Comscore Tracker

Liga 1 2020 di Era New Normal, PT LIB Tanggung Biaya Rapid Test Pemain

PSSI siapkan buku panduan khusus protokol kesehatan

Makassar, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochaman Iriawan, menyebut bahwa salah satu alasan melanjutkan Liga 1 2020 tak lepas dari penerapan kenormalan baru atau new normal oleh pemerintah. Tak hanya demi tim nasional dan roda ekonomi.

"Kenapa kita ingin melanjutkan kompetisi? Kita perlu melakukan kampanye kepada publik lewat sepak bola bahwa Indonesia sudah mulai beradaptasi dengan situasi new normal dengan menjalankan protokol kesehatan," ujarnya dalam webinar bertajuk "Menyambut Piala Dunia U-20 2021 dan Restart Liga 1" yang diadakan oleh IDN Times, Jumat (10/7/2020).

"Kompetisi juga akan menggerakkan roda perekonomian seperti pemasukan hotel, katering kemudian trasportasi dan lain sebagainya. Pemerintah telah menganjurkan agar kita berdampingan dengan COVID-19," lanjutnya.

1. PSSI telah menyusun instruksi kesehatan pendukung aktivitas liga di masa new normal

Liga 1 2020 di Era New Normal, PT LIB Tanggung Biaya Rapid Test PemainMenpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Seiring dengan keputusan restart Liga 1 2020 pada 1 Oktober mendatang, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru selaku operator liga telah menyiapkan sebuah buku panduan. Buku yang disusun oleh Tim Medis PSSI tersebut berisi beberapa instruksi penting agar bal-balan bisa menyiasati pandemik menurut FIFA, WHO, Kemenkes, Kemenpora, dan Bundesliga Jerman.

Ada tujuh hal pokok yang diatur. Beberapa di antaranya yakni pencegahan dan pengendalian COVID-19 untuk seluruh klub sepak bola, panduan sebelum-ketika-setelah bertanding, jumlah personel yang diizinkan di area stadion, hingga aspek higienitas dan sanitasi.

Kendati demikian, lampu hijau memutar Liga 1 dan Liga 2 masih berada di tangan pemerintah. "Kita sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak sebelum memutuskan liga bergulir, meskipun nantinya kita tetap menunggu persetujuan dengan Gugus Tugas (Percepatan Penanganan COVID-19)," lanjut Iriawan.

2. PSM Makassar disebut akan bermarkas di kota Bantul di sisa musim 2020

Liga 1 2020 di Era New Normal, PT LIB Tanggung Biaya Rapid Test PemainANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Dalam buku panduan tersebut, turut tertulis instruksi bahwa para pemain dan ofisial klub Liga 1 wajib mengikuti rapid test yang diadakan setiap 7-10 hari sekali. Beruntung pihak operator liga telah mengonfirmasi siap menanggung biaya rapid test seluruh peserta kasta tertinggi sepakbola Indonesia.

"PT LIB menanggung rapid test klub-klub Liga 1, Liga 2 masih menjadi perhatian," ungkap Iriawan. Panduan tersebut juga mengharuskan seluruh pemain dan ofisial untuk selalu mengenakan masker dan jalani pengecekan suhu tubuh.

Lebih jauh, sosok yang disapa Iwan Bule itu turut mengatakan bahwa kubu Juku Eja telah menentukan homebase untuk sisa musim 2020. "Salah satu tim yang siap pindah ke Jogja itu PSM Makassar. Pak Munafri (Arifuddin, manajer PSM) sudah menyiapkan homebase di kota Bantul," tuturnya.

Baca Juga: Ini Jadwal Baru PSM Makassar di AFC Cup 2020

3. Inisiatif meringankan biaya tempat tinggal bagi "tim musafir" disebut sangat membantu finansial klub

Liga 1 2020 di Era New Normal, PT LIB Tanggung Biaya Rapid Test PemainDok. PSM Makassar/Ahmad Alia

Turut hadir sebagai pembicara, Widya Syadzwina (eks manajer PSM) mengapresiasi inisiatif menggratiskan tempat menginap para tim musafir. Ini dianggap sudah sedikit melegakan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bertanding di luar kandang selalu menguras ongkos.

Setidaknya, beban finansial klub bisa sedikit berkurang. Apalagi pandemik membuat pemasukan nyaris terpangkas habis. "Tentu di jangka waktu yang cukup lama, akan berat bagi klub-klub untuk membayar biaya yang harus dikeluarkan saat berada di luar kandang. Ditambah lagi tidak ada pemasukan dari tiket penonton," ungkap Wina.

"Saya pikir cukup bagus jika (homebase sementara bagi tim-tim dari luar Pulau Jawa) difasilitasi oleh federasi dan operator liga. Saat bermain di luar, memang ongkos akan menjadi besar," tukasnya.

Baca Juga: Resmi! Liga 1 Dihelat Kembali 1 Oktober 2020, PSM Bermarkas di DIY

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya