2023-24, Jumat besok (11/8/2023). Mereka adalah Victor Dethan serta Dzaky Asraf, para jebolan tim U-18 yang sama-sama promosi ke tim utama musim kemarin.

Victor Dethan terpaksa absen di laga ini lantaran menerima dua kartu kuning saat menang atas Persita Tangerang, Senin lalu (7/8/2023). Dzaky sendiri dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, untuk mengikuti pemusatan latihan jelang Piala AFF U-23.

Baca Juga: PSM Dapat Denda Paling Banyak dari Komdis PSSI, Total Rp155 Juta

1. Pelatih kepala harus menyiasati jadwal padat dengan melakukan rotasi pemain

Menerka Rotasi PSM Makassar yang Terancam Kehilangan Winger AndalanPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 kontra Persija Jakarta. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Praktis, kini stok pemain sayap kanan Juku Eja hanya tersisa dua saja, yakni Yakob Sayuri dan Rizky Eka Pratama. Jika pelatih kepala Bernardo Tavares mengutamakan opsi rotasi, maka akan ada beberapa pemain yang menjadi kandidat starter.

Tentu saja ini menghitung situasi dan kondisi anak asuhnya di sela jadwal padat dengan jarak antar pertandingan hanya tiga hingga empat hari. Belum lagi jika saat persiapan atau laga berjalan ada pemain tertentu yang mengalami cedera, imbas dari kelelahan dan masa recovery mepet.

2. Ricky Pratama (kiri) dan Andy Harjito (kanan) mampu melakoni peran sebagai pemain sayap

Menerka Rotasi PSM Makassar yang Terancam Kehilangan Winger AndalanPemain PSM Makassar, Ricky Pratama (kiri) dan Andy Harjito (kanan), dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada 5 Juli 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Dua nama mencuat lantaran bisa menempati kedua sisi sayap. Mereka adalah Ricky Pratama serta penyerang muda pinjaman dari Borneo FC yakni Andy Harjito. Ricky sudah merumput selama 55 menit (2 pertandingan) dan belum menjebol gawang lawan. Sedangkan Andy sudah mengemas satu gol meski baru tampil sekitar 3 menit di 3 laga.

Jika Yakob yang serbabisa harus digeser ke kanan, pos sayap kiri bisa ditempati oleh sang saudara kembar yakni Yance Sayuri atau Edgard Amping. Yance sudah tampil sebanyak 7 kali di Liga 1 dan menyumbang sebiji asis. Sedangkan Edgard baru sekali masuk Daftar Susunan Pemain (DSP) meski tak diturunkan, tepatnya di laga pekan lalu.

3. Dua pemain muda, Sandy Ferizal (kiri) dan Mufli Hidayat (kanan) bisa ditempatkan di sayap kanan

Menerka Rotasi PSM Makassar yang Terancam Kehilangan Winger AndalanDua pemain PSM Makassar, Sandy Ferizal (kiri) dan Mufli Hidayat (kanan). (Instagam.com/psm_makassar)

Lebih jauh, bek muda Sandy Ferizal bisa diberi kesempatan sebab pernah beberapa kali diplot menjadi sayap kanan saat bermain untuk Persela Lamongan musim lalu. Posisi winger kanan juga bisa diserahkan pada Mufli Hidayat, yang musim ini baru mengoleksi satu penampilan.

Meski begitu, Juku Eja bisa saja meminta kelonggaran kepada PSSI dengan menahan Dzaky paling tidak untuk laga versus Serdadu Tridatu. Ini sudah pernah mereka lakukan beberapa kali, salah satunya saat Ananda Raehan Alif dan Ramadhan Sananta dipanggil seleksi Timnas U-22 untuk ajang SEA Games 2023.

Baca Juga: Jelang Lawan Bali United, PSM Makassar Kekurangan Opsi Rotasi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya