Comscore Tracker

Lolos 8 Besar, Pelatih PSM Puas dengan Intensitas Timnya

PSM runner-up Grup D usai imbang dengan Persik Kediri

Makassar, IDN Times - Pertandingan PSM Makassar melawan Persik Kediri di partai terakhir Grup D Piala Presiden 2022, berakhir seri tanpa gol, Minggu (19/6/2022). PSM lolos ke babak perempat final setelah di partai lain, Arema FC menang 1-0 atas Persikabo.

Pelatih PSM Bernardo Tavares menyatakan puas. Terutama dengan intensitas permainan yang ditunjukkan saat melawan Persik. 

"Saya senang dengan performa para pemain. Kita juga memasukkan beberapa pemain baru di starting line-up. Kita memainkan para jebolan akademi dan (yang musim lalu bermain di) Liga 2. Saya suka dengan intentitas yang mereka bawa ke lapangan," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas laga.

Baca Juga: Siapkan Kocek, Ini Harga Tiket Laga PSM di AFC Cup

1. Masalah kelelahan membayangi pemain

Lolos 8 Besar, Pelatih PSM Puas dengan Intensitas TimnyaPesepak bola PSM Makassar Wilem Jan Pluim (kanan) melewati hadangan pesepak bola Persik Kediri Rohit Chand (kiri) dalam laga lanjutan Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (19/6/2022). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym.

Coach Tavares menyebut dua dari tiga bek yang tampil dibayangi kelelahan akibat jadwal padat di Piala Presiden. Dan ini berimbas pada menit-menit akhir.

"Seperti yang kalian lihat juga, bahwa bek tengah kita bermain penuh di tiga pertandingan. Saya bisa lihat mereka sedikit kelelahan. Oleh karena itu, di akhir-akhir laga kita kecolongan beberapa kali. Tapi tidak diselesaikan dengan baik oleh lawan," jelas pelatih berpaspor Portugal itu.

2. Tavares enggan memberi beban berlebih pada Everton

Lolos 8 Besar, Pelatih PSM Puas dengan Intensitas TimnyaPesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persik Kediri Fandry Imbiri (kanan) dalam laga lanjutan Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (19/6/2022). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym.

Everton Nascimento kembali jadi sorotan sebab belum mencetak satu pun gol. Ia bahkan baru empat kali mengancam gawang lawan di tiga laga. Tapi, Tavares enggan memberi beban berlebih lantaran ini masih pramusim.

"Siapa pun bisa mencetak gol, bahkan kiper. Saya tidak memberi tekanan pada Everton untuk mencetak gol. Itu akan datang dengan sendirinya. Tapi hal-hal yang memang saya minta tetap ia lakukan. Seperti terus berlari untuk tim, mencoba mengejar bola, memenangkan bola dan memberi asis," kata Tavares.

3. Juku Eja jalani partai perempat final pada 3 Juli mendatang

Lolos 8 Besar, Pelatih PSM Puas dengan Intensitas TimnyaWinger PSM Makassar Rizky Eka Pratama (kiri) berebut bola dengan gelandang Persik Kediri Riyatno Abiyoso dalam laga Grup D Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, Minggu 19 Juni 2022. (PialaPresiden.id)

Hasil imbang sudah cukup bagi PSM untuk melaju ke babak 8 besar. Mereka finis sebagai runner-up dengan mengemas 4 poin. Wiljan Pluim dkk menemani Arema FC yang finis sebagai pemuncak klasemen. Singo Edan sendiri sukses menekuk Persikabo dengan skor 0-1 pada Minggu malam (19/6/2022).

Pada perempat final, Pasukan Ramang akan menghadapi juara Grup B pada 3 Juli mendatang. Tapi, mereka harus jalani dulu babak penyisihan Grup H AFC Cup yang berlangsung mulai Jumat pekan ini (24/6/2022) hingga 27 Juni.

Baca Juga: PSM Makassar Gaet Kiper Muda Harlan Suardi

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya