Mantan Pelatih PSM Ditunjuk Melatih ADO Den Haag di Liga Belanda

Darije Kalezic akan menangani pemain Timnas Indonesia

Makassar, IDN Times - Mantan pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, tak berlama-lama menganggur. Usai dipecat oleh Jong FC Utrect pada 12 Juni lalu, ia kini direkrut sebagai juru taktik klub Eerste Divisie (divisi dua Belanda) lainnya yakni ADO Den Haag.

"ADO Den Haag telah mengontrak Darije Kalezic sebagai pelatih kepala yang baru. Kalezic meninggalkan Jong FC Utrecht beberapa minggu lalu, di mana dia aktif selama dua musim. Pelatih asal Bosnia itu menandatangani kontrak selama dua tahun," demikian pernyataan resmi klub pada Kamis malam (29/6/2023).

1. Pengalaman Darije jadi alasan utama ADO Den Haag merekrutnya sebagai pelatih kepala

Menurut Direktur Teknik ADO Den Haag yakni Joris Mathijsen, perekrutan Darije tak lepas dari pengalamannya melatih sejumlah klub-klub Eerste Divisie. Sebut saja De Graafschap (2009-2011), Jong PSV (2013-2015), Roda JC Kerkrade (2015-2016) dan MVV Maastricht (2020-2021).

"Ia terbukti mampu mengangkat tim ke level yang lebih tinggi dan pernah membawa De Graafschap kembali ke Eredivisie (kasta tertinggi sepak bola Belanda, red.) sebagai pelatih," ungkap Mathijsen seperti dilansir situs resmi klub.

2. Dianggap berkompeten dalam mengasah kemampuan para pemain muda

Mantan Pelatih PSM Ditunjuk Melatih ADO Den Haag di Liga BelandaDarije Kalezic saat menangani Jong FC Utrehct pada musim 2022-23. (Instagram.com/kalezic.darije)

Lebih jauh, ADO Den Haag menyebut bahwa Darije punya kelebihan lain yakni mengasah kemampuan para pemain muda. Sebagai tambahan, nahkoda 53 tahun tersebut pernah menangani Jong PSV dan Jong FC Utrecht. Ia bahkan mengorbitkan sejumlah pemain muda kala menangani PSM pada musim 2019.

"Selain itu, Darije lebih tahu dari siapa pun bagaimana rasanya bekerja dengan talenta muda. Kami yakin bahwa Darije adalah orang yang tepat untuk pekerjaan ini," jelas Mathijen, yang pernah membela Timnas Belanda pada dekade 2000-an.

Baca Juga: Dari Sihite Hingga Darije: Barisan Pelatih PSM Satu Dekade Terakhir

3. ADO Den Haag diperkuat oleh pemain Timnas Indonesia, yakni Rafael Struick

Mantan Pelatih PSM Ditunjuk Melatih ADO Den Haag di Liga BelandaPotret Rafael Struick dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang menghadapi Palestina dan Argentina. (PSSI.org).

ADO Den Haag sendiri jadi klub profesional ke-11 yang ditangani Darije sepanjang karier kepelatihannya. Pria yang besar di Swiss tersebut hanya lima kali merantau keluar Belanda, termasuk Indonesia kala ia menukangi Wiljan Pluim dkk medio 2019 silam.

Lebih jauh, Darije rupanya kembali menukangi pemain Timnas Indonesia. Kali ini giliran striker muda Rafael Struick yang masih berusia 20 tahun. Saat masih di Jong FC Utrect, ia juga sempat melatih Bagus Kaffa dan Ivar Jenner.

Baca Juga: Kabar Terbaru Darije Kalezic Eks Pelatih PSM, Baru-baru Dipecat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya