Mendadak Batal, Tagar Usut Tuntas BUMI Fest Makassar Menggema

Dibatalkan pada hari penyelenggaraan, mengundang rasa kecewa

Makassar, IDN Times - Acara musik BUMI Fest menjadi sorotan selama beberapa hari terakhir. Seharusnya, helatan tersebut berlangsung pada Sabtu (2/9/2023) hingga Minggu (3/9/2023). Tapi, PT. BUMI Fest Internasional selaku event organizer secara mendadak melakukan pembatalan hanya beberapa jam sebelum penyelenggaraan.

Alasan pembatalan sendiri tidak diungkapkan secara jelas dalam pernyataan resmi melalui akun Instagram @bumifest pada Sabtu kemarin (2/9/2023). Hanya disebutkan bahwa terdapat pemasalahan yang terjadi sehingga membuat acara tersebut akhirnya urutng terlaksana.

1. Pembatalan BUMI Fest secara mendadak mengundang reaksi kecewa dari pembeli tiket di media sosial

Pembatalan BUMI Fest yang sudah gencar melakukan publikasi sejak bulan Mei lalu mengundang rasa kecewa dari para penonton yang sudah membeli tiket. Tagar #UsutTuntasBumiFestMakassar pun sempat menjadi trending topic di Twitter selama dua hari, dengan angka pembicaraan mencapai lebih dari 20 ribu cuitan.

Salah satu curhatan diungkapkan pemilik akun @salluvvv dalam unggahan TikTok. Ia mengaku berangkat jauh-jauh bersama keluarganya ke Makassar menggunakan pesawat demi menonton PaNoRaMa. Ini adalah sebutan untuk empat besar Indonesian Idol 2023 yakni Salma Salsabil, Nabila Taqiyyah, Rony Parulian dan Nyoman Paul.

"Tapi setelah hari H ternyata Tuhan berkata lain. Acaranya dibatalkan secara mendadak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk teman-teman yang sudah datang jauh-jauh kalian kita harus saling menguatkan, ya," tulisnya.

2. Sempat masuk daftar line up, penampilan Marion Jola ternyata dibatalkan secara sepihak oleh pihak penyelenggara

Mendadak Batal, Tagar Usut Tuntas BUMI Fest Makassar MenggemaPernyataan pendek penyanyi Marion Jola atas pembatalan penampilannya di BUMI Fest Makassar 2023. (Instagram.com/lalamarionmj)

Tak cuma para pembeli tiket, salah satu musisi yang sempat masuk dalam daftar line up ikut angkat bicara. Salah satunya adalah penyanyi Marion Jola melalui postingan story di akun Instagram pribadinya @lalamarionmj pada Sabtu (2/9/2023).

"BTW, soal @bumifest bukan aku yang cancel, yah! Tapi mereka yang tiba-tiba cancel sepihak. Kita taunya lewat sosmed kalau kita di-cancel," tulisnya. Penyanyi 23 tahun tersebut sempat masuk dalam daftar line up pada Juni, tapi kemudian menghilang dari seluruh publikasi di bulan Juli.

Masih ada beberapa penampil yang juga akhirnya dibatalkan. Grup musik asal Jakarta, Maliq & D'essentials, sempat masuk daftar line up pertama sebelum diumumkan batal di bulan Juli. Sedangkan JKT48 dikonfirmasi tidak jadi menghibur Wotagei Makassar pada Selasa pekan lalu (29/8/2023), atau lima hari sebelum acara digelar.

3. Di saat pengisian refund sedang berlangsung, tapi beberapa pihak ingin membawa founder BUMI Fest ke polisi

Saat ini, PT. BUMI Fest Internasional dalam siaran persnya akan melakukan pengembalian uang (refund) tiket sebesar 100 persen. Pengisian form sendiri dimulai sejak Minggu (3/9/2023) hingga 10 September mendatang. Setelahnya, proses refund disebut akan berlangsung selama 30 hingga 60 hari kerja.

Sementara itu, beberapa pembeli tiket sudah melaporkan pihak penyelenggara BUMI Fest dan Muhammad Rasul selaku founder ke pihak Polrestabes Makassar. Tapi hingga saat ini, belum ada pernyataan atau kabar resmi dari pihak berwajib terkait langkah hukum yang ditempuh tersebut.

Baca Juga: Tur Album Terbaru, Isyana Sarasvati Konser di Makasssar 30 Agustus

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya