Kunci Gelar Liga 1, Pelatih PSM: Ini Hasil Tempaan Masa Sulit

Ujian yang dilalui Juku Eja membentuk mental para pemain

Makassar, IDN Times - Bernardo Tavares, pelatih kepala PSM Makassar, menyebut keberhasilan merengkuh gelar juara di BRI Liga 1 2022-23 lahir dari proses yang sangat panjang. Ia bahkan menyebut bahwa segala kesulitan yang dihadapi sepanjang musim ini turut membentuk dan menempa mental anak asuhnya.

"Kita menunggu 23 tahun lamanya untuk momen ini. Di awal musim, tak ada yang percaya kita bisa juara. Jadi, saya bisa bilang kepada pemain bahwa masa-masa sulit yang dilalui membuat kita kuat. Masa-masa sulit itu menciptakan orang-orang yang kuat. Mulai dari staf pelatih, pemain hingga suporter," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas laga pekan ke-32 kontra Madura United yang berlangsung di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Jumat malam (31/3/2023).

Baca Juga: [BREAKING] PSM Makassar Pastikan Diri Juara BRI Liga 1 2022-23

1. Ketabahan di tengah segala keterbatasan membawa PSM ke tangga juara

Kunci Gelar Liga 1, Pelatih PSM: Ini Hasil Tempaan Masa SulitPesepak bola PSM Makassar Ramadhan Sananta (depan) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/3/2023). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Tavares masih ingat beberapa hal yang menempa mental Wiljan Pluim dkk, dan semuanya mereka alami saat mentas di kancah Asia ataupun Liga 1. Belum lagi saat menyinggung masalah fasilitas yang masih seadanya. Tapi, ketabahan disebut jadi kunci sukses. 

"Lihat situasinya. Kita tidak punya fasilitas latihan yang bagus dan harus melakukan perjalanan jauh untuk laga kandang ke Parepar. Di AFC Cup juga, jadwal kita bisa berubah dengan gampang saat itu," ujarnya mengenang fase penyisihan grup.

"Setelah membawa nama Indonesia ke final Zona ASEAN AFC Cup, jadwal kita juga sangat ketat di Piala Presiden dan berlanjut pada Liga 1. Ini yang saya tekankan, bahwa segala rintangan yang dilalui membuat kita kuat," imbuh Tavares.

2. Ada banyak kompromi yang dilakukan pada awal musim, tapi berbuah manis

Kunci Gelar Liga 1, Pelatih PSM: Ini Hasil Tempaan Masa SulitSejumlah pesepak bola PSM Makassar melakukan sesi latihan di Stadion Kalegowa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (25/7/2022). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Pelatih asal Portugal tersebut juga sedikit menceritakan pengalamannya harus berkompromi dengan situasi dan kondisi tim saat menginjakkan kaki di Makassar. Alhasil, ia meracik strategi tim berdasarkan level kemampuan para pemain PSM, yang ternyata mengantar mereka ke podium juara.

"Saat saya, pelatih fisik (Paulo Duarte, red.) dan para staf pelatih datang ke PSM, kita sadar bahwa tim ini langsung hadapi rintangan. Tak banyak pilihan pemain, tak ada stadion, sulit lakukan pertandingan uji coba di awal musim. Kita bahkan jadi klub terakhir yang membentuk tim," kenang Tavares.

"Gelar ini adalah hasil dari kepercayaan atas pekerjaan yang kita lakukan. Kami membuat model permainan berdasarkan karakter pemain. Tapi risikonya, kita tak bisa lantas terlalu banyak menguasai bola sebab akan menghilangkan karakteristik pemain yang dimiliki," jelas pemegang lisensi UEFA Pro tersebut.

3. Juku Eja akan lanjutkan tur Jawa ke markas PSIS, Kamis pekan depan (6/4/2023)

Kunci Gelar Liga 1, Pelatih PSM: Ini Hasil Tempaan Masa SulitPara pemain PSM Makassar merayakan gol ke gawang Madura United dalam laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Jumat 31 Maret 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berkat poin penuh di Pamekasan, Pasukan Ramang mengunci gelar juara meski Liga 1 masih menyisakan dua pekan. Perolehan 72 poin sudah tak mungkin dikejar Persib Bandung sang pesaing terdekat, yang di saat bersamaan kena bekuk 2-0 kala melawat ke markas Persija Jakarta dalam laga tunda pekan ke-28.

Selanjutnya, PSM akan melanjutkan tur Jawa dengan bertandang ke markas PSIS Semarang pada Kamis depan (6/4/2023). Setelah itu, mereka akan kembali ke Parepare untuk menjamu Borneo FC Samarinda sekaligus seremoni penyerahan trofi Liga 1 pada pekan penutup musim 2022-23.

Baca Juga: Juara Liga 1 2022/23, Penantian 22 Tahun PSM Tuntas

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya